Umum
Selamat datang peserta pelajar. Selamat belajar mata kuliah Masakan Indonesia
DOSEN PENGAMPU
Farah Levyta, SST., M.Par.
farah.levyta@binus.edu
DESKRIPSI MATA KULIAH
Saat ini di dalam era revolusi Industri 4.0 dukungan dalam mewujudkan pendidikan cerdas dengan meningkatkan dan menyamaratakan kualitas pendidikan, serta memperluas akses dan pemanfaatan teknologi, serta demi terwujudnya pendidikan kelas dunia, dan menciptakan peserta didik yang bisa berpikir kreatif juga berpikir kritis, pembelajaran juga disesuaikan dengan era ini untuk menyiapkan mahasiswa generasi milenial dalam memasuki abad ini.
Untuk membantu menyiapkan hal tersebut maka disiapkanlah materi pembelajaran yang tidak biasa dipelajari sebelumnya. Makanan Indonesia menjadi salah satu ikon kebanggan yang selalu dimunculkan dalam mempromosikan Indonesia. Dan makanan Indonesia menjadi penting untuk diajarkan dalam pengajaran di sekolah perhotelan atau pariwisata karena makanan Indonesia mempunyai teknik memasak yang berbeda dengan makanan Eropa. Selain itu di era globalisasi aneka ragam masakan asing bebas masuk ke Indonesia, bila hal ini terjadi dalam waktu yang singkat generasi muda banyak yang tidak tahu ciri khas dari makanan Indonesia itu sendiri.
Dengan inovasi yang akan diusulkan dalam pembelajaran mengenai masakan Indonesia melalui modul digital adalah dengan menambahkan teknologi Augmented Reality. Teknologi Augmented Reality sudah banyak digunakan dalam berbagai bidang yaitu bidang pelatihan, game, pemasaran produk rumah tangga seperti yang digunakan oleh IKEA serta masih banyak bidang lainnya. Dengan adanya teknologi ini menambah pemahaman dan pengalaman siswa dalam memahami topik pembelajaran masakan Indonesia.
Dalam pembelajaran Masakan Indonesia, perkuliahan akan membahas bagaimana mengetahui tentang keaneka ragaman dapur Indonesia, tradisi masak, tradisi makan, peralatan masak, bahan – bahan dan bumbu masakan Indonesia, 5 makanan otentik Indonesia serta Tumpeng
CARA MEMPELAJARI MATERI
Dalam kuliah ini akan dijelaskan keanekaragam masakan Indonesia melalui materi model pembelajaran terdiri dari 16 sesi yang mana terdiri dari sesi pembelajaran secara video conference yang mempunyai 4 sesi, kemudian sesi belajar mandiri dan berdiskusi melalui forum diskusi. Siswa juga dapat mengakses konten yang menggunakan teknologi Augmented Reality selama belajar mandiri melalui materi yang sudah ditentukan. Untuk membantu pemahaman mahasiswa maka tugas yang diberikan secara individu sebanyak dua tugas, dan empat tugas yang harus dikerjakan secara kelompok.
Evaluasi hasil pembelajaran siswa dilakukan melalui kuis yang diadakan sebanyak dua kali serta ujian akhir yang diadakan pada sesi terakhir
CAPAIAN PEMBELAJARAN
Setelah menyelesaikan kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat:
- Mahasiswa dapat mengindentifikasi peralatan tradisional dan bumbu yang dipakai.
- Mahasiswa dapat mengaplikasikan memasak makanan tradisional Indonesia dan macam-macam hidangan khas Indonesia.
- Mahasiswa dapat menunjukkan persiapan dan proses memasak hidangan Indonesia.
PETA KOMPETENSI
· Keanekaragaman masakan Indonesia.
· Tradisi makanan Indonesia.
· Peralatan masak Indonesia.
· Persiapan masakan Indonesia.
. Proses memasak masakan Indonesia.