Ringkasan topik

  • Teknologi Bangunan Bentang Lebar

    Deskripsi Singkat Mata Kuliah

    Teknologi Bangunan Bentang Lebar merupakan mata kuliah dalamProgram Studi Arsitektur Insitut Teknologi Indonesia yang mempelajari tentang struktur, konstruksidan teknologi yang ada pada pada bangunan bentang lebar.

    Bobot SKS

    Mata kuliah ini berbobot 2 SKS.

    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

    1. Menjelaskan pengertian bangunan bentang lebar, sejarah perkembangan dan prinsip perancangannya (CPL 3)
    2. Menjelaskan ranah kinerja bangunan (CPL 3)
    3. Menguraikan sistem pondasi dan lantai dasar (CPL 3, 13)
    4. Menguraikan ragam sistem struktur bangunan bentang lebar, konstruksi dan material struktur (CPL 3, 13)
    5. Menjelaskan metode membangun bangunan bentang lebar (CPL 3, 13)
    6. Mengaplikasikan rancangan bangunan bentang lebar secara holistik dan integratif (CPL 13)

          Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar (Sub-CPMK)

          1. Menjelaskan pengertian bangunan bentang lebar dan persyaratannya (CPMK 1)
          2. Menjelaskan prinsip perancangan bangunan bentang lebar (CPMK 1)
          3. Menjelaskan ranah kinerja bangunan dan kriteria keberhasilannya (CPMK 2)
          4. Menguraikan ragam sistem pondasi dan lantai dasar dan dasar pemilihannya (CPMK 3)
          5. Menguraikan ragam sistem struktur (bentuk aktif (form active systems), vektor aktif (vector active systems), potongan aktif (section active systems), permukaan aktif (surface active systems)), konstruksi, dan material, serta aplikasinya (CPMK 4)
          6. Mengaplikasikan teknik merancang struktur bentang lebar dan kinerja bangunan (CPMK 5)
          7. Menjelaskan metode membangun suatu proyek bangunan bentang lebar (CPMK 5)
          8. Mengaplikasikan rancangan bangunan bentang lebar (CPMK 6)

          Materi Pembelajaran
          1. Pengertian, sejarah perkembangan, dan sistem pada bangunan bentang lebar.
          2. Prinsip perancangan bangunan bentang lebar.
          3. Ranah kinerja bangunan: spasial, termal, kualitas udara, akustik, visual, dan integritas.
          4. Ragam sistem pondasi dan lantai.
          5. Ragam sistem struktur bentuk aktif (form active systems)
          6. Ragam sistem struktur sistem vektor aktif (vector active systems)
          7. Ragam sistem struktur potongan aktif (section active systems)
          8. Ragam sistem struktur permukaan aktif (surface active systems)
          9. Metode merancang bangunan bentang lebar dengan perangkat BIM sederhana.
          10. Metode membangun bangunan bentang lebar.
          Penilaian Perkuliahan

          Komposisi nilai perkuliahan: Kuis= 10%, Tugas individu  = 20%,  UTS = 30%, UAS = 40%.

          Pustaka Utama
          1. [1] Sandaker, Bjørn N., Arne P. Eggen, and Mark R. Cruvellier. The structural basis of architecture.Routledge, 2013. 2.
          2. [2] McMullin, Paul W., and Jonathan S. Price, eds. Introduction to Structures. Routledge, 2016. 3.
          3. [3] Darmawan, A M S. Struktur dan Sistem Bangunan Bentang Lebar: Jilid 1. 2020. Jakarta: PTKanisius.
          4. [4] Darmawan, A M S. Struktur dan Sistem Bangunan Bentang Lebar: Jilid 2. 2020. Jakarta: PTKanisius.
          5. [5] Engel, Heino. Tragsysteme: Structure systems. Deutsche Verlags-Anstalt, 1967. 6.
          6. [6] Ching, Francis DK, Barry S. Onouye, and Douglas Zuberbuhler. Building Structures Illustrated:Patterns, Systems, and Design. John Wiley & Sons, 2013.
          7. [7] Wilkinson, Chris. Supersheds: the architecture of long-span, large-volume buildings.Butterworth-Heinemann, 2013.
          8. [8] Ridzqo, I. F., & Dwiyanto, H. I. (2024). Revisiting Indonesia New Airport Buildings: towards Building Systems Integration. Sinektika: Jurnal Arsitektur, 69-78.

