Topic outline

  • This topic

    DESKRIPSI MATA KULIAH

    Mata kuliah *Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia* (Kode: 22BHS6143) merupakan mata kuliah praktik yang berbobot 2 SKS. Mata kuliah ini membahas secara mendalam tentang penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik, penguatan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar di bidang pendidikan, peningkatan fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional, serta standardisasi kemahiran berbahasa Indonesia. Proses pembelajaran dilaksanakan dengan model *Problem-Based Learning* (PBL), di mana mahasiswa secara aktif terlibat dalam penentuan masalah serta merumuskan solusi atas permasalahan yang dihadapi. Mata kuliah ini diampu oleh Istiqamah, M.Pd. dari Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, dan Dr. Laili Etika Rahmawati, M.Pd. dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
    • PENDAHULUAN

      Selamat Datang di Mata Kuliah Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia

      Selamat datang di mata kuliah Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia! Dalam mata kuliah ini, kita akan mempelajari berbagai aspek penting tentang bagaimana bahasa Indonesia dikembangkan dan dipelihara agar tetap relevan dan efektif dalam komunikasi sehari-hari.

      Apa yang Akan Anda Pelajari?

      Anda akan mempelajari dasar-dasar teori pembinaan bahasa, metode pengajaran yang efektif, serta kebijakan dan strategi untuk mengembangkan bahasa Indonesia. Kami akan membahas bagaimana bahasa Indonesia berkembang seiring waktu dan bagaimana kita dapat berkontribusi pada pengembangannya.

      Mengapa Ini Penting?

      Bahasa Indonesia bukan hanya alat komunikasi, tetapi juga bagian penting dari identitas nasional kita. Memahami cara membina dan mengembangkan bahasa Indonesia akan membantu Anda berperan aktif dalam menjaga dan meningkatkan kualitas bahasa kita di berbagai bidang.

      Apa yang Diharapkan?

      Kami berharap Anda dapat mengikuti materi dengan antusias dan aktif berpartisipasi dalam diskusi serta tugas-tugas yang ada. Dengan demikian, Anda akan memperoleh pemahaman yang mendalam dan keterampilan praktis yang berguna dalam konteks akademis dan profesional.

      Sumber Daya

      Untuk mendukung pembelajaran Anda, kami akan menyediakan berbagai bahan bacaan dan sumber daya yang relevan. Pastikan untuk memanfaatkan sumber-sumber tersebut untuk memperdalam pengetahuan Anda.

      Kami berharap Anda menikmati proses pembelajaran ini dan mendapatkan banyak manfaat dari mata kuliah ini. Selamat belajar!

      • PROFIL DOSEN PENGAMPU

        Halo, Mahasiswa!
        Dalam mata kuliah Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia ini, Anda akan dibimbing oleh dua dosen yang berpengalaman di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Kami sertakan biodata singkat dari kedua dosen pengampu mata kuliah ini untuk lebih mengenal siapa yang akan mendampingi Anda selama perkuliahan. Silakan simak informasi lengkapnya dalam gambar berikut!

        • JADWAL PERKULIAHAN

          Salam Mahasiswa dan Mahasiswi yang terhormat,

          Selamat datang di mata kuliah Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia untuk semester ini! Kami sangat antusias untuk memulai perjalanan belajar bersama Anda semua.

          Perkuliahan kita akan dijadwalkan setiap hari Rabu pukul 13.30 WITA (atau 12.30 WIB). Pada setiap pertemuan, kita akan mengeksplorasi berbagai topik menarik dan penting dalam bahasa Indonesia yang akan memperkaya pengetahuan dan keterampilan Anda.

          Pastikan untuk memeriksa jadwal perkuliahan dan materi yang ada di LMS secara berkala agar Anda selalu terinformasi dengan baik. Mari kita mulai semester ini dengan semangat dan dedikasi tinggi. 

          Selamat bergabung dan selamat belajar!

          • CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH

            1. Mahasiswa mampu memberikan solusi terkait masalah penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik
            2. Mahasiswa mampu memberikan solusi terkait masalah program penguatan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar di bidang pendidikan.
            3. Mahasiswa mampu mendesain program peningkatan fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional
            4. Mahasiswa mampu mengembangkan program standardisasi kemahiran berbahasa Indonesia
            • KONTRAK PERKULIAHAN

              Assalamualaikum. Mahasiswa dan Mahasiswi yang terhormat,

              Selamat datang di mata kuliah Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia untuk semester  ini! Hari ini, kita akan memulai pertemuan dengan membahas kontrak perkuliahan serta informasi penting terkait dengan perjalanan belajar kita ke depan. Pertemuan ini akan menjadi kesempatan bagi kita untuk menjelaskan harapan, aturan, dan jadwal perkuliahan agar kita semua berada pada jalur yang sama.

              Silakan klik link Zoom di bawah ini untuk bergabung dalam sesi kita. Pastikan Anda memeriksa jadwal dan materi yang ada di LMS sebelum perkuliahan dimulai. Mari kita mulai semester ini dengan semangat dan komitmen yang tinggi, serta saling mendukung untuk meraih kesuksesan bersama. Jangan ragu untuk bertanya atau berdiskusi jika ada hal yang kurang jelas. Selamat bergabung dan selamat belajar!

