SUPPLY CHAIN MANAGEMENT SI A B SP
Atau Klik tautan Grup ini:
Kelas SI A B SP 22 : https://chat.whatsapp.com/FjHtMHWpW364QuEnX7Lrnl
Jadwal Perkuliahan: Senin jam 19.00 - Selasa jam 19.00
I. Deskripsi Perkuliahan :
COURSE INFORMATION
Kode Mata Kuliah : SIS366-16
Mata Kuliah : Supply Chain Management
Jumlah SKS : 2 SKS
Fakultas / Prodi : FTIK / S1 Sistem Informasi
Dosen : Donaya Pasha, S.Kom., M.Kom.
Email : donayapasha@teknokrat.ac.id
WhatsApp : linktr.ee/donayapasha / 08975450992
FULL Online Learning
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Mata Kuliah ini mempelajari tentang konsep dasar SCM, strategi SCM, penanganan rantai suplai, pengembangan rantai suplai, demand planning, inventori management, pertimbangan rancangan produk, perencanaan dan pengendalian operasi (S&OP), logistik, customer relationship management, supplier relationship management, integrasi customer/supplier relationship management, sharing informasi pada rantai suplai, peranan teknologi informasi di rantai suplai, pemanfaatan teknologi inovatif, pemakaian IT dan BIG DATA untuk meningkatkan kinerja rantai suplai.
II. Capaian Pembelajaran
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat mengerti konsep supply chain management (SCM), peranan SCM untuk memenangkan persaingan rantai suplai, pentingnya kolaborasi pada rantai suplai, pemanfaatan teknologi dan aplikasi SCM dalam bidang industri.
III. Materi kuliah ini membahas:
No.
Sub Kompetensi
Pokok Bahasan/
Topik
Sub Pokok Bahasan/
Sub Topik
1
Memahami peranan strategis SCM untuk memenangkan persaingan antar rantai suplai.
Pendahuluan
· Definisi SCM
· Aliran material, informasi dan uang
· Tantangan SCM
2
Mahasiswa memahami istilah-istilah dasar terkait SCM.
Konsep Dasar SCM
· Variabilitas, sumber dan pengukurannya.
· System Dynamic
· Bullwhip Effect, pengukurannya & Beer Games
· Organizational Silos & Tradeoff curve
· Theory of Constraint
3
Mahasiswa memahami pentingnya strategi win-win dalam SCM
Strategi SCM
§ Strategi Perusahaan
§ Strategi rantai suplai
§ Alignment strategi rantai suplai dengan startegi perusahaan
§ Koordinasi dan sharing informasi pada rantai suplai
4
Mahasiswa memahami aspek pengaturan pada rantai suplai.
Pengaturan rantai suplai
§ Prioritas pengambilan keputusan terkait rantai suplai
§ Pemakaian metric untuk mengarahkan SCM
§ Sinkronisasi metric di rantai suplai
5
Mahasiswa mengerti pengembangan rantai suplai yang berkesinambungan
Pengembangan rantai suplai
§ Continuous improvement
§ Visibility & Analysis
§ Goal & Benchmarking
§ Implementation & Change Management
6-7
Mahasiswa mengerti proses perencanaan dan pemenuhan permintaan
Perencanaan permintaan
§ Gambaran umum demand planning
§ Supply Chain Dynamic
§ Forecasting
§ Jenis-jenis kolaborasi
§ Perananan marketing pada demand planning
8-10
Mahasiswa mengerti proses perencanaan dan pengendalian operasi terkait dengan SCM
Perencanaan pengendalian dan Operasi
§ Perencanaan Penjualan
§ Perencanaan Operasi
§ Perencanaan Produksi
§ MPS, MRP, DRP, CRP, PAC
§ Manajemen persediaan
11
Mahasiswa mengerti proses logistik terkait dengan SCM
Logistics
§ Transportasi
§ Warehouse
§ 3PL & 4PL
§ Reverse Logistik
12-13
Mahasiswa mengerti strategi manajemen hubungan terkait dengan SCM
Manajemen Hubungan Customer dan Supplier
§ CRM
§ SRM
§ Teknologi
§ Aliansi Strategis
§ Implementasi
§ Pengukuran Kinerja
14-15
Mahasiswa memahami pemanfaatan teknologi IT untuk memungkinkan dan meningkatkan SCM
Pemanfaatan teknologi IT
§ WMS, TMS, PDCM, LMS, SCEM, APS
§ SOA, EDI, XML, Webservices
