Pertemuan 6 - Formula: IF, COUNTIF, SUMIF, VLOOKUP, HLOOKUP, SORT, FILTER
- LOM: Menganalisis MS Excel Bagian 2, Pemakaian Formula dan Database
- Topik: Pemakaian Formula dan Database
Semangat pagi teman2.
Kita lanjut lagi untuk eksplorasi kemampuan MS Excel dalam melakukan pencabangan sesuai kondisi yang dihadapi (IF-THEN-ELSE), perhitungan sesuai kondisi dan Lookup.
Simak materinya atau video berikut.
Apa itu Lookup?
Rumus excel VLOOKUP merupakan rumus excel yang berfungsi untuk mengambil suatu nilai dari tabel lain berdasarakan kata kunci tertentu. Awalan huruf "V" didepan kata Vlookup merupakan singkatan dari kata Vertical. Istilah vertikal ini merujuk pada bentuk tabel referensi yang digunakan, dimana header atau judul tabel terletak dibagian atas dan field datanya tersusun kebawah secara vertikal.
Selain VLOOKUP, ada rumus yang mirip yaitu HLOOKUP. Perbedaannya adalah H atau Horizontal ini merujuk pada bentuk tabel referensi yang digunakan, dimana header atau judul tabel terletak dibagian kiri dan field datanya tersusun kesamping secara horizontal.
Cara menggunakan rumus Vlookup excel adalah sebagai berikut:
VLOOKUP(NilaiYangDiCari; TabelReferensi; NomorKolom; [RangeLookup])
Fungsi Vlookup excel memiliki empat argumen:
1. NilaiYangDiCari : Merupakan nilai yang akan kita cari pada kolom pertama sebuah tabel atau kolom paling kanan dari TabelReferensi. Argument ini dapat berupa angka, teks, tanggal maupun nilai tertentu baik ditulis langsung maupun sebuah referensi sel. Bisa juga berupa nilai yang dihasilkan oleh rumus excel lainnya.
2. TabelReferensi : Sebuah tabel referensi data yang terdiri dari 2 kolom atau lebih, dimana NilaiYangDicari berada pada kolom pertama tabel data ini.
3. NomorKolom : Merupakan Nomor kolom dari argumen TabelReferensi yang mengandung nilai data dan akan kita ambil nilai yang sebaris dengan posisi NilaiYangDicari pada kolom pertama.
4. RangeLookup : Diisi dengan nilai Boolean TRUE atau FALSE. Nilai logika True/false ini menujukkan tipe pencarian. Nilai logika pada rumus Vlookup digunakan sebagai acuan untuk menetapkan apakah kita ingin VLOOKUP menemukan hasil yang sama persis atau cukup menemukan nilai mendekati.
------------------------------------
TRUE: Vlookup akan menemukan NilaiYangDiCari Pada TabelReferensi pencarian yang sama persis atau mendekati. Jika Nilai yang sama persis tidak ditemukan maka nilai terbesar berikutnya yang kurang dari NilaiYangDiCari yang akan dihasilkan.
FALSE: Vlookup akan menemukan NilaiYangDiCari Pada TabelReferensi pencarian yang sama persis saja. Jika tidak ditemukan maka Vlookup akan menghasilkan pesan error #NA!
Bahan Pendukung : https://mjurnal.com/rumus-excel/rumus-fungsi-vlookup-excel/Infografis
Infografis
Simak video clip untuk penggunaan fungsi berikut :
Penggunaan If, Countif, Sumif, Vlookup, Hlookup Part 2 :Penggunaan If, Countif, Sumif, Vlookup, Hlookup Part 3 :
Penggunaan If, Countif, Sumif, Vlookup, Hlookup Part 4 :Kerjakan studi kasus ini untuk membiasakan Anda mengerjaian dengan tepat dan cepat.
Anda perlu mengeksplorasi topik terkait dengan membaca buku referensi supaya Anda memahami konsep dan terampil praktek.
1. Modul Praktikum 06
2. Lat Bagian-2.Xlsx : Worksheet Latihan LOOKUPKerjakan studi kasus ini untuk membiasakan Anda mengerjaian dengan tepat dan cepat.
Anda perlu mengeksplorasi topik terkait dengan membaca buku referensi supaya Anda memahami konsep dan terampil praktek.
1. Modul Praktikum 06
2. Lat Bagian-2.Xlsx : Worksheet Latihan LOOKUPSection ini merupakan section untuk menguji seberapa jauh pemahaman kamu tentang Formula di Microsoft Excel. Di section ini terdapat 10 soal dengan tipe soal beragam yang terdiri dari 3 tingkat kesulitan yaitu 3 soal mudah, 4 soal menengah, dan 3 soal sulit. Cobalah untuk mengerjakan semua soal tersebut sendiri dan tanpa bantuan apapun untuk dapat mengetahui tingkat pemahaman kamu tentang materi Formula di Microsoft Excel.
Section ini merupakan section untuk menguji seberapa jauh pemahaman kamu tentang Formula di Microsoft Excel. Di section ini terdapat 10 soal dengan tipe soal beragam yang terdiri dari 3 tingkat kesulitan yaitu 3 soal mudah, 4 soal menengah, dan 3 soal sulit. Cobalah untuk mengerjakan semua soal tersebut sendiri dan tanpa bantuan apapun untuk dapat mengetahui tingkat pemahaman kamu tentang materi Formula di Microsoft Excel.
Setelah pertemuan ini teman-teman perlu memahami LOM (Learning Object Material) dan Topik yang dijelaskan di atas.
Rangkuman :
-
- Lembar Kerja (worksheet) adalah tempat untuk Teks, Angka, Tanggal dan Uang, Perhitungan Matematika, Formula Sum/ Average/ Min/ Max/ IF dan rumus lainnya
- Formula: IF untuk mengecek suatu kondisi benar atau salah
- COUNTIF untuk menghitung jumlah berdasarkan kriteria tertentu
- SUMIF untuk menjumlahkan nilai berdasarkan kriteria tertentu
- VLOOKUP dan HLOOKUP pengganti dari IF bila kriteria yang dicek banyak atau berupa tabel
- SORT digunakan untuk menyusun data berdasarkan urutan tertentu
- FILTER digunakan untuk menyaring data sesuai kriteria yang dikehendaki
- Anda menjadi advance user, bila dapat membuat Lembar Kerja yang informatif dengan formula yang tepat
-