            • PERTEMUAN 1

               

              Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
              Salam sejahtera untuk kita semua.

              Selamat datang di mata kuliah Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia. Kami sangat senang dapat menyambut Anda dalam perjalanan akademis ini, di mana kita akan bersama-sama belajar dan berdiskusi tentang pentingnya bahasa Indonesia dalam berbagai aspek kehidupan.


              Gambaran Umum

              Pada mata kuliah ini, kita akan mengeksplorasi berbagai isu dan tantangan dalam pengembangan bahasa Indonesia, termasuk bagaimana bahasa kita dipelihara, dikembangkan, dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Fokus utama kita adalah untuk memahami bagaimana bahasa Indonesia dapat terus relevan dan efektif dalam berbagai konteks, khususnya di ruang publik.


              Relevansi

              Bahasa Indonesia bukan hanya alat komunikasi, tetapi juga cerminan identitas nasional kita. Di ruang publik, bahasa Indonesia memiliki peran strategis dalam menjaga kohesi sosial dan kesatuan bangsa. Oleh karena itu, pemahaman yang mendalam tentang penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik sangat penting, agar kita dapat memastikan bahwa bahasa ini digunakan dengan benar, efektif, dan sesuai dengan konteks.


              Capaian Pembelajaran Pertemuan 1

              Pada pertemuan pertama ini, kita akan membahas Masalah Penggunaan Bahasa Indonesia di Ruang Publik. Capaian pembelajaran yang diharapkan adalah bahwa mahasiswa mampu:

              • Mengidentifikasi berbagai masalah yang terkait dengan penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik.
              • Menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan masalah tersebut muncul.
              • Memberikan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah-masalah ini, sehingga penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik dapat lebih baik dan sesuai dengan kaidah yang berlaku.
            • PERTEMUAN 2

              Restricted Not available unless: The activity TAUTAN REFERENSI PERTEMUAN 1 is marked complete

              Menganalisis Faktor Penyebab Masalah Penggunaan Bahasa Indonesia di Ruang Publik

              Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

              Salam, Mahasiswa yang kami banggakan!

              Selamat datang di pertemuan kedua mata kuliah ini. Semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan tetap semangat dalam belajar. Pada pertemuan kali ini, kita akan membahas topik yang sangat penting dan relevan, yaitu "Menganalisis Faktor Penyebab Masalah Penggunaan Bahasa Indonesia di Ruang Publik." Mari kita pelajari bersama dan diskusikan topik ini dengan penuh antusiasme.

              Gambaran Umum

              Pada pertemuan ini, kita akan memfokuskan pembahasan pada faktor-faktor yang menyebabkan masalah penggunaan Bahasa Indonesia di ruang publik. Penggunaan Bahasa Indonesia yang tidak sesuai di ruang publik dapat mempengaruhi cara kita berkomunikasi dan bahkan mencerminkan identitas budaya kita. Pemahaman yang baik tentang faktor-faktor ini akan membantu kita untuk lebih bijak dalam menggunakan bahasa di ruang publik.

              Relevansi

              Mengapa topik ini penting untuk kita pelajari?

              Bahasa adalah cermin dari budaya dan identitas kita. Penggunaan Bahasa Indonesia di ruang publik sering kali menghadapi berbagai tantangan, seperti pengaruh bahasa asing, kebijakan yang tidak konsisten, dan kurangnya kesadaran masyarakat. Memahami faktor-faktor penyebab ini penting agar kita dapat mempertahankan dan mengembangkan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, khususnya di ruang publik. Topik ini juga relevan bagi Anda sebagai mahasiswa, karena akan mempersiapkan Anda untuk menjadi pengguna bahasa yang lebih kritis dan reflektif di masyarakat

              Capaian Pembelajaran

              Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa mampu:

              a. Menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya masalah penggunaan Bahasa Indonesia di ruang publik.

              b. Menjelaskan pengaruh lingkungan, budaya, dan kebijakan terhadap penggunaan Bahasa Indonesia di ruang publik.

            • PERTEMUAN 3

              Restricted Not available unless: The activity Kuis temukan kata is marked complete

              Mengembangkan Solusi untuk Masalah Penggunaan Bahasa Indonesia di Ruang Publik

              , Mahasiswa yang kami banggakan!

              Selamat datang di pertemuan ketiga mata kuliah ini. Saya harap kalian semua dalam keadaan sehat dan tetap semangat dalam menempuh pembelajaran ini. Pada pertemuan kali ini, kita akan melanjutkan pembahasan mengenai penggunaan Bahasa Indonesia di ruang publik, dengan fokus pada pengembangan solusi untuk mengatasi masalah yang telah kita identifikasi sebelumnya. Mari kita berdiskusi dan mengeksplorasi topik ini bersama-sama dengan semangat belajar yang tinggi!

              Gambaran Umum

              Pada pertemuan ini, kita akan berfokus pada pengembangan solusi untuk mengatasi berbagai masalah yang dihadapi dalam penggunaan Bahasa Indonesia di ruang publik. Setelah mempelajari faktor-faktor penyebab pada pertemuan sebelumnya, kini saatnya kita merumuskan solusi yang relevan dan efektif, serta menyusun strategi implementasi untuk perbaikan penggunaan Bahasa Indonesia di ruang-ruang tersebut

              Relevansi

              Mengapa kita perlu mengembangkan solusi untuk masalah ini?

              Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan yang digunakan dalam berbagai konteks di ruang publik, seperti pemerintahan, pendidikan, layanan kesehatan, dan sebagainya. Penggunaan bahasa yang tidak sesuai atau salah di ruang publik dapat menyebabkan kesalahpahaman, mengurangi efisiensi komunikasi, dan bahkan menurunkan citra lembaga publik. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengidentifikasi solusi yang relevan dan efektif untuk mengatasi masalah ini dan memastikan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar di berbagai ruang publik.

              Capaian Pembelajaran

              Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa mampu:

              1. Merumuskan solusi yang relevan untuk mengatasi masalah penggunaan Bahasa Indonesia di ruang publik.

              2. Menyusun strategi implementasi solusi untuk perbaikan penggunaan Bahasa Indonesia di ruang publik.

            • PERTEMUAN 4

              Restricted Not available unless: The activity Tugas Presentasi Rencana Solusi Penggunaan Bahasa Indonesia di Ruang Publik 3 is marked complete

              Evaluasi dan Implementasi Solusi dalam Penggunaan Bahasa Indonesia di Ruang Publik

               

              Salam, Mahasiswa yang saya banggakan!

              Selamat datang kembali di pertemuan keempat mata kuliah ini. Saya harap kalian tetap bersemangat dan siap untuk melanjutkan pembelajaran kita. Pada pertemuan kali ini, kita akan fokus pada evaluasi dan implementasi solusi yang telah kita kembangkan sebelumnya untuk mengatasi masalah penggunaan Bahasa Indonesia di ruang publik. Mari kita berdiskusi dengan penuh semangat dan kritis untuk memahami bagaimana cara mengevaluasi efektivitas solusi serta memberikan rekomendasi lanjutan untuk perbaikan yang berkelanjutan.

              Gambaran Umum

              Pada pertemuan ini, kita akan membahas mengenai evaluasi efektivitas solusi yang telah diusulkan terkait penggunaan Bahasa Indonesia di ruang publik, serta rekomendasi lanjutan untuk perbaikan berkelanjutan. Evaluasi adalah langkah penting dalam memastikan bahwa solusi yang diterapkan benar-benar efektif dan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Selanjutnya, kita juga perlu merumuskan rekomendasi lanjutan berdasarkan hasil evaluasi untuk memastikan perbaikan yang berkelanjutan.

              Relevansi

              Mengapa kita perlu mengevaluasi solusi dan memberikan rekomendasi lanjutan?

              Evaluasi solusi yang telah diimplementasikan penting untuk memastikan bahwa solusi tersebut benar-benar efektif dan dapat memberikan hasil yang diharapkan. Tanpa evaluasi, kita tidak akan tahu apakah langkah-langkah yang telah diambil sudah tepat atau perlu disesuaikan. Selain itu, memberikan rekomendasi lanjutan berdasarkan hasil evaluasi akan membantu dalam meningkatkan kualitas penggunaan Bahasa Indonesia di ruang publik secara berkelanjutan. Ini adalah langkah kritis dalam upaya memperbaiki dan meningkatkan komunikasi serta pelayanan publik.

              Capaian Pembelajaran

              Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa mampu:

              1. Mengevaluasi efektivitas solusi yang telah diusulkan terkait penggunaan Bahasa Indonesia di ruang publik.

              2. Memberikan rekomendasi lanjutan untuk perbaikan berkelanjutan penggunaan Bahasa Indonesia di ruang publik.

            • PERTEMUAN 5

              Restricted Not available unless: The activity Teka-Teki Silang (kuis) is marked complete

              Identifikasi Tantangan dalam Program Penguatan Bahasa Indonesia sebagai Pengantar di Bidang Pendidikan

              Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh

              Salam sehat Mahasiswa yang dibanggakan!

              Selamat datang di pertemuan kelima mata kuliah kita. Saya berharap kalian semua dalam keadaan sehat dan tetap semangat dalam mengikuti pembelajaran ini. Pada pertemuan kali ini, kita akan fokus membahas tantangan yang dihadapi dalam implementasi program penguatan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar di bidang pendidikan. Saya yakin diskusi kita hari ini akan sangat menarik dan bermanfaat. Mari kita mulai!

              Gambaran Umum

              Pada pertemuan ini, kita akan membahas tantangan utama dalam implementasi program penguatan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar di institusi pendidikan. Program ini bertujuan untuk memastikan bahwa Bahasa Indonesia digunakan secara efektif dan tepat dalam proses pembelajaran di semua jenjang pendidikan, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Namun, terdapat berbagai tantangan yang harus dihadapi, seperti keterbatasan sumber daya, resistensi dari sebagian pihak, dan kurangnya dukungan kebijakan yang memadai.

              Kita akan melakukan identifikasi tantangan-tantangan ini dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas penggunaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar di berbagai jenjang pendidikan. Pemahaman yang mendalam tentang hal ini akan membantu kita merumuskan strategi yang lebih efektif di masa depan.

              Relevansi

              Mengapa kita perlu memahami tantangan dalam program penguatan Bahasa Indonesia di bidang pendidikan?

              Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar di bidang pendidikan sangat penting untuk memastikan keseragaman pemahaman dan meningkatkan kualitas pendidikan di seluruh Indonesia. Namun, implementasi program ini tidak selalu berjalan mulus. Tantangan seperti keterbatasan infrastruktur, perbedaan latar belakang budaya, dan kurangnya pelatihan bagi tenaga pendidik sering kali menghambat keberhasilan program ini.

              Dengan memahami tantangan-tantangan ini, kita dapat mengembangkan solusi yang lebih efektif dan strategi implementasi yang lebih adaptif. Ini tidak hanya relevan bagi kita sebagai calon pendidik atau profesional di bidang pendidikan, tetapi juga sebagai warga negara yang peduli terhadap masa depan bahasa dan pendidikan di Indonesia.

              Capaian Pembelajaran

              Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa mampu:

              1. Mengidentifikasi tantangan utama dalam implementasi program penguatan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar di bidang pendidikan.
              2. Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas penggunaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar di berbagai jenjang pendidikan.
            • PERTEMUAN 6

              Restricted Not available unless: The activity Tugas dan Aktivitas 5 is marked complete

              Pengembangan Strategi Solusi untuk Penguatan Bahasa Indonesia sebagai Pengantar di Bidang Pendidikan

               

              Salam Semangat, Mahasiswa yang dibanggakan!

              Selamat datang di pertemuan keenam mata kuliah ini. Saya harap kalian dalam keadaan baik dan tetap semangat dalam pembelajaran. Pada pertemuan kali ini, kita akan fokus pada pengembangan strategi solusi untuk mengatasi tantangan dalam penggunaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar di bidang pendidikan. Kita akan belajar bagaimana merumuskan solusi yang tepat dan menyusun strategi implementasi yang bisa dijalankan secara efektif di lapangan.


              Gambaran Umum

              Pada pertemuan sebelumnya, kita telah mengidentifikasi berbagai tantangan dalam implementasi program penguatan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar di lingkungan pendidikan. Tantangan-tantangan tersebut, seperti kurangnya pelatihan bagi tenaga pengajar, kekurangan bahan ajar yang memadai, dan kebijakan yang tidak konsisten, memerlukan solusi yang efektif agar program ini berhasil.

              Pertemuan kali ini akan membahas bagaimana kita dapat merumuskan solusi yang sesuai dan mengembangkan strategi implementasi untuk memastikan solusi tersebut dapat diterapkan di berbagai jenjang pendidikan. Materi ini akan membantu kalian mengidentifikasi langkah-langkah konkret yang dapat diambil untuk memperkuat penggunaan Bahasa Indonesia di bidang pendidikan.


              Relevansi

              Mengapa penting untuk mempelajari strategi pengembangan solusi ini?

              Program penguatan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar bertujuan untuk menciptakan keseragaman dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Namun, tanpa strategi yang jelas dan implementasi yang baik, solusi yang diusulkan bisa saja tidak efektif atau tidak berkelanjutan. Oleh karena itu, mempelajari cara merumuskan solusi yang efektif dan menyusun strategi implementasi yang sesuai sangat penting untuk mendukung keberhasilan program ini.

              Sebagai mahasiswa, memahami strategi ini akan membekali kalian dengan kemampuan berpikir kritis dan solusi yang praktis untuk diterapkan di masa depan, terutama dalam bidang pendidikan yang semakin kompleks.


              Capaian Pembelajaran

              Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa mampu:

              1. Merumuskan solusi yang efektif untuk mengatasi tantangan dalam penggunaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar di bidang pendidikan.

              2. Menyusun strategi implementasi untuk solusi yang diusulkan guna memperkuat penggunaan Bahasa Indonesia di lingkungan pendidikan.


              Aktivitas dan Materi Pembelajaran

              Untuk pertemuan kali ini, kita akan menggunakan beberapa format materi yang mendukung pembelajaran:

              • Materi PDF: Sebuah dokumen yang menjelaskan langkah-langkah dalam merumuskan solusi yang efektif dan strategi implementasi di lingkungan pendidikan.

              • Infografis: Gambaran visual yang akan membantu kalian memahami konsep-konsep utama dalam merumuskan solusi serta tahapan strategi implementasi secara sederhana dan jelas.

              • Video Pembelajaran: Video singkat yang akan menjelaskan contoh-contoh strategi implementasi yang berhasil di institusi pendidikan di Indonesia, termasuk faktor keberhasilan dan tantangan yang dihadapi.


              Penugasan

              Untuk mengaplikasikan pembelajaran, setelah membaca materi PDF, melihat infografis, dan menonton video pembelajaran, Anda akan diminta untuk mengerjakan tugas berikut:

              • Tugas Kelompok: Buatlah sebuah Esai Singkat (500-700 kata) yang merumuskan satu solusi efektif untuk mengatasi salah satu tantangan dalam penggunaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar di lingkungan pendidikan. Dalam proposal ini, kalian harus menyusun strategi implementasi yang rinci dan dapat diaplikasikan di institusi pendidikan yang kalian pilih (sekolah dasar, menengah, atau perguruan tinggi).

