INFORMASI UMUM MATA KULIAH
PENGANTAR
Assalamu’alaikum, Wr. Wb.,
Shalom,
Om Swastiastu;
Namo Budaya;
Salam Kebajikan;
Selamat Sejahtera bagi kita semua.Halo, teman-teman mahasiswa sebagai calon pemimpin masa depan! selamat bergabung dalam pembelajaran pada Mata Kuliah Kewarganegaraan melalui Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) Indonesia yang akan mengajak kalian untuk berpikir lebih luas dan mendalam tentang bangsa kita.
Sebagai generasi muda, teman-teman memiliki peran yang sangat penting dalam membangun masa depan Indonesia. Selanjutnya melalui mata kuliah ini, kalian akan diajak untuk menggali potensi diri dan berkontribusi aktif dalam mewujudkan Indonesia yang lebih baik. Kita akan belajar tentang sejarah perjuangan bangsa, nilai-nilai luhur yang harus kita jaga, serta tantangan yang dihadapi bangsa kita saat ini. Kewarganegaraan adalah perjalanan untuk mengenal diri sebagai bagian dari bangsa yang besar. Dalam mata kuliah ini, kita akan mendalami konsep-konsep penting seperti Pancasila, UUD 1945, demokrasi, hak asasi manusia, dan berbagai isu aktual yang berkaitan dengan kehidupan berbangsa dan bernegara.
Untuk lebih mendalami tentang kewarganegaraan, kita ikuti kegiatan perkuliahaan pada platform ini! Sebelum masuk pada pendampingan, saya selaku dosen pengampu mata kuliah ijinkan untuk memperkenalkan diri sekaligus memberikan gambaran deskripsi tentang mata kuliah Kewarganegaraan beserta metode pembelajaran yang akan teman-teman ikuti seperti pada video dibawah ini:
Pendampingan pada matakuliah Kewarganegaraan ini selama 16 (enam belas) kali pertemuan secara sinkronus maupun asinkronus melalui Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) Indonesia, dan teman-teman nantinya dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan mengajukan pertanyaan dan/atau pendapat, serta menanggapi pertanyaan dan/atau pendapat teman-teman mahasiswa lain, sehingga akan lebih memahami materi yang dibahas dalam Buku Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi, Ditjen Belmawa Ristekdikti, cetakan I, 2016 sebagai preferensi utama.
Partisipasi teman-teman setiap pertemuan akan mempengaruhi penilaian, sehingga diharapkan membaca terlebih dahulu modul di setiap pertemuan, kemudian terlibat aktif dalam forum diskusi dengan mengajukan dan/atau menanggapi pertanyaan maupun pendapat. Selanjutnya juga menjawab pertanyaan pada video analisis kasus serta mengerjakan quiz maupun bentuk penugasan sesuai dengan kelompok pada pertemuan tertentu.
Bagi teman-teman yang tidak aktif dalam forum diskusi selama 3 (tiga) pertemuan berturut-turut, maka keikutsertaannya dalam matakuliah ini akan dipertimbangkan untuk di non-aktifkan. Sedangkan mengenai waktu yang diberikan untuk menanggapi diskusi, menjawab pertanyaan pada video analisis kasus serta mengerjakan quiz pada setiap pertemuan adalah maksimal 1 (satu) hari terhitung dari materi pembelajaran diberikan.
Sehubungan dengan upaya untuk membangun budaya menghargai karya orang lain, yang sekaligus mendidik mahasiswa untuk senantiasa menjunjung tinggi ke-jujur-an, maka kami selaku dosen pengampu mata kuliah menghimbau teman-teman mahasiswa untuk tidak melakukan plagiasi atas tulisan orang lain dalam menyajikan pertanyaan maupun pendapat selama kegiatan pembelajaran. Jika teman-teman mengutip sebuah tulisan maka diharapkan mencantumkan sumber atau referensi (nama penulis dan tahun tulisan disusun).
Wassalamu’alaikum, Wr. Wb.,
CAPAIAN PEMBELAJARAN, DESKRIPSI MK, CPMK & SUMBER BELAJAR
Sebelum masuk proses pembelajaran pada mata kuliah KEWARGANEGARAAN melalui course di SPADA Indoensia kali ini, terlebih dahulu teman-teman pahami terkait dengan CAPAIAN PEMBELAJARAN, DESKRIPSI MATA KULIAH dan CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH seperti yang kami embed pada slide di bawah ini!
CP, DESKRIPSI & CMPK MATA KULIAH KEWARGANEGARAAN oleh Pengembangan Pembelajaran Digital UBHI
MEKANISME PERKULIAHAN MELALUI SPADA INDONESIA
Selanjutnya teman-teman perhatikan mekanisme perkuliahan melalui SPADA Indonesia pada course mata kuliah Kewarganegaraan dengan seperti yang kami sampaikan berikut di bawah ini!
MEKANISME PERKULIAHAN MELALUI SPADA INDONESIA PADAMATA KULIAH KEWARGANEGARAAN oleh Pengembangan Pembelajaran Digital UBHI
PETUNJUK KEGIATAN PERKULIAHAN
Sebelum mengikuti pembelajaran mata kuliah Kewarganegaraan ini, teman-teman dapat menyimak Petunjuk Kegiatan Perkuliahan Kewarganegaraan melalui platform SPADA Indonesia sebagai berikut:
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
Untuk dapat memberikan gambaran tentang kegiatan perkuliahan Kewarganegaraan ini, berikut adalah Rencana Pembelajaran Semester (RPS) pada Mata Kuliah Kewarganegaraan. Selanjutnya, RPS ini dirancang untuk memberikan gambaran komprehensif mengenai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, termasuk pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang akan diperoleh oleh mahasiswa. Diaman pada setiap topik pada Kemampuan Akhir yang Diharpakan (KAD)/SUB CMPK (Capaian Pembelajaran Mata Kuliah) yang dibahas akan dilengkapi dengan metode evaluasi yang sesuai untuk mengukur pencapaian kompetensi mahasiswa.
FORUM PERKENALAN
Pernah penasaran dengan teman satu kelas virtual mu? Atau mungkin ingin tahu dari mana saja teman-teman sekalian berasal? Nah, ini dia saatnya untuk saling mengenal!
Silakan perkenalkan diri kalian dengan mencantumkan beberapa hal berikut:
- Nama Lengkap;
- NIM/NPM;
- Program Studi;
- Fakultas;
- Perguruan Tinggi; dan
- Alamat Domisili saat ini.
Selanjutnya teman-teman replay pada menu Forum perkenalan (kolom chat), siapa tahu ada yang berasal dari kota yang sama walaupun dari Perguruan Tinggi yang berbeda!
PRE TEST
Sebelum kita memulai pembelajaran, yuk kita lakukan pre-test untuk mengukur pemahaman awal Anda tentang materi yang akan kita pelajari. Jawablah semua pertanyaan dengan jujur dan teliti.
Hasil dari pre-test ini akan membantu teman-teman dan dosen pengampu matakuliah Kewarganegaraan untuk menyusun strategi pembelajaran asinkronus melalui SPADA Indonesia yang lebih efektif.