Ringkasan topik

  • Pengantar Perkuliahan

    Halo adik-adik mahasiswa baru angkatan 2024 Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan UNM! 🎉


    Selamat datang di dunia perkuliahan yang seru nan penuh petualangan, dan tentunya, selamat bergabung di mata kuliah Bimbingan dan Konseling di SD! 🌟 Di sini, kita bakal kupas tuntas gimana caranya jadi sahabat terbaik buat siswa-siswa kita nantinya di SD, bukan cuma sebagai guru tapi juga sebagai pembimbing yang siap bantu mereka tumbuh dan berkembang dengan penuh percaya diri.


    Dalam mata kuliah ini, kita nggak cuma duduk diam dengar teori. Ada banyak kegiatan seru menunggu, mulai dari kasus-kasus yang harus kalian pecahkan, diskusi seru bareng teman-teman, kuis menantang, tugas kreatif, bahan ajar menarik, sampai video-video yang bikin belajar jadi lebih asyik.


    Jadi, siapkan diri kalian buat eksplorasi lebih dalam soal dunia anak-anak, karena di kelas ini, kita bakal belajar banyak hal yang bikin kalian siap jadi guru yang asyik dan inspiratif!

    Pribahasa mengatakan tak kenal maka taaruf. Biar lebih seru, yuks kenalan dulu dengan dosen pengampu mata kuliah ini....



    Let's make this journey epic, guys! 🚀🔥

  • 1. Konsep Dasar BK di SD


    Selamat datang di Perkuliahan Mata Kuliah Bimbingan dan Konseling di SD!

    Halo adik-adik mahasiswa PGSD FIP UNM, selamat datang di perkuliahan daring di LMS Syam-OK kita pada topik pertama ini! 

    Pada pertemuan awal ini, kita akan memulai dengan membahas Konsep dasar dan hakikat bimbingan dan konseling di Sekolah Dasar. Topik ini sangat penting karena menjadi landasan utama bagi kalian dalam memahami peran dan fungsi bimbingan konseling dalam lingkungan pendidikan, khususnya di tingkat SD.

    Adapun capaian pembelajaran yang diharapkan dari perkuliahan ini adalah bahwa kalian mampu menganalisis dan mengevaluasi konsep dasar serta hakikat bimbingan konseling di SD. Lebih dari itu, kalian juga diharapkan mampu menerapkan pemahaman tersebut dalam konteks pembelajaran dan situasi nyata di sekolah. Ini mencakup bagaimana kalian dapat merancang, mengimplementasikan, serta mengevaluasi program bimbingan dan konseling yang relevan dengan kebutuhan siswa SD.

    Ada berbagai kegiatan pembelajaran yang harus kalian lakukan di mata kuliah ini ya. Pastikan kalian mengerjakan semua aktivitas di LMS. Adapun aktivitas pembelajaran tersebut meliputi

    • Membaca dan memahami bahan ajar
    • Menonton video
    • Mendiskusikan topik pembelajaran di Forum Diskusi
    • Mengerjakan Refleksi Pembelajaran
    • Mengupload tugas. 

    Kerjakan semua aktivitas pembelajaran ini secara runtut ya, selesaikan dari awal baru kalian dapat membuka kegiatan selanjutnya.

    Pastikan kalian mengikuti seluruh kegiatan dengan aktif dan sungguh-sungguh, karena pemahaman yang baik pada topik ini akan menjadi dasar yang kuat bagi topik-topik selanjutnya. Mari kita mulai perjalanan kita dalam memahami bimbingan dan konseling di sekolah dasar ini dengan penuh semangat!

    Perlu kalian pahami bahwa pada kelas mata kuliah ini, ada beberapa fitur yang kami aktivkan, yaitu:

    FITUR PROGRESS BARR: untuk mengetahui persentase ketuntasan kalian mengerjakan semua kegiatan

    FITUR LEVEL UP:  untuk melihat sejauh mana Anda bersungguh-sungguh mengerjakan aktivitas. 