              • Batas Waktu Pengumpulan: 


              Urutan Pembelajaran yang Disarankan

              1. Mulai dengan Materi PDF:

              • Baca terlebih dahulu materi PDF yang telah diunggah di LMS. Materi ini menjelaskan secara rinci mengenai tahapan merumuskan solusi dan bagaimana cara menyusun strategi implementasi yang tepat.

              2. Lihat Infografis:

              • Setelah membaca PDF, buka infografis yang tersedia untuk membantu memvisualisasikan konsep-konsep penting yang sudah kalian pelajari. Infografis ini merangkum poin-poin kunci dari materi PDF sehingga lebih mudah dipahami.

              3. Tonton Video Pembelajaran:

              • Lalu, tonton video pembelajaran yang memberikan contoh nyata tentang penerapan solusi dan strategi di institusi pendidikan. Ini akan memberikan gambaran praktis mengenai bagaimana solusi tersebut diimplementasikan di dunia nyata.

              4. Kerjakan Tugas Kelompok:

              • Setelah memahami materi dari PDF, infografis, dan video, lanjutkan dengan mengerjakan tugas kelompok. kelompok akan dibagi secara sistem.  Pastikan proposal kalian memuat solusi yang jelas dan strategi implementasi yang konkret.

              5. Diskusi di Forum LMS 

              • Jika ada pertanyaan atau hal yang belum jelas, silakan ajukan di forum diskusi di LMS. Kalian juga bisa berbagi ide solusi dengan teman-teman sekelas untuk mendapatkan pandangan yang berbeda.

              Penutup

              Terima kasih atas perhatian dan partisipasi aktif Anda. Silakan mulai dengan materi yang sudah disediakan dan selesaikan tugas individu sesuai dengan instruksi. Jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi saya melalui LMS atau forum diskusi. Selamat belajar, dan semoga materi ini membantu kalian dalam memahami lebih dalam tentang pengembangan strategi solusi di bidang pendidikan.

            • PERTEMUAN 7

              Restricted Not available unless: The activity Tugas Pertemuan 6 is marked complete

              Evaluasi dan Rekomendasi untuk Program Penguatan Bahasa Indonesia sebagai Pengantar di Bidang Pendidikan

               

              Assalamualaikum , Mahasiswa yang saya banggakan!

              Selamat datang di pertemuan ketujuh mata kuliah ini. Pada pertemuan ini, kita akan fokus pada evaluasi dan pemberian rekomendasi untuk program penguatan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar di bidang pendidikan. Ini adalah tahapan akhir dari siklus pembelajaran kita, di mana kita akan mengevaluasi solusi yang telah kita usulkan di pertemuan sebelumnya dan memberikan rekomendasi lanjutan untuk perbaikan program ke depan.


              Gambaran Umum

              Pada pertemuan sebelumnya, kita telah mempelajari cara merumuskan solusi dan menyusun strategi implementasi untuk mengatasi tantangan dalam penggunaan Bahasa Indonesia sebagai pengantar di bidang pendidikan. Namun, merancang solusi saja tidak cukup; kita perlu melakukan evaluasi untuk mengukur apakah solusi tersebut berhasil mencapai tujuan yang diinginkan. Evaluasi ini penting untuk mengetahui efektivitas solusi yang telah diimplementasikan dan memberikan rekomendasi perbaikan untuk keberlanjutan program.

              Kita juga akan melibatkan praktik evaluasi dalam bentuk simulasi untuk membantu Anda memahami bagaimana proses evaluasi dilakukan di lapangan.


              Relevansi

              Mengapa penting melakukan evaluasi dan memberikan rekomendasi?

              Evaluasi adalah langkah kritis untuk memastikan solusi yang diusulkan benar-benar efektif dan dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan evaluasi, kita bisa mengetahui kekuatan dan kelemahan dari solusi yang telah diterapkan dan menentukan apa yang perlu diperbaiki. Rekomendasi lanjutan kemudian disusun untuk memastikan bahwa program penguatan Bahasa Indonesia terus berjalan dengan baik dan mampu menyesuaikan dengan perubahan kebutuhan di masa depan.

              Sebagai mahasiswa, memahami proses evaluasi ini akan memberikan keterampilan praktis yang bisa Anda gunakan dalam karier profesional, terutama dalam bidang pendidikan dan manajemen kebijakan.


              Capaian Pembelajaran

              Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa mampu:

              1. Mengevaluasi efektivitas solusi yang telah diusulkan terkait penggunaan Bahasa Indonesia sebagai pengantar di bidang pendidikan.
              2. Memberikan rekomendasi lanjutan untuk perbaikan berkelanjutan penggunaan Bahasa Indonesia di ruang publik dan di lingkungan pendidikan.

              Aktivitas dan Materi Pembelajaran

              Untuk pertemuan kali ini, tersedia beberapa format materi yang dapat Anda akses:

              • Materi PDF: Sebuah dokumen PDF yang menjelaskan langkah-langkah evaluasi yang tepat dan cara menyusun rekomendasi lanjutan untuk program penguatan Bahasa Indonesia di lingkungan pendidikan.

              • Video Pembelajaran: Video singkat yang memberikan gambaran praktis tentang contoh evaluasi program yang telah dilakukan di berbagai institusi pendidikan. Dalam video ini, Anda akan melihat proses evaluasi dari awal hingga pemberian rekomendasi.