          Pustaka Pendukung
          1. [A] Lesson 2: Introduction to Long Span Building Structures. ARC 615: Advanced BuildingStructures. Department of Architecture Abubakar Tafawa Balewa University, Bauchi. 2.
          2. [B] Mircea Georgescu. Long Span Structures: Part 1. Lecture 18: 02/03/2017. European ErasmusMundus Master Course. 3.
          3. [C] Majowiecki, Massimo. Conceptual Design and Analysis of Long Span Structures. IUAVUniversity of Venice, Italy.
          4. [D] Dong, Shilin, Zhao Yang, and Dong Xing. Application and development of modern long-spanspace structures in China. Front. Struc. Civ. Eng 6 (3), pp 224 – 239. 2012. DOI 10.1007/s11709-012-0166-6.
          5. [E] Support and Connection Types. MIT.https://web.mit.edu/4.441/1_lectures/1_lecture13/1_lecture13.html
          6. [F] Crocetti, R. (2016, March). Large-span timber structures. In Proceedings of the World Congresson Civil, Structural, and Environmental Engineering (pp. 1-23).https://avestia.com/CSEE2016_Proceedings/files/paper/ICSENM/124.pdf 7.
          7. [G] Cement and Concrete Association of Australia. 2003. Guide to Long-Span Concrete Floors.
        1. 1. Pengantar Teknologi Bangunan Bentang Lebar

          Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar :

          CPMK 1. Mahasiswa mampu mengonsepkan lingkup bangunan bentang lebar berdasarkan literatur dan pengamatan perkembangan bangunan secara elaboratif (CPL 3, 13)

          1. Sub-CPMK 1. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian, perkembangan, fungsi, persyaratan dan anatomi bangunan bentang lebar berdasarkan literatur dan perkembangan bangunan bentang lebar yang valid, relevan dan bermutu (CPMK 1) (C2, A4, P4)
          Materi Pembelajaran dan Referensi :
          1. Pengertian bangunan bentang lebar ([3] Bab 1)
          2. Sejarah dan perkembangan bangunan bentang lebar ([3] Bab 1, [7] Bab 1, [D])
          3. Fungsi bangunan bentang lebar ([7], Bab 1)
          4. Anatomi struktur bangunan bentang lebar [6]
          5. Overview famili struktur bentang lebar dan perbedaannya ([1] Bab 1)

          Indikator Penilaian :
          1. Menyajikan pengertian dan lingkup bangunan bentang lebar yang diperoleh dari literatur dan media informasi lainnnya yang akuntabel secara sistematis dalam diagram

          2. Menjelaskan pengertian dan lingkup bangunan bentang lebar secara efektif dan komunikatif
          3. Meluaskan wawasan dengan cara mengaitkannya dengan perkembangan bangunan bentang lebar terkini
        2. 2. Integrasi Sistem dan Kinerja pada Bangunan Bentang Lebar

          Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar :

          CPMK 2. Mahasiswa mampu mengemukakan ranah kinerja bangunan serta dengan mencontohkan bangunan eksisting secara cermat (CPL 3, 13)

          1. Sub-CPMK 2. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian ranah kinerja bangunan berdasarkan literatur dan standar secara cermat (CPMK 2) (C2, A4, P4)
          2. Sub-CPMK 3. Mahasiswa mampu mencontohkan implementasi ranah kinerja bangunan pada bangunan bentang lebar eksisting secara cemat (CPMK 2) (C3, A4, P4)
          Materi Pembelajaran dan Referensi :
          1. Enam ranah kinerja bangunan [4]

          Indikator Penilaian :
          1. Menyajikan ranah kinerja bangunan yang diperoleh dari literatur dan media informasi lainnnya yang akuntabel secara sistematis dalam diagram
          2. Menjelaskan ranah kinerja bangunan secara efektif dan komunikatif
          3. Meluaskan wawasan dengan cara mengaitkannya dengan contoh bangunan eksisting
        3. 3. Sistem Struktur Bawah Bangunan Bentang Lebar

          Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar :

          CPMK 3. Mahasiswa mampu menguraikan ragam sistem struktur bawah bangunan bentang lebar serta dengan mencontohkan pada bangunan eksisting secara terstruktur (CPL 3, 13)

