Weekly outline

  • General

    setya
    deny

    Computer Aided Design (CAD)

    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

    Halo semuanya... Selamat datang di kuliah daring CAD (Computer Aided Design for Fashion)
    Gaes.. kalau kamu sudah belajar kuliah CAD secara daring seharusnya akan bisa melakukan pengkajian dan memberikan pemahaman serta penguasaan konsep desain, perencanaan, penerapan dan pemanfaatan teknologi desain bidang busana menggunakan komputer dengan aplikasi Adobe Illustrator dan penerapan Richpeace Pattern System untuk membuat pola secara komputerisasi. 
    Yuk kita cek Deskripsi dan capaian pembelajaran...

    Berikut di bawah ini informasi lengkap terkait matakuliah ini ..

    Fakultas

    :

    Fakultas Teknik

     

     

    Universitas Negeri Surabaya

    Program Studi

    :

    S1 Pend. Tata Busana

    Nama Matakuliah/Bobot

    :

    CAD/3 sks

    Kode Matakuliah

    :

    40324 310

    Prasyarat

    :

    Telah/sedang menempuh mata kuliah

     

     

    Dasar Seni dan Desain serta Komputer Terapan

    Dosen Pengampu

    :

    Setya Chendra Wibawa, S.Pd., MT. (CV ku)

     


    Dr. Deny Arifiana, S.Pd., M. Sn.

    Apa saja yang akan dipelajari...

    Pokok Bahasan :

    Materi kuliah terdiri dari pokok bahasan : keterampilan aplikasi berbasis komputer dengan Adobe Illustrator seperti membuat konsep design,stilasi design, pengembangan motif design, repeated design, mendesain busana seperti casual/kerja/gaun/sporty dsb. Kemudian penguasaan ketrampilan membuat technical drawing dari desain yang telah dibuat, membuat variasi warna dan motif dari desain dekoratif yang dibuat serta desain busananya. Selanjutnya penguasaan ketrampilan membuat pola busanamenggunakan aplikasi software Richpeace Pattern System dalam pembuatan pola badan, pola krah dan pecah pola krah (manipulating collar) seperti krah jas(tailored sleeve), krah setali (shawl sleeve), pola lengan dan pecah pola lengan  (manipulating sleeve) seperti lengan balon (ball sleeve), lengan lonceng(bell sleeve), lengan kimono (kimono sleeve),  rok, pola celana, dan pecah polanya, modifikasi kupnat dan pembuatan garis leher (manipulating dart & neck) dan hasil tugas akhir dalam bentuk mini portfolio dan dipublikasikan di weblog masing-masing

    Capaian pembelajaran

    1.         Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang konsep desain dengan Adobe Illustrator

    2.         Mahasiswa memiliki kemampuan untuk melakukan pengembangan konsep desain dengan Adobe Illustrator

    3.         Mahasiswa memiliki kemampuan untuk mewujudkan konsep desain pada desain busana dengan Adobe Illustrator

    4.         Mahasiswa memiliki kemampuan mendesain pola dengan software Richpeace

    5.         Mahasiswa memiliki kemampuan mendesain pecah pola dengan software Richpeace

    6.         Mahasiswa memiliki sikap bertanggung jawab dan kreatif dalam mengembangkan proyek sebagai syarat penilaian hasil belajar sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan khususnya standar penilaian

    nah, nih saya catatkan apa saja tugas yang harus kalian selesaikan..

     Detail Perkuliahan :

    Mahasiswa akan menghasilkan produk antara lain :

    1.     Mini portfolio tentang inspirasi gambar (konsep boga, busana, rias dan informatika)

    2.     Membuat konsep desain dan bentuk dasar

    3.     Membuat stilasi desain

    4.     Membuat Motif desain (konsep akan di sepakati setelah kita diskusi)

    5.     Membuat pengulangan (repeat)

    6.     Membuat desain busana ( kesepakatan busana casual dan resmi/kerja)

    7.     Membuat variasi warna

    8.     Membuat variasi motif

    9.     Membuat technical drawing

    10.  Membuat pola menggunakan richpeace berdasarkan desain busana yang dibuat

    11.  Semua tugas dijadikan file png/jpeg diupload di weblog masing-masing

     Dari detail perkuliahan yang sudah saya rangkum, kamu bisa mengatur waktu penyelesaiannya.