              • Tautan Vicon (Video Conference): Akan ada sesi Vicon (Video Conference) untuk diskusi evaluasi pada [tanggal dan waktu spesifik]. Anda diharapkan hadir dan berpartisipasi aktif dalam sesi ini. Link Vicon akan diunggah di LMS.

              • Praktikum: Dalam praktikum ini, Anda akan melakukan simulasi evaluasi terhadap sebuah kasus program penguatan Bahasa Indonesia yang diberikan dalam materi PDF. Kalian akan bekerja dalam kelompok dan memberikan rekomendasi berdasarkan hasil evaluasi yang Anda lakukan.


              Penugasan

              Setelah mengikuti seluruh rangkaian materi dan aktivitas, kalian diminta untuk:

              • Tugas Praktikum Kelompok: Lakukan evaluasi terhadap studi kasus yang diberikan dalam materi PDF. Setelah evaluasi, susun rekomendasi lanjutan yang berfokus pada perbaikan program di masa mendatang. Presentasikan hasil evaluasi dan rekomendasi kelompok Anda di sesi Vicon (Video Conference) mendatang.

              • Batas Waktu Pengumpulan: [Tentukan tanggal dan waktu, misalnya dua hari setelah sesi Vicon].


               Instruksi Pembelajaran 

              1. Mulai dengan Materi PDF:

                • Baca materi PDF yang menjelaskan langkah-langkah evaluasi dan penyusunan rekomendasi. Materi ini akan menjadi panduan utama dalam melakukan evaluasi.
              2. Tonton Video Pembelajaran:

                • Setelah membaca PDF, tonton video pembelajaran untuk mendapatkan contoh nyata bagaimana proses evaluasi dilakukan di institusi pendidikan. Ini akan membantu memperjelas pemahaman Anda tentang evaluasi yang dijelaskan dalam materi PDF.
              3. Simulasi Praktikum Evaluasi:

                • Berdasarkan materi PDF dan video, lakukan simulasi evaluasi dalam kelompok yang telah dibentuk. Simulasi ini akan mengajarkan cara mengevaluasi efektivitas program yang sedang berjalan dan bagaimana menyusun rekomendasi.
              4. Diskusi Vicon (Video Conference):

                • Ikuti sesi Vicon pada [tanggal dan waktu spesifik]. Dalam sesi ini, kita akan membahas hasil evaluasi dan rekomendasi yang telah disusun oleh masing-masing kelompok. Pastikan kelompok Anda siap untuk mempresentasikan hasil evaluasi.
              5. Kerjakan Tugas Praktikum:

                • Setelah sesi Vicon, selesaikan laporan evaluasi dan rekomendasi yang telah Anda diskusikan dalam kelompok. Unggah tugas kelompok Anda sesuai dengan instruksi di LMS.

              Penutup

              Terima kasih atas perhatian dan partisipasi aktif Anda. Silakan mulai dengan membaca materi yang sudah disediakan, dan jangan lupa untuk hadir di sesi Vicon sesuai jadwal yang telah ditentukan. Jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi saya melalui LMS atau forum diskusi. Selamat belajar dan semoga evaluasi ini memberikan pengalaman baru yang bermanfaat!

            • PERTEMUAN 8 (UTS)

              Restricted Not available unless: The activity Video pembelajaran 7 is marked complete

              UTS Mata Kuliah: Pembinaan Bahasa Indonesia di Ruang Publik dan Pendidikan

               

              Mahasiswa yang saya banggakan,

              Selamat datang di Ujian Tengah Semester (UTS) mata kuliah kita. Ujian kali ini akan menguji pemahaman kalian dari pertemuan 1 hingga 7, yang mencakup berbagai aspek terkait penguatan penggunaan Bahasa Indonesia di ruang publik, khususnya di dunia pendidikan.

              UTS ini akan berbentuk proyek kelompok di mana kalian akan menyusun sebuah proposal untuk program pembinaan Bahasa Indonesia di sekolah. Selain itu, kalian juga akan melakukan simulasi evaluasi untuk memeriksa apakah program yang kalian usulkan dapat diterapkan secara efektif.


              Gambaran Umum UTS

              UTS ini dirancang untuk menguji kemampuan kalian dalam:

              1. Menganalisis tantangan yang ada di sekolah terkait penggunaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar.
              2. Merumuskan solusi yang relevan dan dapat diterapkan untuk mengatasi tantangan tersebut.
              3. Menyusun strategi implementasi yang efektif dan membuat simulasi evaluasi yang akan mengukur keberhasilan program.

              UTS ini akan dikerjakan secara kelompok, di mana setiap kelompok diminta untuk mengajukan proposal pembinaan Bahasa Indonesia di sekolah, serta menyusun alat evaluasi untuk mengukur efektivitas dari program yang diusulkan.


              Capaian Pembelajaran UTS

              Pada akhir UTS ini, mahasiswa diharapkan mampu:

              1. Menganalisis permasalahan penggunaan Bahasa Indonesia di sekolah.
              2. Merumuskan solusi dan menyusun strategi implementasi yang sesuai dengan kebutuhan sekolah.
              3. Menyusun evaluasi untuk mengukur efektivitas program yang diusulkan dan mengajukan rekomendasi perbaikan.
            • PERTEMUAN 9

            • PERTEMUAN 10

              Mengenal dan Mengajarkan Bahasa Indonesia kepada Dunia melalui Program BIPA.

