SELAMAT DATANG
Assalamualaikum,
Halo IT Enthusiast!
Selamat datang Mahasiswa yang saya banggakan. Dimanapun berada, semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat.
Senang sekali bisa berkumpul di Kelas Online pada Mata Kuliah Software Engineering, atau Rekayasa Perangkat Lunak. Mata kuliah ini ditujukan bagi mahasiswa yang sedang mengambil program S1 Sarjana, terutama terkait dengan bidang Ilmu Komputer atau Informatika dengan jumlah SKS sebesar 3 SKS.
Software Engineering, atau Rekayasa Perangkat Lunak, adalah salah satu disiplin ilmu yang terus berkembang pesat di era digital ini. Data dari U.S. Bureau of Labor Statistics menyebutkan bahwa profesi Software Developer tumbuh jauh lebih cepat dibandingkan rata-rata pekerjaan lainnya, yaitu diperkirakan akan tumbuh sebesar 22% antara 2020 hingga 2030, sedangkan menurut Menurut laporan dari Market Research Future, Pasar perangkat lunak global diperkirakan mencapai USD 1,04 triliun pada tahun 2025 dimana pertumbuhan ini dipicu oleh meningkatnya kebutuhan akan solusi digital di berbagai sektor seperti keuangan, kesehatan, dan pendidikan. Data lain dalam Laporan World Economic Forum menunjukkan bahwa perangkat lunak memainkan peran penting dalam perekonomian digital yang mana Industri perangkat lunak menyumbang sekitar 15-20% terhadap PDB global.
Maka dari itu Bidang ini sangat penting dan menarik untuk dipelajari, Bidang ini tidak hanya menuntut pemahaman mendalam tentang teknologi dan pemrograman, tetapi juga keterampilan dalam merancang, mengembangkan, dan memelihara sistem perangkat lunak yang andal, efisien, dan berkualitas tinggi.
Dalam mata kuliah ini, tidak hanya menuntut pemahaman tentang teknologi dan pemrograman, tetapi juga keterampilan dalam merancang, mengembangkan, dan memelihara sistem perangkat lunak yang andal, efisien, dan berkualitas tinggi. kita akan mempelajari berbagai prinsip dan metodologi yang digunakan dalam proses pengembangan perangkat lunak, mulai dari pengumpulan dan analisis kebutuhan, desain, implementasi, hingga pengujian dan pemeliharaan. Tujuannya adalah agar kalian dapat memahami bagaimana menghasilkan perangkat lunak yang tidak hanya berfungsi, tetapi juga sesuai dengan kebutuhan pengguna, mudah dikembangkan, serta mudah dipelihara.
Semoga perkuliahan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi kalian semua, baik dalam pengembangan keterampilan teknis maupun dalam membentuk pola pikir sebagai seorang software engineer yang profesional dan bertanggung jawab.
Selamat mengikuti Kelas Online Mata Kuliah Software Engineering atau Rekayasa Perangkat Lunak dengan baik dan penuh semangat.
Salam
Tim Dosen Pengajar Mata Kuliah Software Engineer
PROFIL DOSEN PENGAJAR
Hi., IT Enthusiast!!!
Mata Kuliah Software Engineering, atau Rekayasa Perangkat Lunak akan diajarkan oleh dua orang dosen dari Fakultas Teknik dan Informatika Program Studi Ilmu Komputer, yang mana Pembelajaran akan berlangsung secara Daring melalui Platform SPADA KEMDIKBUD Indonesia. Adapun Profil dari kedua dosen adalah sebagai berikut:1. Sulung Alfianto Akbar, S.Kom., MMSI
Dosen Expert Cyber Security
Sulung Alfianto Akbar, S.Kom., MMSI adalah dosen tetap di Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda dan sekaligus memiliki jabatan sebagai Dekan Fakultas teknik dan Informatika dengan fokus utama pada Software Engineering dan Cyber Security. Beliau menyelesaikan studi Sarjana Komputer di bidang Teknik Informatika dari Universitas Mulawarman (UNMUL) dan memperoleh gelar S2 Magister (MMSI) dalam bidang Sistem Informasi dari Universitas Bina Nusantara (BINUS). Kemudian melanjutkan studi doktoralnya di Universitas Mulawarman, Samarinda, dengan disertasi yang berfokus pada pemodelan Internet of Things dengan validasi melalui perangkat lunak.
Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun dalam dunia akademik dan industri, Bapak Sulung Alfianto Akbar berperan sebagai pembimbing proyek-proyek mahasiswa dan konsultan bagi perusahaan teknologi dalam merancang arsitektur perangkat lunak yang efektif dan efisien. Sebagai konsultan industri, Bapak Sulung Alfianto Akbar sering terlibat dalam proyek pengembangan perangkat lunak di sektor manufacture dan fintech, membantu perusahaan-perusahaan dalam meningkatkan kualitas proses pengembangan perangkat lunak melalui penerapan DevOps dan Continuous Delivery (CD). Beliau aktif mengajar mata kuliah seperti:
Software Requirements Engineering
Software Design and Architecture
Software Quality Assurance and Testing2. Yudhi Fajar Saputra, S.Kom., M.Sc.
Dosen Expert Software Engineering
Yudhi Fajar Saputra, S.Kom., M.Sc adalah dosen tetap di Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda dan sekaligus memiliki jabatan sebagai Ketua Prodi Ilmu Komputer / Informatika dengan fokus utama pada Software Engineering dan Data Enthusiast. Beliau menyelesaikan studi Sarjana Komputer di bidang Teknik Komputer dari Universitas Sains dan Teknologi Komputer dan memperoleh gelar S2 Master (M.Sc) dalam bidang Science of Information Communication and Technology dari Universitas Al-Madinah International University (MEDIU). Kemudian melanjutkan studi Profesi Keinsinyuran di Universitas Mulawarman, Samarinda, dengan Project akhir berfokus pada Sistem Informasi untuk Learning Management System dan Sistem Informasi di Bidang Kesehatan.
Dengan pengalaman lebih dari 15 tahun sebagai Programmer dan Developer Sistem Informasi, Bapak Yudhi Fajar memiliki keahlian dalam bidang Analisis Kebutuhan Perangkat Lunak, desain sistem, serta pengembangan perangkat lunak berbasis model.
Yuk kenalan dulu siapa dosen pengajar kalian di matakuliah Software Enggineer, atau Rekayasa Perangkat Lunak
DESKRIPSI SINGKAT
Hi., IT Enthusiast!!!
Mata Kuliah Software Engineeing atau Rekayasa Perangkat Lunak membahas tentang definisi perangkat lunak dan rekayasa perangkat lunak, konsep dasar pengembangan sistem (software engineering), siklus hidup pengembangan sistem (System Development Life Cycle) yang meliputi analisis kebutuhan, perencanaan, analisis (keseluruhan), desain sistem, dan implementasi. Pembahasan berikutnya yaitu perencanaan proyek perangkat lunak, alat bantu perancangan antara lain Data Flow Diagram dan Unified Modelling Language, user interface design, teknik-teknik pengujian perangkat lunak untuk jaminan kualitas perangkat lunak, serta pemeliharaan perangkat lunak.
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATAKULIAH
Hi... IT Enthusiast!!!
Keterampilan, pengetahuan, dan kompetensi yang diharapkan dapat dimiliki setelah menyelesaikan mata kuliah Software Engineering, atau Rekayasa Perangkat Lunak adalah sebagai berikut:
- Mahasiswa mampu dalam perencanaan dan perancangan sistem perangkat lunak
- Mahasiswa mampu dalam penerapan, pengujian dan pemeliharaan sistem perangkat lunak serta penjaminan kualitas perangkat lunak dan keamanan akses data
SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
Hi... Enthusiast!!!
