Ringkasan topik

  • Umum

  • Pertemuan 1

                                                                                                                                                                               

  • Pertemuan 2 (3 Maret 2021)

    Topik Perkuliahan            : Teori model-model pembelajaran matematika

    Kompetensi Mahasiswa : 1. Mahasiswa mengetahui teori yang mendasari model-model pembelajaran matematika

                                                  2. Mahasiswa dapat menyebutkan perbedaan model, metode dan strategi pembelajaran

                                                  3. Mahasiswa dapat menjelaskan pendekatan pembelajaran

                                                                                     

    Apa saja teori yang mendasari model-model pembelajaran matematika? Apa bedanya model, metode dan strategi pembelajaran? Seperti apa pendekatan pembelajaran? Temukan jawabannya pada pembahasan kita kali ini.                                                                

  • Pertemuan 3 (10 Maret 2021)

    Topik Perkuliahan        : Model Pembelajaran STAD

    Kompetensi Mahasisa: Siswa mengetahui model pembelajaran STAD dan dapat menerapkannya dalam pembelajaran

    STAD adalah singkatan dari Student Teams Achievement Division yang berarti divisi prestasi tim mahasiswa. Model ini dikembangkan oleh Robert Slavin dan rekan-rekannya di Universitas John Hopkins. Agar anda lebih memahami model STAD silahkan ikuti kuliah ini dengan melihat video, materi dan aktif dalam diskusi.

    Untuk lebih memahami materi STAD silahkan tonton video berikut.

    https://youtu.be/V9jBDKJXTzQ

     

  • Pertemuan 4 (17 Maret 2021)

    Topik Perkuliahan           : Model Pembelajaran Team Assisted Individualy (TAI)

    Kompetensi Mahasiswa: Mahasiswa mengetahui model pembelajaran TAI dan dapat menerapkan dalam pembelajaran

    Model pembelajaran kooperatif tipe TAI ini dikembangkan oleh Robert E. Slavin dalam karyanya Cooperatine Learning: Theory, Research and Practice. Slavin memberikan penjelasan bahwa dasar pemikiran di balik individualisasi pembelajaran adalah bahwa para siswa memasuki kelas dengan pengetahuan, kemampuan, dan motivasi yang sangat beragam.

    Guna lebih memahami materi silahkan dicermati video pembelajaran TAI berikut ini.

    https://drive.google.com/folderview?id=12skDF3tGHZCzI3gePpMX7pKio_z83L2l


    • Materi TAI Berkas Powerpoint 2007 presentation Diunggah 8/07/21, 12:16
  • Pertemuan 5 (24 Maret 2021)

    Topik Perkuliahan           : Model Pembelajaran NHT

    Kompetensi Mahasiswa: Mahasiswa mengetahui model pembelajaran NHT dan dapat menerapkan dalam pembelajaran

    NHT merupakan metode pembelajaran yang menekankan keaktifan dan kerja sama antar siswa. Pembelajaran menggunakan metode NHT membagi siswa dalam kelas menjadi beberapa kelompok kecil. Guru memberikan nomor kepada masing-masing siswa dalam setiap kelompok.

    Guna lebih memahami materi silahkan ditoton video pembelajaran NHT berikut.

    https://youtu.be/XhGxdSRCIKY

  • Pertemuan 6 (31 Maret 2021)

    Topik Perkuliah                : Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)

    Kompetensi Mahasiswa: Siswa mengetahui model pembelajaran PBL dan dapat menerapkan dalam pembelajaran

    Pembelajaran berbasis masalah atau sering dikenal dengan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah pembelajaran yang berpusat pada siswa melalui pemberian masalah dari dunia nyata pada awal pembelajaran.