              Salam, Mahasiswa yang saya banggakan!

              Selamat datang kembali di pertemuan ke-10 mata kuliah ini. Saya harap kalian tetap bersemangat dan siap untuk melanjutkan pembelajaran kita. Pada pertemuan kali ini, kita akan mendalami Program BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) sebagai salah satu upaya untuk mengenalkan Bahasa Indonesia di kancah internasional. Melalui program ini, kita akan memahami bagaimana Bahasa Indonesia diajarkan kepada penutur asing dan peran program ini dalam meningkatkan fungsi bahasa sebagai identitas bangsa di tingkat global. Mari kita berdiskusi dengan penuh semangat untuk mengeksplorasi tujuan, jenjang, serta pengelolaan Program BIPA yang telah diterapkan.

              Gambaran Umum

              Pada pertemuan ini, kita akan membahas dasar-dasar Program BIPA, dimulai dari pengertian dan tujuannya, berdasarkan Permendikbud Nomor 27 Tahun 2017. Program ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang terampil dalam berbahasa Indonesia untuk berbagai konteks dan tujuan, baik secara lisan maupun tulisan. Kita juga akan mengulas jenjang keterampilan yang harus dikuasai oleh peserta BIPA, meliputi mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis, sesuai level yang ditentukan. Selain itu, kita akan membahas pengalaman mengajar dalam Program BIPA dan pentingnya program ini dalam pemenuhan kebutuhan tenaga kerja asing yang memerlukan keterampilan berbahasa Indonesia.

              Relevansi

              Mengapa Program BIPA penting?

              Program BIPA bukan hanya sekadar kursus bahasa, tetapi merupakan bagian dari upaya diplomasi budaya yang memperkuat posisi Bahasa Indonesia di dunia internasional. Dengan adanya program ini, diharapkan penutur asing dapat mengenal budaya Indonesia melalui bahasa, yang secara tidak langsung mendukung pertukaran budaya dan memperkuat hubungan internasional. Program BIPA juga menjadi jalan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja asing yang bekerja di Indonesia, agar mereka mampu berkomunikasi secara efektif dalam bahasa nasional kita.

              Capaian Pembelajaran

              Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa mampu:

              1. Menjelaskan pengertian dan tujuan Program BIPA serta dasar hukum pelaksanaannya.
              2. Mengidentifikasi jenjang dan keterampilan yang diajarkan dalam Program BIPA.
              3. Memahami peran Program BIPA dalam mengenalkan Bahasa Indonesia dan budaya Indonesia kepada dunia.
            • PERTEMUAN 11

              Merancang Program Internasionalisasi Bahasa Indonesia: Implementasi SKL BIPA, Program Darmasiswa, dan Kemitraan Negara Berkembang

              Salam, Mahasiswa yang saya banggakan!

              Selamat datang di pertemuan ke-11, yang akan menjadi langkah penting dalam memahami bagaimana Bahasa Indonesia dapat dirancang sebagai bahasa internasional melalui program-program strategis. Pada sesi ini, kita akan membahas cara mendesain program peningkatan fungsi Bahasa Indonesia di dunia internasional dengan fokus pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL) BIPA, Program Darmasiswa, dan Program Kemitraan Negara Berkembang.

              Deskripsi Umum

              Pada pertemuan ini, kita akan mengeksplorasi lebih jauh peran setiap program dalam mendukung internasionalisasi Bahasa Indonesia. Program BIPA, yang menjadi acuan pengajaran Bahasa Indonesia bagi penutur asing, memiliki SKL yang dapat dijadikan dasar kompetensi untuk menciptakan lulusan yang mampu berbahasa Indonesia secara efektif. Di samping itu, Program Darmasiswa dan Kemitraan Negara Berkembang berfungsi sebagai sarana untuk mengenalkan Bahasa Indonesia ke komunitas internasional dan memperkuat posisi bahasa kita di tingkat global. Dengan memahami dan mengintegrasikan elemen-elemen ini, kita akan mampu merancang strategi yang lebih komprehensif untuk menjadikan Bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional.

              Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

              1. Mahasiswa mampu menjelaskan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) BIPA sebagai acuan dalam merancang program internasionalisasi Bahasa Indonesia.

              2. Mahasiswa mampu menganalisis peran Program Darmasiswa dan Program Kemitraan Negara Berkembang dalam upaya internasionalisasi Bahasa Indonesia.

              Melalui diskusi ini, kalian diharapkan dapat menyusun ide-ide yang inovatif dan kritis dalam upaya merancang program untuk meningkatkan fungsi Bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional. Selamat belajar, dan mari kita lanjutkan dengan semangat yang tinggi!

            • PERTEMUAN 12

              Merancang Program Internasionalisasi Bahasa Indonesia: Peran dan Standar Kompetensi Pengajar BIPA dalam Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing

              Salam, Mahasiswa yang saya banggakan!

