Jjawablah soal-soal Latihan berikut secara mandiri untuk mengetahui ketercapaian dan pemahaman Anda!
1. Jelaskan perkembangan program BIPA saat ini!
2. Bagaimana karakteristik pembelajaran BIPA jika dipandang dari teori behavioris!
3. Bagaimana karakteristik pembelajaran BIPA jika dipandang dari teori mentalis!
4. Bagaimana karakteristik pembelajaran BIPA jika dipandang dari teori interaksionis!
5. Coba bandingkan antara Level BIPA dan Level referensi umum CEFR! Berikan komentar anda dalam format tabel di bawah ini!
Tabel Analisis Kurikulum
Level BIPA | Deskripsi Level BIPA | Level Referensi CEFR | Deskripsi Level CEFR | Komentar |
BIPA 1 | | | | |
BIPA 2 | | | | |
BIPA 3 | | | | |
BIPA 4 | | | | |
BIPA 5 | | | | |
BIPA 6 | | | | |
BIPA 7 | | | | |
6. Bagaimana pertimbangan dalam mengembangkan materi ajar BIPA!
7. Mengapa plurilingual dan plurikultural penting dan perlu diperhatikan dalam pembelajaran BIPA?
8. Bagaimana kelebihan strategi flipped learning apabila diterapkan dalam pembelajaran BIPA?
9. Mengapa pengajar perlu mengoptimalkan self regulated learning pemelajar BIPA?
10. Buatlah sebuah prototipe materi ajar BIPA yang mengintegrasikan aspek plurilingual dan plurikultural, self regulated learning, dan dengan strategi flipped learning untuk satu kompetensi pembelajaran BIPA!
Kerjakan dengan terencana dan sebaik-baiknya, lalu unggahlah hasil kerja Anda melalui link berikut!