          1. Sub-CPMK 4. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian ragam sistem pondasi dan angkur (anchor) dan persyaratan penggunaannya secara cermat (CPMK 3) (C2, A4, P4)

          2. Sub-CPMK 5. Mahasiswa mampu mencontohkan implementasi ragam sistem pondasi dan angkur pada bangunan bentang lebar eksisting secara cermat (CPMK 3) (C3, A4, P4)
          Materi Pembelajaran dan Referensi :
          1. Syarat sistem sistem struktur bawah untuk bangunan bentang lebar
          2. Ragam sistem struktur bawah ([6] Bab 6)
          3. Jenis konstruksi sistem struktur bawah dan atas [E] [F]
          4. Sistem lantai bangunan bentang lebar [G]
          5. Metode membangun pondasi
          6. Material
          7. Referensi proyek

          Indikator Penilaian :
          1. Menyajikan penjelasan dasar pemilihan pondasi, ragam pondasi, material dan metode membangun secara sistematis dalam diagram
          2. Menjelaskan dasar pemilihan pondasi, ragam pondasi, material dan metode membangun secara efektif dan komunikatif

          3. Meluaskan wawasan dengan cara mengaitkannya dengan contoh bangunan eksisting atau proyek terbangun
        4. 4. Sistem Struktur Utama Bagian 1: Form Active

          Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar :

          CPMK 4. Mahasiswa mampu menguraikan ragam sistem struktur atas bangunan bentang lebar, konstruksi dan material struktur serta dengan mencontohkan pada bangunan eksisting secara terstruktur (CPL 3, 13)

          1. Sub-CPMK 6. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian ragam sistem struktur atas, konstruksi, material dan persyaratan penggunaannya secara cermat (CPMK 4) (C2, A4, P4)
          2. Sub-CPMK 7. Mahasiswa mampu mencontohkan implementasi ragam sistem struktur atas, konstruksi, material pada bangunan bentang lebar eksisting secara cermat (CPMK 4) (C3, A4, P4)
          Materi Pembelajaran dan Referensi :
          1. Pendahuluan dan ikhtisar (overview) sistem bentuk aktif (form active) [5] [3] [6]
          2. Prinsip sistem struktur bentuk aktif
          3. Ragam sistem struktur bentuk aktif: Arch structure, cable structure, tent structure, pneumatic structure
          4. Material
          5. Referensi proyek

          Indikator Penilaian :
          1. Menyajikan penjelasan ragam sistem bentuk aktif, konstruksi dan material secara sistematis dalam diagram
          2. Menjelaskan ragam sistem bentuk aktif, konstruksi dan material secara efektif dan komunikatif
          3. Meluaskan wawasan dengan cara mengaitkannya dengan contoh bangunan eksisting atau proyek terbangun
        5. 5. Sistem Struktur Utama Bagian 2: Vector Active

          Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar :

          CPMK 4. Mahasiswa mampu menguraikan ragam sistem struktur atas bangunan bentang lebar, konstruksi dan material struktur serta dengan mencontohkan pada bangunan eksisting secara terstruktur (CPL 3, 13)

          1. Sub-CPMK 6. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian ragam sistem struktur atas, konstruksi, material dan persyaratan penggunaannya secara cermat (CPMK 4) (C2, A4, P4)
          2. Sub-CPMK 7. Mahasiswa mampu mencontohkan implementasi ragam sistem struktur atas, konstruksi, material pada bangunan bentang lebar eksisting secara cermat (CPMK 4) (C3, A4, P4)
          Materi Pembelajaran dan Referensi :
          1. Pendahuluan dan ikhtisar (overview) sistem bentuk aktif (form active) [5] [3] [6]
          2. Prinsip sistem struktur bentuk aktif
          3. Ragam sistem struktur bentuk aktif: Arch structure, cable structure, tent structure, pneumatic structure
          4. Material
          5. Referensi proyek

          Indikator Penilaian :
          1. Menyajikan penjelasan ragam sistem bentuk aktif, konstruksi dan material secara sistematis dalam diagram
          2. Menjelaskan ragam sistem bentuk aktif, konstruksi dan material secara efektif dan komunikatif
          3. Meluaskan wawasan dengan cara mengaitkannya dengan contoh bangunan eksisting atau proyek terbangun
        6. 6. Sistem Struktur Utama Bagian 3: Section Active

          Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar :

          CPMK 4. Mahasiswa mampu menguraikan ragam sistem struktur atas bangunan bentang lebar, konstruksi dan material struktur serta dengan mencontohkan pada bangunan eksisting secara terstruktur (CPL 3, 13)

          1. Sub-CPMK 6. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian ragam sistem struktur atas, konstruksi, material dan persyaratan penggunaannya secara cermat (CPMK 4) (C2, A4, P4)
          2. Sub-CPMK 7. Mahasiswa mampu mencontohkan implementasi ragam sistem struktur atas, konstruksi, material pada bangunan bentang lebar eksisting secara cermat (CPMK 4) (C3, A4, P4)
          Materi Pembelajaran dan Referensi :
          1. Pendahuluan dan ikhtisar (overview) potongan aktif [5] [3] [6]
          2. Prinsip sistem struktur potongan aktif
          3. Ragam sistem struktur potongan aktif: Beam structure, frame structure, slab structure
          4. Material
          5. Referensi proyek

          Indikator Penilaian :
          1. Menyajikan penjelasan ragam sistem potongan aktif, konstruksi dan material secara sistematis dalam diagram
          2. Menjelaskan sistem potongan aktif, konstruksi dan material secara efektif dan komunikatif
          3. Meluaskan wawasan dengan cara mengaitkannya dengan contoh bangunan eksisting atau proyek terbangun
        7. 7. Sistem Struktur Utama Bagian 4: Surface Active

          Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar :

          CPMK 4. Mahasiswa mampu menguraikan ragam sistem struktur atas bangunan bentang lebar, konstruksi dan material struktur serta dengan mencontohkan pada bangunan eksisting secara terstruktur (CPL 3, 13)

          1. Sub-CPMK 6. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian ragam sistem struktur atas, konstruksi, material dan persyaratan penggunaannya secara cermat (CPMK 4) (C2, A4, P4)
          2. Sub-CPMK 7. Mahasiswa mampu mencontohkan implementasi ragam sistem struktur atas, konstruksi, material pada bangunan bentang lebar eksisting secara cermat (CPMK 4) (C3, A4, P4)
          Materi Pembelajaran dan Referensi :
          1. Pendahuluan dan ikhtisar (overview) permukaan aktif [5] [3] [6]
          2. Prinsip sistem struktur permukaan aktif
          3. Ragam sistem struktur permukaan aktif: Plate structure, folded structure, shell structure
          4. Material
          5. Referensi proyek

          Indikator Penilaian :
          1. Menyajikan penjelasan ragam sistem permukaan aktif, konstruksi dan material secara sistematis dalam diagram
          2. Menjelaskan sistem permukaan aktif, konstruksi dan material secara efektif dan komunikatif
          3. Meluaskan wawasan dengan cara mengaitkannya dengan contoh bangunan eksisting atau proyek terbangun
        8. 8. Metode Membangun Bangunan Bentang Lebar

          Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar :

          CPMK 5. Mahasiswa mampu menjelaskan metode membangun bangunan bentang lebar serta dengan mencontohkan pada bangunan eksisting secara sistematis.

          1. Sub-CPMK 8. Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai metode merancang, merakit dan membangun bangunan bentang lebar secara runut dan sistematis (CPMK 5) (C2, A4, P4)
          2. Sub-CPMK 9. Mahasiswa mampu menguraikan urutan membangun pada contoh bangunan bentang lebar eksisting secara cermat (CPMK 5) (C3, A4, P4)
          Materi Pembelajaran dan Referensi :
          1. Metode membangun bangunan bentang lebar satu lantai
          2. Metode membangun bentang lebar dua lantai

          Indikator Penilaian :
          1. Menyajikan metode membangun secara sistematis dalam diagram
          2. Menjelaskan metode membangun secara efektif dan komunikatif
          3. Meluaskan wawasan dengan cara mengaitkannya dengan contoh metode membangun bangunan eksisting atau proyek terbangun
        9. 9. Ujian Tengah Semester

          Separuh semester ini, Anda telah mempelajari Teknologi pada Bangunan Bentang Lebar, mulai dari Prinsip Perancangan Bangunan Bentang Lebar, Sistem Struktur Bawah dan Detailnya, Ragam Sistem Struktur Bentang Lebar, hingga Detail Konstruksi dan Material. Seluruh bahasan tersebut telah dibahas baik melalui file presentasi, literatur, dan video penjelasan, hingga telah Anda bahas melalui tugas yang diberikan pada setiap topiknya. Seluruh materi diharapkan dapat Anda benar-benar pahami. Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman dan eksplorasi Anda, melalui UTS ini, kini merupakan saatnya evaluasi pemahaman Anda terhadap seluruh topik secara komperehensif.