    Cara Belajar :

    Cara belajar kuliah daring bisa melihat peta materi video tutorial di bawah, materi apa saja yang harus dikuasai agar bisa menyelesaikan tugas yang diminta.

     

    Referensi:

    Wibawa, Setya Chendra dan Arifiana, Deny, 2016. Module computer aided fashion design.

    Petunjuk penggunaan :

    Kuliah daring ini berbasis TOPIK, dan Anda diharapkan bisa mempelajari tiap topik, karena tiap topik sebelumnya akan dipakai untuk mendukung topik selanjutnya.


    Penilaian:

    Penilaian 1, bobot 20% :     “ Tingkat keikutsertaan mahasiswa dalam forum diskusi”

    Cara Pengukuran :

    Pada setiap forum diskusi, akan di-kuantifikasi jumlah posting peserta 1 sampai peserta n. Jumlah tersebut dicatat terlebih dahulu untuk kemudian dilihat kualitas konten postingan yang menunjukkan penguasaan substansi materi dan cara bertanya/menjawab. Skala penilaian (dari kuantitas dan kualitas postingan tiap peserta) adalah antara 0 – 100.

    Penilaian 2, bobot 50 % :     “Penguasaan materi melalui laporan tugas”

    Cara Pengukuran :

    Diukur dengan mengambil penilaian portfolio tugas dan mengunggah konten dan tugas mencantumkan tautan referal ke weblog pribadi mahasiswa.

    Penilaian 3, bobot 30 % :     “Penguasaan materi melalui ujian”

    Cara Pengukuran :

    Diukur dengan mengambil penilaian ujian tengahsemester, berupa pengerjaan proyek sederhana.


    Haiii... Jika kamu peserta Kuliah Daring , bisa menyelesaikan semua materi yang disampaikan, layak menyandang gelar digital fashion illustrator, banyak perusahaan membutuhkan kompetensi ini, perusahaan garmen, perusahaan tekstil dan lainnya. keren tooh.. SEMANGAT ... ayoo ikuti semua materi tiap pertemuannya dan pastikan kamu mengerjakan TUGAS dan dikonsultasikan ya..

    Catatan saja, jika mau konsultasi ataupun diskusi..
    Nama     : Setya Chendra Wibawa, S.Pd., M.T. / Dr. Deny Arifiana, S.Pd., M.Sn.

    email      : setyachendra@unesa.ac.id / denyarifiana@unesa.ac.id

    HP/WA   : 08123237917 atau klik di sini untuk hubungi saya melalui whatsApp (WA)

    Kalau masih belum bisa hubungi WA bisa video conference  LINK ini

    Materi  bisa di download cover ebook seperti di bawah

  • Pertemuan 1

    Kemampuan akhir: Mendeskripsikan SILABUS dan pengertian singkat CAD

    Indikator
    a. Menjabarkan SILABUS
    b. Membuat kontrak perkuliahan
    c. Menjelaskan pengertian CAD
    Chat: 1Assignments: 3
  • Pertemuan 2

    Kemampuan akhir: Membuat Konsep Design dari bentuk dasar dengan Adobe Illustrator
    Indikator
    1. Menjelaskan secara keseluruhan tool di Adobe Illustrator
    2. Menjelaskan cara membuat konsep design bentuk dasar
    Chat: 1Page: 1Assignment: 1URLs: 6
  • Pertemuan 3

    Kemampuan akhir: Mengembangkan konsep design
    Indikator
    Menjelaskan pengembangan konsep desain dari bentuk dasar
    URLs: 35Assignment: 1
  • Pertemuan 4

