Kegiatan pembelajaran yang dilakukan setelah kegiatan di kelas. Biasanya dilaksanakan dalam bentuk kegiatan asinkron mandiri maupun asinkron kolaboratif.
Ikuti panduan kegiatan berikut!
a. Dosen memberikan penugasan kelompok melalui grup facebook dan WA Group untuk mencari dan menonton video youtube mengenai karakteristik personal, bahasa, dan budaya pemelajar BIPA serta mencari referensi tambahan melalui mesin pencari scholar google.
b. Kelompok mahasiswa membuat ringkasan dalam bentuk powerpoint tentang profil pemelajar BIPA dari Asia, Eropa, Amerika, Afrika, dan Australia berdasarkan karakteristik personal, bahasa, dan budaya serta menuliskan referensi menggunakan APA Style. Sebagai pembanding, silakan ditonton video dan artikel tentang pemetaan pemelajar BIPA di bawah ini!
c. Mahasiswa mengirimkan hasil penugasan melalui menu penugasan di kegiatan pasca-kelas.
d. Dosen menjadwalkan pertemuan sinkron maya melalui zoom.
e. Dosen mengevaluasi penugasan dan memberikan imbal balik melalui zoom.
f. Dosen memfasilitasi diskusi dan tanya jawab melalui zoom.
g. Mahasiswa melaksanakan diskusi dan tanya jawab.
h. Dosen menutup pertemuan zoom dengan memberikan kesimpulan pertemuan, menawarkan chat di forum diskusi jika masih ada materi yang belum dipahami, serta mengingatkan mahasiswa untuk mengecek kegiatan pra-kelas untuk pertemuan berikutnya.