          SUBSTANSI UTS

          Secara individual, Anda diminta mengupas secara ringkas dan padat:

          1. Informasi umum bangunan
          2. Ide dan konsep bangunan oleh arsitek
          3. Prinsip perancangan bangunan bentang lebar
          4. Ranah kinerja bangunan sebanyak 6 ranah
          5. Sistem struktur bawah, detail konstruksi dan material
          6. Sistem struktur atas, penutup atap detail konstruksi dan material
          7. Penyaluran beban pada struktur atas menuju struktur bawah hingga tanah

          sebuah bangunan bentang lebar dengan cara menggambarkannya dalam 2 lembar kertas A3. Cara penggambaran ialah:

          • Membuat anatomi sistem struktur dan mengupas (break down) setiap komponen pada suatu bangunan bentang lebar
          • Membuat keterangan identitas dasar proyek: nama bangunan, arsitek, pemilik, tahun dibangun, dsb.
          • Membuat keterangan terhadap setiap komponen baik berupa tulisan maupun sketsa detail
          • Menjelaskan prinsip perancangan sesuai dengan poin 1-7

          OBYEK BANGUNAN BENTANG LEBAR

          Obyek bangunan yang akan diulas pada periode semester Ganjil tahun ajaran 2024-2025 adalah Stasiun MRT Blok M. Obyek ini berlaku untuk seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini.

          FORMAT TUGAS
          1. POSTER A3. Kertas yang digunakan adalah kertas A3 dengan orientasi lanskap dan jumlah kertas 2 lembar. Penggambaran dilakukan dengan sketsa dan tulisan tangan. Alat tulis yang digunakan berupa drawing pen, pensil warna, atau spidol. Tidak diizinkan menggunakan pensil untuk pengumpulan karena kontras warna yang tidak jelas terlihat saat difoto--saat mengerjakan sketsa tetap diperbolehkan. Tugas ini dibuat layaknya Anda membuat poster.
          2. VIDEO PENJELASAN. Video ini berupa video penjelasan Anda terhadap poster yang telah Anda buat. Video berdurasi maksimum 180 detik (video yang lebih dari durasi yang diberikan akan didiskualifikasi dan tidak dinilai). Dalam video, Anda merekam diri Anda sedang menjelaskan kedua lembar poster. Video harus jelas dan terang pencahayaannya. Anda dapat mengedit video secukupnya, tidak perlu berlebihan. Berikan pula logo perguruan tinggi Anda di sebelah kanan atas video.

           

          INDIKATOR PENILAIAN

          Indikator penilaian dari kedua produk yaitu:

          1. Kemampuan memilih data observasi yang tepat 30% (kelengkapan data dan pencantuman sumber data yang kredibel)
          2. Penguasaan materi 40%
          3. Keterampilan menyajikan data 30% (teknik menggambar yang rapi, jelas, dan informatif serta penguasaan materi yang tercermin dari presentasi video yang jelas dan informatif)

           

          TEKNIS PENGUMPULAN

          Poster hasil pengerjaan difoto dengan jelas dan pencahayaan yang terang. Jika diperlukan, Anda dapat mengedit foto terlebih dahulu untuk memperbaiki kualitas gambar foto. File yang dikumpulkan berupa JPEG sebanyak 2 buah.

          Sedangkan untuk video, Anda juga diperkenankan untuk mengedit kualitas video. Video diunggah melalui Spada.