Ada beberapa keterampilan, pengetahuan, dan kompetensi yang harus dicapai di dalam matakuliah Software Engineering, atau Rekayasa Perangkat Lunak, Berikut ini adalah tabel yang menerangkan beberapa keterampilan yang harus dicapai oleh setiap mahasiswa:
SUB-CPMK1 Mahasiswa mampu memahami konsep dan bagian-bagian penting dari perangkat lunak. SUB-CPMK2 Mahasiswa mampu memahami konsep dan bagian-bagian penting dari perangkat lunak SUB-CPMK3 Mahasiswa mampu memahami SDLC, dan jenis SDLC, serta merumuskan jenis SDLC yang sesuai dengan perencanaan proyek SUB-CPMK4 Mahasiswa mampu memahami analisis kebutuhan dan proses analisis kebutuhan, serta mampu merumuskan spesifikasi dan memvalidasi kebutuhan SUB-CPMK5 Mahasiswa mampu memahami konsep dan strategi perancangan berorientasi fungsi, memahami konsep objek, prinsip dan paradigma perancangan berorientasi objek SUB-CPMK6 Mahasiswa mampu Mahasiswa dapat memahami konsep dan prinsip desain antarmuka SUB-CPMK7 Mahasiswa mampu memahami teknik-teknik pengujian perangkat lunak SUB-CPMK8 Mahasiswa mampu memahami strategi pengujian perangkat lunak SUB-CPMK9 Mahasiswa mampu memahami Quality assurance Perangkat lunak dan keamanan data akses SUB-CPMK10 Mahasiswa mampu memahami Teknik-teknik pemeliharaan perangkat lunak JADWAL PERKULIAHAN DAN TOPIK BAHASAN
Pertemuan Ke- TOPIK BAHASAN 1 - Kontrak Perkuliahan, Perkenalan dan Penjelasan
- Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
2 - Karakteristik perangkat lunak
- Komponen perangkat lunak
- Model perangkat lunak
- Fungsi dan peran dari software engineer
3 - Definisi SDLC
- Jenis-jenis SDLC
4 - Observasi dan estimasi dalam perencanaan proyek
- Tujuan perencanaan proyek
- Manajemen proyek perangkat lunak yang efektif
5 - Proses analisis kebutuhan
- Metode analisis kebutuhan
- Spesifikasi dan validasi kebutuhan
6 - Perangkat bantu proses analisis kebutuhan
- Konsep dasar, Konteks, Proses, dan Prinsip Perancangan Perangkat Lunak;
- Isu mendasar dalam perancangan perangkat lunak
7 - Alat bantu perancangan (DFD dan UML)
- Macam-macam diagram yang terdapat pada UML (Class Diagram, Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram)
8 UTS 9 - Konsep dalam User Interface
10 - Proses testing: (black box testing, white box testing)
- Faults, Error dan Failures
11 Review Teknik Pengujian Perangkat Lunak dari proses 12 Pengujian unit, Pengujian integrasi, Pengujian sistem
13 - Quality assurance pada perangkat lunak
- Keamanan data akses
14 Definisi dan Konsep Pemeliharaan Perangkat lunak
15 Teknik pemeliharaan perangkat lunak (Pemeliharaan korektif, pemeliharaan adaptif, pemeliharaan perfektif, pemeliharaan preventif)
16 UAS Kepada seluruh mahasiswa yang terdaftar dalam Kelas Online pada Mata Kuliah Software Engineering, atau Rekayasa Perangkat Lunak,
Selamat datang di semester baru! Berikut adalah beberapa informasi penting terkait perkuliahan yang perlu diketahui:
-
Jadwal Kuliah: Perkuliahan akan dilaksanakan setiap Hari Selasa pukul 14.00 - 16.00 WITA. Pastikan untuk hadir tepat waktu, baik dalam sesi tatap muka maupun kelas online.
-
Metode Perkuliahan: Perkuliahan akan dilakukan dengan kombinasi Asyncronous dengan Platform SPADA Kemdikbud dengan Tatap Muka langsung.
-
Materi dan Bahan Ajar: Seluruh materi kuliah, termasuk bahan bacaan dan tugas, akan diunggah secara berkala melalui Learning Management System (LMS) SPADA KEMDIKBUD Indonesia.
-
Tugas dan Penilaian:
- Tugas dengan metode Project Based Learning memiliki bobot 50%.
- UTS memiliki bobot penilaian 20%, Sedangkan UAS memiliki bobot 30%.
-
Kode Etik Perkuliahan: Mahasiswa diharapkan menjaga etika dan sopan santun selama perkuliahan berlangsung, baik secara luring maupun daring, Seperti yang tercantum pada kontrak perkuliahan
Terima kasih atas perhatian dan kerja sama semua mahasiswa.
Tim Dosen Pengampu,
-