§ AIDC, RFID
16
Ujian Akhir Semester (dijadwalkan)
IV. Syarat Mengikuti kuliah Online Supply Chain Management :
Mata Kuliah yang sedang di Ambil harus Terdaftar pada KRS
Nama Mahasiswa yang sedang Mengambil Mata Kuliah Sosio Informatika & Profesionalisme, harus terdaftar di daftar Absensi
Wajib Mengikuti Perkuliahan Online
Memiliki Akun di spada.teknokrat.ac.id , apabila belum memiliki akun di persilahkan untuk menghadap ke PUSTIK atau dosen yang bersangkutan
V. Catatan Penting (Syarat) :
Setiap Mahasiswa Wajib Menggunakan Photo pada user profile
Post Test Dapat di Akses Apabila Anda Telah Mengerjakan (Mempelajari Ebook Chapter, Diskusi, SLide, Video)
Post Test adalah Syarat Wajib dalam menyelesaikan perkuliahan di setiap meeting / chapter, setiap post memiliki persentase yang berbeda beda, Apabila Mahasiswa tidak Menyelesaikan Post Test maka dianggap tidak mengikuti Perkuliahan daring di setiap chapter/meeting
Post Test dapat dikerjakan pada waktu yang telah ditetapkan, terhitung sejak Pelaksanaan Perkuliahan daring, Contoh : Jika Jadwal Kuliah Supply Chain Management adalah setiap Jumat, Maka Post Test berlaku di hari (Jumat , 26 Juli 2019 - PKL.15.00 sd 16.00 WIB),
Post Test dapat dikerjakan 1x Percobaan.
Quis dapat dikerjakan setelah anda mengerjakan Soal soal Post Test Sebelum Quis ( Post Test 1 s/d Post Test 3) sesuai dengan jadwal Post Test yang telah di tentukan pada masing masing chapter/meeting.
MID/UTS dapat dikerjakan setelah mahasiswa mengerjakan soal soal Post Test Sebelum MID/UTS ( Post Test 4 sd Post Test 9) sesuai dengan jadwal post test yang telah ditentukan pada masin masing chapter / meeting.
Mahasiswa Wajib Mengerjakan Tugas (Homework) Apabila Terdapat Intruksi Penugasan.
VI. Komponen Penilaian :
- Post Test Chapter 1 , Pendahuluan - Memahami peranan
strategis SCM untuk memenangkan persaingan antar rantai suplai. (10%) Pertemuan 1
- Post Test Chapter 2 , Konsep Dasar SCM (10%) Pertemuan 2
- Post Test Chapter 3, Strategi SCM (10%) Pertemuan 3
- Quiz
- Post Test Chapter 4,Pengaturan rantai
suplai (10%) Pertemuan 4
- Post Test Chapter 5, Pengembangan rantai suplai (10%) Pertemuan 5
- Post Test Chapter 6-7, Perencanaan permintaan (10%) Pertemuan 6-7
- UTS
- Post Test Chapter 8,9,10, Perencanaan
pengendalian dan Operasi (10%) Pertemuan 8,9,10
- Post Test Chapter 11, Logistics (10%) Pertemuan 11
- Post Test Chapter 12-13, Manajemen Hubungan
Customer dan Supplier (10%) Pertemuan 12-13
- Post Test Chapter 14-15, Pemanfaatan teknologi IT (10%) Pertemuan 14-15
- UAS PERTEMUAN 16
REFERENSI:
1. Michael Hugos, Essentials of Supply Chain Management, Hohn Wiley & Sons Inc., 2003.
2. Lawrence D. Fredendall, Ed. Hill, Basics of Supply Chain Management, CRC Press LLC, 2001.
3. Wallace J. Hopp, Supply Chain Science, McGraw-Hil, 2007
4. Colin Scott, Henriette Lundgren, Paul Thompson, Guide to Supply Chain, Springer, 2011
5. Hartmut Stadtler, Christoph Kilger, Supply Chain Management and Advanced Planning, Springer,2005
6. Fundamentals of Supply Chain Management, alamat akses https://www.supplychainonline.com/
VII. Persentase Nilai
Nilai Harian : 10% (Post Test [Chapter 1 . . . . Chapter N])
Nilai Tugas : 25%
Nilai Quis : 15%
Nilai Mid : 20%
Nilai UAS : 30%
Nilai Akhir : [nilai harian] + [NIlai Tugas]+[nilai Quis]+[Mid]+[Nilai UAS]
VIII. Daftar Kelas yang Mengikuti Perkuliahan Daring
- Post Test Chapter 1 , Pendahuluan - Memahami peranan
strategis SCM untuk memenangkan persaingan antar rantai suplai. (10%) Pertemuan 1
SAP DAN SILABUS SUPPLY CHAIN MANAGEMENT