    Untuk lebih memahami materi model PBL silahkan simak video berikut ini.

    https://drive.google.com/file/d/1Zs4fJ7LQmnVoW3lv7O_I-HLN2rQqB2wb/view?usp=sharing

    • Materi PBL Berkas Powerpoint 2007 presentation Diunggah 8/07/21, 10:06
  • Pertemuan 7 (7 April 2021)

    Topik Perkuliahan           : Model Pembelajaran Mind Mapping

    Kompetensi Mahasiswa: Siswa mengetahui model pembelajaran Mind Mapping dan dapat menerapkannya dalam pembelajaran

    Mind Mapping adalah teknik pemetaan pikiran. Mind Mapping juga diartikan sebagai alternatif pemikiran otak secara keseluruhan.  Mind Mapping menjangkau ke segala arah dan menangkap berbagai pemikiran dari segala sudut. Agar anda lebih memahami model Mind Mapping silahkan ikuti kuliah ini dengan melihat video, materi dan aktif dalam diskusi.

    Video model Mind Mapping dapat dilihat sepeti di bawah ini.

    https://drive.google.com/file/d/1NHpaFkvLZ9UfNys8CUoF7ppmT2-JP6VI/view?usp=sharing

    • Materi Mind Mapping Berkas Powerpoint 2007 presentation Diunggah 8/07/21, 10:19
  • Pertemuan 8/UTS (14 April 2021)

  • Pertemuan 9 (21 April 2021)

    Topik Perkuliahan           : Model Pembelajaran Jigsaw

    Kompetensi Mahasiswa: Mahasiswa mengetahui model pembelajaran Jigsaw dan dapat menerapkan dalam pembelajaran

    Pembelajaran Jigsaw adalah tipe pembelajaran kooperatif yang dikembangkan oleh Elliot Aronson’s. Model pembelajaran ini didesain untuk meningkatkan rasa tanggung jawab siswa terhadap pembelajarannya sendiri dan juga pembelajaran orang lain. Siswa tidak hanya mempelajari materi yang diberikan, tetapi mereka juga harus siap memberikan dan mengajarkan materi tersebut kepada kelompoknya.Pada  model pembelajaran jigsaw  ini keaktifan siswa (student centered)  sangan dibutuhkan, dengan dibentuknya kelompok-kelompok kecil yang beranggotakan 3-5 orang yang terdiri dari kelompok asal dan kelompok ahli.

    Video Pembelajaran Model Jigsaw dapat dilihat pada link berikut ini.


    • Materi Jigsaw Berkas Powerpoint 2007 presentation Diunggah 8/07/21, 10:32
  • Pertemuan 10 (28 April 2021)

    Topik Perkuliahan           : Model Pembelajaran Examples Non Examples

    Kompetensi Mahasiswa: Mahasiswa mengetahui model pembelajaran Examples Non Examples dan dapat menerapkan dalam 

                                                 pembelajaran

    Model Examples Non Examples merupakan model pembelajaran yang menggunakan gambar sebagai media pembelajaran. Penggunaan media gambar ini disusun dan dirancang agar anak dapat menganalisis gambar tersebut menjadi sebuah bentuk deskripsi singkat mengenai apa yang ada dalam gambar. Media gambar dapat membantu mendorong siswa lebih melatih diri dalam mengembangkan pola pikirnya. Gambar diharapkan dapat bermanfaat dalam pembelajaran secara fungsional bagi semua siswa.

    Video pembelajaran Examples Non Example dapat dilihat pada link berikut ini.

    https://youtu.be/R4vFtu38QQE


    • Materi Examples Non Examples Berkas Powerpoint presentation Diunggah 8/07/21, 10:45
  • Pertemuan 11 (5 Mei 2021)

    Topik Perkuliahan           : Model Pembelajaran Two Stay Two Stray

    Kompetensi Mahasiswa: Mahasiswa mengetahui model pembelajaran Two Stay Two Stray dan dapat menerapkan dalam pembelajaran

    Salah satu model pembelajaran kooperatif adalah model Two Stay Two Stray (TSTS). “Dua tinggal dua tamu” yang dikembangkan oleh Spencer Kagan 1992. Struktur TSTS yaitu salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang memberikan kesempatan kepada kelompok membagikan hasil dan informasi kepada kelompok lain. Hal ini dilakukan karena banyak kegiatan belajar mengajar yang diwarnai dengan kegiatan-kegiatan individu. Siswa bekerja sendiri dan tidak diperbolehkan melihat pekerjaan siswa yang lain. Padahal dalam kenyataan hidup di luar sekolah, kehidupan dan kerja manusia saling bergantung satu sama lainnya.


