- SELAMAT DATANG PESERTA MATAKULIAH E-LEARNING -
Selamat datang rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan..selamat datang di perkuliahan E-Learning untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika ataupun mahasiswa diluar Prodi Pendidikan Matematika yang dilakukan secara Daring. Semoga kita semua senantiasa dalam lindungan Allah SWT, senantiasa diberi kesehatan, sehingga selalu diberikan kelancaran dalam menjalankan segala aktivitas, dan senantiasa menjadi motor bagi kemajuan dan perubahan di negeri kita tercinta ini..
Matakuliah ini ditujukan kepada mahasiswa jenjang sarjana yang sedang mengambil matakuliah Desain Web bagi mahasiswa di lingkungan Universitas Bhinneka PGRI maupun mahasiswa di luar Univesitas Bhinneka PGRI yang mengambil transfer Kredit melalui program Permata Sakti. Mengingat skill pembelajaran melalui pemnafaatan media-media berbasis web sekarang ini begitu krusial, Matakuliah ini akan membimbing mahasiswa agar mampu mengembangkan skill merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran berbasis elektronik, sehingga kemampuan tersebut dapat mendukung kompetensi profesional sebagai seorang guru matematika di era revolusi industri 4.0 ini.
Akhirnya saya ucapkan selamat belajar, jangan pernah lelah untuk belajar, tetap semangat, semoga ilmu yang dipelajari membawa manfaat..aamiin..sekian
Wassalamu'alaikum Wr.Wb
DESKRIPSI MATAKULIAH
Sebelum kita membahas tentang deskripsi matakuliah E-Learning, kita bahas terlebih dahulu kenapa Kita Perlu Belajar E-Learning..?? sebagai bahan diskusi, silahkan disimak video di bawah ini
Setelah menyimak video di atas, tentunya teman-teman mahasiswa sudah memiliki gambaran, apa kelebihan e-learning jika dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka di kelas. Namun ada hal yang harus kita pikirkan berikutnya, apakah ada bukti secara empiris, yang menyatakan bahwa e-learning itu lebih efektif jika dibandingkan dengan pebelajaran konvensional?? apakah yang harus kita lakukan untuk dapat membuktikannya secara empiris?? marilah kita diskusikan melalui orum diskusi di bawah ini :
Sebelum kita membahas lebih jauh tentang konsep e-learning, marilah kita bahas tentang seberapa efektifkah pelaksanaan e-learning melalui penelitian-penelitian yang sudah dilakukan oleh para ahli. dengan mengetahui efektifitas e-elarning secara empiris, harapannya teman-teman mahasiswa akan memiliki motivasi lebih untuk melaksanakan perkulihaan e-learning karena apa yang akan kita pelajari adalah hal yang sangat bermanfaat untuk pendidikan di masa yang akan datang.
PROSEDUR PELAKSANAAN PERKULIAHAN
Mahasiswa yang mengikuti Perkuliahan Daring ini, membutuhkan waktu antara 4 - 6 bulan untuk menyelesaikan seluruh materi, tugas, sampai dengan evaluasi akhir. Adapun prosedur untuk menempuh matakuliah ini adalah sebagai berikut :
- Mahasiswa diwajibkan untuk membaca seluruh materi perkuliahan yang telah disajikan per bab atau topik, wajib mengerjakan setiap tugas yang diberikan pada setiap sesi, dilanjutkan dengan aktif berdiskusi pada forum yang telah disediakan
- Setiap dua topik selesai, mahasiswa diwajibkan untuk mengerjakan tugas formatif dan wajib dikumpulkan tidak lebih dari satu bulan
- Setelah mahasiswa memahami setengah dari keseluruhan topik yang disajikan, maka mahasiswa dapat mengikuti Ujian Tengah Smester (UTS)
- Semua aktivitas yang dilakukan mahasiswa terkait perkuliahan ini harus terekam di LMS https://vlearn.ubhi.ac.id dan akan menjadi bagian dari penilaian akhir matakuliah ini
METODE EVALUASI
Capaian Pembelajaran mahasiswa Perkuliahan Daring, diharuskan sama dengan mahasiswa yang menempuh perkuliahan secara tatap muka. Hal ini memberikan konsekuensi bahwa aspek penilaian perkuliahan daring haruslah multi dimensi dan berjalan dengan lebih ketat. Indikator yang digunakan meliputi :
- Keaktifan mengikuti forum diskusi
- Frekuensi dan keteraturan dalam mengakses berbagai sumber belajar yang disajikan dalam LMS yan digunakan
- Kuantitas / frekuensi dalam mengikuti sesi pertemuan virtual dengan dosen baik secara sinkronus maupun asinkronus serta kualitas interaksinya
- Ketepatan waktu dalam pengumpulan tugas serta kualitas hasil tugas yang dikumpulkan
- Partisipasi aktif pengerjaan soal-soal latihan yang diberikan
- Hasil UTS dan UAS
Perlu diperhatikan bahwa semua indikator yang digunakan dalam penilaian tersebut memiliki bobot yang hampir sama karena sifatnya yang holistik. Adapun nilai dari penilaian matakuliah ini ditentukan sebagai berikut :
INFORMASI DOSEN PENGAMPU
Nama : Dr. Tomi Listiawan, S.Si.,M.Pd.,MCE. NIDN : 0722048503 TTL : Tulungagung, 22 April 1985 Agama : Islam Alamat Kantor : Jln. Mayor Sujadi Timur No.7 Tulungagung 66221 Alamat Rumah : RT 2 RW 1 Ds. Banjarejo Kec Rejotangan Kab Tulungagung HP : 085736795370 Email : tomi@ubhi.ac.id