    Kemampuan akhir: Mengembangkan variasi warna dan motif
    Indikator
    Menjelaskan pengembangan variasi warna dan motif
    URLs: 4Assignment: 1
  • Pertemuan 5

    Kemampuan akhir: Mendesain busana

    Indikator
    Menjelaskan desain busana dengan adobe Illustrator
    URLs: 2
  • Pertemuan 6

    Kemampuan akhir: Mengembangkan desain busana dengan variasi warna dan motif
    Indikator
    1. Menjelaskan cara memasukkan motif dan warna ke desain baju
    2. Menjelaskan cara mengembangkan desain busana dengan variasi warna dan motif
    URL: 1
  • Pertemuan 7

    Kemampuan akhir: Membuat Technical drawing
    Indikator
    Menjelaskan cara membuat flat design
    URL: 1
  • Pertemuan 8

    Kemampuan akhir: USS I (mengerjakan soal membuat desain praktek)
    Indikator
    Assignments: 3
  • Pertemuan 9

    Kemampuan akhir: Mengenal Richpeace Pattern System
    Indikator
    1. Membuka Richpeace Pattern Design System (PDS)
    2. Mengenali menu-menu PDS
    3. Mengenali toolbar PDS
    4. Mempraktekkan Tool
    5. Identifikasi Pola
    6. Mengolah halaman cetak
    7. Menyimpan lembar kerja
    8. Keluar dari PDS
    URLs: 6
  • Pertemuan 10

    Kemampuan akhir: Membuat pola badan dasar

    Indikator
    1. Membuka lembar kerja
    2. Membuat lembar kerja baru
    3. Membuka file pola
    4. Memilih obyek pola
    5. Checking identifikasi pola
    6. Mentransformasi obyek pola.
    7. Memanipulasi obyek pola.
    8. Dart Manipulation
    9. Menyimpan file
    10. Keluar dari PDS
    URLs: 4
  • Pertemuan 11

    Kemampuan akhir: Dart Manipulation
    Indikator
    1. Memindahkan dart samping ke dart utama
    2. Memanipulasi center neck dart (pivoting at bust point).
    3. Modifikasi Mid-shoulder Dart
    4. Modifikasi Mid Armhole dart and center front neck
    URLs: 4
  • Pertemuan 12

    Kemampuan akhir: Membuat pola Krah lengan dengan Richpeace
    Indikator
    Kerah:
    1. Kerah jas (tailored sleeve) kerah setali (shawl sleeve) lengan lonceng (bell sleeve) lengan kimono (kimono sleeve)
    URLs: 2
  • Pertemuan 13

    Kemampuan akhir: Membuat pecah pola badan

    Indikator
    Membuat pecah pola badan muka dan belakang
    URL: 1
  • Pertemuan 14

    Kemampuan akhir: Membuat pecah pola Krah dan lengan
    Indikator
    Krah:
    1. Kerah jas (tailored sleeve) kerah setali (shawl sleeve) lengan lonceng
    2. Pecah pola lengan lonceng (bell sleeve) lengan kimono (kimono sleeve)
    URLs: 2
  • Pertemuan 15

    Kemampuan akhir: Membuat pecah pola rok dan celana dengan Richpeace
    Indikator
    1. Membuka lembar kerja
    2. Membuat lembar kerja baru
    3. Membuka file pola
    4. Memilih obyek pola
    5. Mentransformasi obyek pola.
    6. Memanipulasi obyek pola.
    8. Praktek pecah pola lengan balon (ball sleeve) lengan lonceng (bell sleeve) lengan kimono (kimono sleeve)
    9. Praktek pecah pola (rok kerut & wrap skirt)
    10. Menyimpan file
    11. Keluar dari PDS
    URLs: 4
  • Pertemuan 16

    Kemampuan akhir: UAS(quiz dan presentasi portfolio)
    Indikator
    Assignments: 2Forum: 1