    • Materi Two Stay Two Stray Berkas Powerpoint 2007 presentation Diunggah 8/07/21, 10:56
  • Pertemuan 12 (19 Mei 2021)

    Topik Perkuliahan           : Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME)

    Kompetensi Mahasiswa: Mahasiswa mengetahui model pembelajaran RME dan dapat menerapkan dalam pembelajaran

    Model pembelajaran matematika realistik atau Realistic Mathematic Education(RME) adalah pendekatan pengajaran yang bertitik tolak pada hal- hal yang real bagi siswa. Teori ini menekankan ketrampilan proses, berdiskusi dan berkolaborasi, berargumentasi dengan teman sekelas sehingga mereka dapat menemukan sendiri, sebagai kebalikan dari guru memberi dan pada akhirnya murid menggunakan matematika itu untuk menyeleseikan masalah baik secara individual ataupun kelompok.

    Video pembelajaran RME silahkan dilihat pada link berikut ini.

    https://youtu.be/0e0fZoxB5MY


    • Materi RME Berkas Powerpoint 2007 presentation Diunggah 8/07/21, 11:10
  • Pertemuan 13 (2 Juni 2021)

    Topik Perkuliahan           : Model Pembelajaran Problem Solving

    Kompetensi Mahasiswa: Mahasiswa mengetahui model pembelajaran Problem Solving dan dapat menerapkan dalam pembelajaran

    Model pembelajaran problem solving adalah model yang mengutamakan pemecahan masalah dalam kegiatan belajar untuk memperkuat daya nalar yang digunakan oleh peserta didik agar mendapatkan pemahaman yang lebih mendasar dari materi yang disampaikan. Metode problem solving adalah suatu model pembelajaran yang melakukan pemusatan pada pengajaran dan keterampilan pemecahan masalah yang diikuti dengan penguatan keterampilan.

    Video pembelajaran model problem solving dapat dilihat pada link berikut.


    • Materi Problem Solving Berkas Powerpoint 2007 presentation Diunggah 8/07/21, 11:20
  • Pertemuan 14 (9 Juni 2021)

    Topik Perkuliahan           :Model Pembelajaran Problem Posing

    Kompetensi Mahasiswa: Mahasiswa mengetahui model pembelajaran Problem Posing  dan dapat menerapkan dalam pembelajaran

    Problem Posing terdiri dari dua kata yaitu “problem” yang artinya masalah dan “posing” berasal dari kata “pose” artinya mengajukan atau membentuk Problem posing merupakan pembelajaran dimana siswa diminta untuk mengajukan masalah (soal) berdasarkan situasi tertentu.

    Agar lebih memahami materi problem posing silahkan cermati video berikut ini.

  • Pertemuan 15 (16 Juni 2021)

    Topik Perkuliahan           : Model Pembelajaran Reciprocal Teaching

    Kompetensi Mahasiswa: Mahasiswa mengetahui model pembelajaran Reciprocal Teaching  dan dapat menerapkan dalam pembelajaran

    Model reciprocal teaching memandang bahwa belajar matematika memerlukan strategi yang tepat agar siswa dapat belajar dengan optimal, baik dari segi pertanyaan, prediksi, dan merangkum, sehingga konsep matematika lebih mudah dipahami. Model pembelajaran reciprocal teaching ini berlandaskan pada prinsip pengajuan pertanyaan, keterampilan metakognitif yang diajarkan melalui pengajaran langsung dan pemodelan oleh guru untuk memperbaiki kinerja siswa yang pemahamannya rendah.

    Agar lebih memahami model reciprocal teaching silahkan simak video berikut ini.

  • Pertemuan 16/UAS (21 Juni 2021)