          JADWAL PENGERJAAN
          • Penyampaian ketentuan dan obyek UTS oleh dosen melalui sce.iti.ac.id (1 hari)
          • Riset oleh masing-masing individu mahasiswa; serta pengerjaan proyek UTS (5 hari)
          • Batas akhir pengumpulan berlaku cut-off sehingga tidak dapat mengumpulkan lebih dari jam yang tertera (1 hari)
          Selamat bekerja! Lakukan yang terbaik untuk diri Anda!
        10. 10. Self-guided Excursion: Mengamati Perkembangan Bangunan Bentang Lebar di Kota

          Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar :
          1. CPMK 1: Menjelaskan pengertian bangunan bentang lebar, sejarah perkembangan dan prinsip perancangannya (CPL 3)
          2. CPMK 2: Menjelaskan ranah kinerja bangunan (CPL 3)
          3. CPMK 3: Menguraikan sistem pondasi dan lantai dasar (CPL 3, 13)
          4. CPMK 4: Menguraikan ragam sistem struktur bangunan bentang lebar, konstruksi dan material struktur (CPL 3, 13)
          5. CPMK 5: Menjelaskan metode membangun bangunan bentang lebar (CPL 3, 13)
          6. CPMK 6: Mengaplikasikan rancangan bangunan bentang lebar secara holistik dan integratif (CPL 13)
          Materi Pembelajaran dan Referensi :
          1. Informasi umum bangunan
          2. Implementasi ranah kinerja bangunan
          3. Struktur bawah
          4. Struktur atas
          5. Detail konstruksi
          6. Material
          7. Metode membangun

          Indikator Penilaian :
          1. Menyajikan data dan informasi bangunan (poin 1-7) yang ada di sekitar secara sistematis dalam diagram

          2. Menjelaskan obyek bangunan bentang lebar secara efektif dan komunikatif
          3. Meluaskan wawasan dengan cara mengaitkannya dengan perkembangan bangunan bentang lebar terkini di dunia
        11. 11. Proyek Tugas Besar - Progres 1 : Ide dan Konsep

          Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar :

          CPMK 6. Mahasiswa mampu merancang rancangan bangunan bentang lebar dengan fungsi ruang atau bangunan spesifik secara komperehensif (CPL 13)

          1. Sub-CPMK 10. Mahasiswa mampu merencanakan dan merancang bangunan bentang lebar dengan fungsi ruang atau bangunan spesifik melalui tahapan rancangan yang komperehensif (CPMK 6) (C6)
          2. Sub-CPMK 11. Mahasiswa mampu bertindak sesuai peran dalam tahapan perencanaan, perancangan dan implementasi bangunan bentang lebar (CPMK 6) (A4, P6)
          Materi Pembelajaran dan Referensi :
          • Penjelasan TOR proyek tugas besar yang kontekstual dan tematik
          • Tugas besar merupakan project based learning
          • Progres 1: Mengeksplorasi ide dan konsep suatu rancangan bangunan bentang lebar

          Indikator Penilaian :
          1. Membuat ide dan konsep rancangan bangunan bentang lebar secara eksploratif dan lengkap (sesuai dengan topik pembelajaran yang telah dilalui)

        12. 12. Proyek Tugas Besar - Progres 2 : Pra-rancangan (Preliminary Design)

          Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar :

          CPMK 6. Mahasiswa mampu merancang rancangan bangunan bentang lebar dengan fungsi ruang atau bangunan spesifik secara komperehensif (CPL 13)

          1. Sub-CPMK 10. Mahasiswa mampu merencanakan dan merancang bangunan bentang lebar dengan fungsi ruang atau bangunan spesifik melalui tahapan rancangan yang komperehensif (CPMK 6) (C6)
          2. Sub-CPMK 11. Mahasiswa mampu bertindak sesuai peran dalam tahapan perencanaan, perancangan dan implementasi bangunan bentang lebar (CPMK 6) (A4, P6)
          3. Sub-CPMK 12. Mahasiswa mampu menghasilkan rancangan bangunan bentang lebar menggunakan perangkat BIM sederhana secara detail dan terukur (CPMK 6) (P6)
          Materi Pembelajaran dan Referensi :
          • Penjelasan TOR proyek tugas besar yang kontekstual dan tematik
          • Tugas besar merupakan project based learning
          • Progres 2: Mentransformasi ide dan konsep menjadi gambar pra-rancangan. Membuat desain skematik sistem struktur secara digital.

