Ringkasan Mingguan
KONSEP DASAR PENDIDIKAN IPA
Perkuliahan Pertemuan I akan dilaksanakan secara Sinkronus melalui tatap Maya. Para mahasiswa diharapkan bergabung pada link Zoom: https://bit.ly/3sQnIG1 dengan ID: 934 3799 3471 dan Kata Sandi : 307436.
Perkuliahan dimulai pukul 13.00 - 15.15 WIB
Bahan ajar pertemuan 1. Silahkan Anda simak dengan baik!
HAKIKAT PEMBELAJARAN IPA
Silahkan simak video pembelajaran pada link yang telah disediakan!
MATERI GAYA DAN GERAK
Perkuliahan akan dilaksanakan secara Sinkronus melalui tatap Maya. Para mahasiswa diharapkan bergabung pada link Zoom: https://bit.ly/3PCI1Q5 dengan ID: 969 1354 0967 dan Kata Sandi : 799822.
Perkuliahan dimulai pukul 13.00 - 15.15 WIB
- Silahkan akses link yang tersedia!
JENIS-JENIS GAYA
Silahkan akses!
- Buatlah kelompok beranggotakan 3-4 orang.
- Identifikasikan 4 jenis kegiatan berbasis kearifan lokal di tempat anda yang melibatkan aktivitas gaya dan gerak.
- Laporkan hasil analisis temuan anda ke dalam bentuk video presentasi
BENDA DAN BUNYI
Perkuliahan akan dilaksanakan secara Sinkronus melalui tatap Maya. Para mahasiswa diharapkan bergabung pada link Zoom: https://bit.ly/3sVfXif dengan ID: 949 1495 9763 dan Kata Sandi : 164554.
Perkuliahan dimulai pukul 13.00 - 15.15 WIB
Silahkan akses link tersebut!
- A. Bentuklah kelompok yang beranggotakan 3-4 mahasiswa
B. Diskusikan dalam kelompokmu mengenai sebuah kegiatan pembuktian sederhana
tentang:
1. Sifat zat padat, zat cair dan gas
2. Cara perambatan bunyi pada benda padat, cair dan gas
C. Laporkan hasil diskusi dalam bentuk video presentasi!
TATA SURYA
Silahkan akses bahan ajar PDF pada link yang tersedia!
- Buatlah kelompok beranggotakan 3-4 orang.
- Carilah infromasi di sekitar anda mengenai bentuk-bentuk kearifan lokal masyarakat setempat yang memanfaatkan benda langit
- Laporkan temuan anda ke dalam bentuk video presentasi
ALAT INDERA
Perkuliahan akan dilaksanakan secara Sinkronus melalui tatap Maya. Para mahasiswa diharapkan bergabung pada link Zoom: https://bit.ly/3sQxeJc dengan ID: 968 8258 1411 dan Kata Sandi : 709584.
Perkuliahan dimulai pukul 13.00 - 15.15 WIB
Silahkan simak video berikut ini dan kerjakan tugas yang ada!
CAHAYA, USAHA DAN ENERGI
Silahkan simak video berikut ini!
Kerjakan soal berikut ini:
- Silahkan Anda analisis jenis-jenis, kumpulkan dalam bentuk file PDF secara individu!
MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGAN PERISTIWA ALAM
Silahkan akses link tersebut!
Ikuti arahan tugas berikut ini:
1. Silahkan Anda bagi menjadi 3 kelompok!
2. Buat PPT interaktif mengenai:- makhluk hidup dan lingkungannya;
- peristiwa alam.
PERKEMBANGBIAKAN MAKHLUK HIDUP
Perkuliahan akan dilaksanakan secara Sinkronus melalui tatap Maya. Para mahasiswa diharapkan bergabung pada link Zoom: https://bit.ly/3tMosMU dengan ID: 852 1021 9890 dan Kata Sandi : 625542.
Perkuliahan di mulai pukul 13.00 - 15.15 WIBAkses bahan ajar yang tersedia tersebut!
UNSUR-UNSUR AIR DAN UDARA
Simak link video tersebut!
TEORI-TEORI PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN IPA SD
Perkuliahan akan dilaksanakan secara Sinkronus melalui tatap Maya. Para mahasiswa diharapkan bergabung pada link Zoom: https://bit.ly/40cqu5h dengan ID: 853 8504 3094 dan Kata Sandi : 377562.
Perkuliahan di mulai pukul 07.00 - 09.15 WIBPerhatikan bahan ajar berikut!
JAWABLAH PERTANYAAN-PERNYATAAN BERIKUT INI!
1. Jelaskan perbedaan teori belajar behavioristik, teori belajar kognitivistik, teori
belajar humanistik dan teori belajar sibernetik!2. Bagaimanakah implikasi teori belajar Piaget dalam pembelajaran IPA SD?
3. Buatlah contoh pembelajaran IPA SD dengan model belajar Ausubel
4. Kembangkan sebuah pembelajaran IPA SD melalui discovery learning
5. Berikan contoh pembelajaran IPA SD yang menerapkan teori belajar Gagne!
PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
Perkuliahan akan dilaksanakan secara Sinkronus melalui tatap Maya. Para mahasiswa diharapkan bergabung pada link Zoom: https://bit.ly/406Lt9v dengan ID: 858 8546 4694 dan Kata Sandi : 377042.
Perkuliahan di mulai pukul 13.00 - 15.15 WIBPerhatikan dan klik libk tersebut!
jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1. Apakah yang dimaksud dengan perkembangan?
2. Jelaskan 4 aspek ciri-ciri perkembangan!
3. Jelaskan tentang prinsip-prinsip perkembangan!
4. Jelaskan perkembangan anak usia SD secara kognitif, psikomotorik, sosial, emosi dan bahasa!
5. Deskripsikan hakikat perkembangan dan permasalahan belajar anak dalam pembelajaran IPA SD ditinjau dari aspek kognitif, psikomotorik, sosial, emosi dan bahasa pada anak usia SD!
MODEL PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN IPA DI SD
Perkuliahan akan dilaksanakan secara Sinkronus melalui tatap Maya. Para mahasiswa diharapkan bergabung pada link Zoom: https://bit.ly/40hAeLp dengan ID: 858 8546 4694 dan Kata Sandi : 471957.
Perkuliahan di mulai pukul 13.00 - 15.15 WIBSimak dan akses link tersebut!
- Silahkan bentuk menjadi 4 (empat) kelompok, lalu diskusikan:
Kumpulkan dalam bentuk file PDF!
FASE PERKEMBANGAN SISWA SD DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN IPA
Perkuliahan akan dilaksanakan secara Sinkronus melalui tatap Maya. Para mahasiswa diharapkan bergabung pada link Zoom: https://bit.ly/40hAeLp dengan ID: 858 8546 4694 dan Kata Sandi : 471957.
Perkuliahan di mulai pukul 13.00 - 15.15 WIBAkses dan pelajari bahan ajar tersebut!