              Selamat datang di pertemuan ke-12, di mana kita akan melanjutkan pembahasan mengenai perancangan program internasionalisasi Bahasa Indonesia. Pada pertemuan ini, kita akan berfokus pada Standar Kompetensi Pengajar BIPA, yang merupakan salah satu pilar penting dalam memastikan efektivitas pengajaran Bahasa Indonesia bagi penutur asing. Kompetensi pengajar yang memadai sangat diperlukan untuk mendukung upaya peningkatan fungsi Bahasa Indonesia di tingkat internasional, sehingga mampu bersaing sebagai bahasa global.

              Deskripsi Umum

              Pada sesi ini, kita akan membahas berbagai aspek dalam Standar Kompetensi Pengajar BIPA, yang meliputi kemampuan mengajar, pemahaman budaya, serta keterampilan komunikasi lintas budaya yang harus dimiliki oleh pengajar. Standar ini menjadi acuan utama untuk memastikan bahwa pengajar BIPA memiliki keahlian yang cukup dalam menyampaikan Bahasa Indonesia dengan cara yang mudah dipahami dan menarik bagi penutur asing. Selain itu, kita juga akan membahas pentingnya pelatihan berkelanjutan untuk pengembangan kompetensi pengajar, guna memenuhi tuntutan yang terus berkembang dalam konteks internasional.

              Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

              1. Mahasiswa mampu menjelaskan Standar Kompetensi Pengajar BIPA sebagai dasar dalam mendesain program internasionalisasi Bahasa Indonesia.

              2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi kebutuhan pelatihan dan pengembangan kompetensi pengajar BIPA dalam mendukung peningkatan fungsi Bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional.

            • PERTEMUAN 13

              Pengembangan Program Standardisasi Kemahiran Berbahasa Indonesia: UKBI dan Standar Kemahiran Nasional

              Salam, Mahasiswa yang saya banggakan!

              Selamat datang di pertemuan ke-13, di mana kita akan fokus pada program standardisasi kemahiran berbahasa Indonesia. Pada sesi ini, kita akan mengeksplorasi dua komponen penting dalam upaya standardisasi, yaitu Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 70 Tahun 2016 tentang Standar Kemahiran Berbahasa Indonesia. Melalui pemahaman yang menyeluruh terhadap standar kemahiran ini, kita dapat merancang program yang mendukung penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar di masyarakat.

              Deskripsi Umum

              Materi ini dimulai dengan mengakses tautan ke Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), yang memberikan panduan tentang pengukuran kemampuan bahasa di Indonesia. UKBI berperan penting dalam menilai kemahiran bahasa sesuai dengan standar nasional. Kemudian, kita akan mendalami Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 70 Tahun 2016, yang menguraikan standar kemahiran berbahasa Indonesia sebagai dasar legal dalam program standardisasi ini.

              Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

              1. Mahasiswa mampu menjelaskan peran Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) dalam standardisasi kemampuan bahasa di Indonesia.

              2. Mahasiswa mampu menganalisis poin-poin penting dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 70 Tahun 2016 sebagai dasar standar kemahiran berbahasa Indonesia.

              Melalui pertemuan ini, kalian akan memahami bagaimana standardisasi kemahiran bahasa dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, serta pentingnya regulasi dan uji kemahiran sebagai acuan dalam berbahasa Indonesia yang efektif. Selamat belajar, dan mari kita dalami materi ini dengan penuh semangat!

            • PERTEMUAN 14

              Implementasi dan Kebijakan UKBI sebagai Alat Standardisasi Kemahiran Berbahasa Indonesia

              Salam, Mahasiswa yang saya banggakan!

              Selamat datang di pertemuan ke-14! Pada sesi ini, kita akan melanjutkan pembahasan tentang program standardisasi kemahiran berbahasa Indonesia dengan fokus khusus pada implementasi dan kebijakan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI). Melalui pertemuan ini, kalian akan memahami lebih dalam bagaimana UKBI diterapkan dan dievaluasi sebagai alat standar pengukuran kemampuan berbahasa Indonesia.

              Deskripsi Umum

              Pertemuan ini dibagi menjadi beberapa bagian utama. Pertama, kita akan mempelajari Panduan UKBI untuk memahami prosedur, kriteria, dan standar yang diterapkan dalam uji kemahiran ini. Selanjutnya, kalian dapat mengakses tautan pelatihan UKBI yang berisi latihan-latihan praktis agar lebih siap dalam memahami dan menerapkan uji kemahiran tersebut. Terakhir, sebagai bentuk refleksi dan analisis, kalian akan menyusun tugas esai terkait kebijakan UKBI, di mana kalian dapat mengevaluasi peran kebijakan ini dalam mendukung program standardisasi kemahiran Bahasa Indonesia di masyarakat.

              Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

              1. Mahasiswa mampu menerapkan panduan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) sebagai acuan dalam penilaian kemahiran berbahasa.

              2. Mahasiswa mampu menyusun analisis kebijakan terkait UKBI dalam mendukung program standardisasi kemahiran berbahasa Indonesia.

              Dengan mengikuti pertemuan ini, diharapkan kalian mampu tidak hanya memahami cara kerja UKBI, tetapi juga mengkritisi dan memberikan pandangan terkait kebijakan yang mendasarinya. Mari kita mulai pembelajaran ini dengan antusias, dan jadikan kesempatan ini untuk mengembangkan perspektif yang lebih luas mengenai standardisasi kemahiran bahasa di Indonesia. Selamat belajar!