          Indikator Penilaian :
          1. Mentransformasi ide dan konsep rancangan bangunan bentang lebar secara eksploratif menjadi gambar pra-rancangan (denah, tampak, potongan)

        13. 13. Proyek Tugas Besar - Progres 3 : Pengembangan Rancangan (Design Development)

          Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar :

          CPMK 6. Mahasiswa mampu merancang rancangan bangunan bentang lebar dengan fungsi ruang atau bangunan spesifik secara komperehensif (CPL 13)

          1. Sub-CPMK 10. Mahasiswa mampu merencanakan dan merancang bangunan bentang lebar dengan fungsi ruang atau bangunan spesifik melalui tahapan rancangan yang komperehensif (CPMK 6) (C6)
          2. Sub-CPMK 11. Mahasiswa mampu bertindak sesuai peran dalam tahapan perencanaan, perancangan dan implementasi bangunan bentang lebar (CPMK 6) (A4, P6)
          3. Sub-CPMK 12. Mahasiswa mampu menghasilkan rancangan bangunan bentang lebar menggunakan perangkat BIM sederhana secara detail dan terukur (CPMK 6) (P6)
          Materi Pembelajaran dan Referensi :
          • Penjelasan TOR proyek tugas besar yang kontekstual dan tematik
          • Tugas besar merupakan project based learning
          • Progres 3: Mengembangkan detail rancangan secara tiga dimensional

          Indikator Penilaian :
          1. Mengembangkan rancangan awal menjadi logis dan eksploratif

        14. 14. Proyek Tugas Besar - Progres 4 : Maket

          Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar :

          CPMK 6. Mahasiswa mampu merancang rancangan bangunan bentang lebar dengan fungsi ruang atau bangunan spesifik secara komperehensif (CPL 13)

          1. Sub-CPMK 10. Mahasiswa mampu merencanakan dan merancang bangunan bentang lebar dengan fungsi ruang atau bangunan spesifik melalui tahapan rancangan yang komperehensif (CPMK 6) (C6)
          2. Sub-CPMK 11. Mahasiswa mampu bertindak sesuai peran dalam tahapan perencanaan, perancangan dan implementasi bangunan bentang lebar (CPMK 6) (A4, P6)
          3. Sub-CPMK 12. Mahasiswa mampu menghasilkan rancangan bangunan bentang lebar menggunakan perangkat BIM sederhana secara detail dan terukur (CPMK 6) (P6)
          4. Sub-CPMK 13. Mahasiswa mampu memproduksi hasil rancangan dalam bentuk model yang dapat dibangun dan disusun dan mengomunikasikannya secara efektif dan terstruktur (CPMK 6) (C6, A5, P5)
          Materi Pembelajaran dan Referensi :
          • Tugas besar merupakan project based learning
          • Progres 4: Finalisasi rancangan dan pencetakan material

          Indikator Penilaian :
          1. Menghasilkan rancangan yang final dan pencetakan material untuk dibuat menjadi maket

        15. 15. Proyek Tugas Besar - Progres 5 : Penyiapan Penyajian

          Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar :

          CPMK 6. Mahasiswa mampu merancang rancangan bangunan bentang lebar dengan fungsi ruang atau bangunan spesifik secara komperehensif (CPL 13)

          1. Sub-CPMK 10. Mahasiswa mampu merencanakan dan merancang bangunan bentang lebar dengan fungsi ruang atau bangunan spesifik melalui tahapan rancangan yang komperehensif (CPMK 6) (C6)
          2. Sub-CPMK 11. Mahasiswa mampu bertindak sesuai peran dalam tahapan perencanaan, perancangan dan implementasi bangunan bentang lebar (CPMK 6) (A4, P6)
          3. Sub-CPMK 12. Mahasiswa mampu menghasilkan rancangan bangunan bentang lebar menggunakan perangkat BIM sederhana secara detail dan terukur (CPMK 6) (P6)
          4. Sub-CPMK 13. Mahasiswa mampu memproduksi hasil rancangan dalam bentuk model yang dapat dibangun dan disusun dan mengomunikasikannya secara efektif dan terstruktur (CPMK 6) (C6, A5, P5)
          Materi Pembelajaran dan Referensi :
          • Tugas besar merupakan project based learning
          • Progres 5: Penyiapan Penyajian

          Indikator Penilaian :
          1. Menghasilkan sajian akhir dari rancangan bangunan bentang lebar

        16. Topik ini