    Mahasiswa dapat dikatakan tuntas dalam mengerjakan kegiatan di kelas online ini jika Progress Barr 100%, dan berada di Level minimal 10.

    Selamat belajar dan semoga sukses!


    ---


    Jika ada pertanyaan atau kesulitan, jangan ragu untuk menghubungi kami, dosen pengampu mata kuliah..

    • Quiz 1. Konsep Dasar BK di SD Halaman
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas (Aktivitas tidak ada) ditandai selesai
    • Tugas: Pertemuan 1 Penugasan
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Quiz 1. Konsep Dasar BK di SD ditandai selesai
  • 2. Mini Research Layanan BK di SD (Team Based Project)


    Halo Mahasiswa PGSD FIP UNM! Selamat datang di perkuliahan daring kita yang kali ini akan membahas tentang Mini Research tentang Kasus-Kasus Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Penelitian kecil ini dirancang untuk memberikan kalian pengalaman langsung dalam mengidentifikasi dan menganalisis berbagai permasalahan yang terjadi di lapangan terkait layanan bimbingan dan konseling di SD.

    Pada pertemuan ini, kalian akan mempelajari bagaimana metode penelitian kualitatif dapat digunakan untuk menggali informasi penting mengenai tantangan dan penanganan kasus-kasus BK di sekolah dasar. Kalian akan melakukan wawancara, observasi, serta menganalisis data yang kalian kumpulkan untuk kemudian menyusun rekomendasi perbaikan yang dapat membantu meningkatkan kualitas layanan BK di SD.

    Capaian Pembelajaran dari topik ini adalah kalian mampu mengidentifikasi berbagai kasus BK yang terjadi di sekolah dasar dan menyusun rekomendasi praktis yang dapat diterapkan untuk memperbaiki layanan tersebut. Pengalaman ini juga akan membantu kalian mengembangkan keterampilan penelitian yang kritis dan aplikatif.

    Dalam LMS, kalian akan menemukan materi pendukung, panduan pelaksanaan penelitian, dan forum diskusi di mana kalian bisa berbagi perkembangan dan tantangan yang kalian hadapi selama proses penelitian. Pastikan kalian mengikuti setiap tahap dengan seksama dan berpartisipasi aktif dalam diskusi. 

    Mari kita mulai perjalanan penelitian ini dengan semangat eksplorasi dan keinginan untuk berkontribusi dalam dunia pendidikan dasar. Selamat belajar dan meneliti!

    • Format Laporan Miniresearch Berkas
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Tugas: Pertemuan 1 ditandai selesai
    • Forum Diskusi: Pertemuan 2
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Format Laporan Miniresearch ditandai selesai
  • 3. Prinsip, Asas, Bidang Layanan, dan Peran Guru dalam BK (Case Method)


    Selamat datang kembali di perkuliahan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar! Pada sesi kali ini, kita akan membahas Prinsip, Asas, Layanan, dan Peran Guru dalam Bimbingan dan Konseling. Materi ini sangat penting karena akan menjadi dasar bagi kalian untuk memahami bagaimana seorang guru dapat berperan secara efektif dalam mendukung perkembangan siswa di sekolah dasar.

    Apa yang Akan Kita Pelajari?

    1. Prinsip-Prinsip Bimbingan dan Konseling di SD: Memahami dasar-dasar yang menjadi landasan pelaksanaan bimbingan dan konseling.
    2. Asas-Asas BK di SD: Menyelami nilai-nilai yang harus dipegang teguh dalam memberikan layanan bimbingan kepada siswa.
    3. Layanan-Layanan BK: Menjelaskan berbagai bentuk layanan yang dapat diberikan di SD, seperti layanan pengembangan, preventif, kuratif, dan layanan lain yang relevan.
    4. Peran Guru: Mengidentifikasi peran guru dalam pelaksanaan BK dan bagaimana mereka dapat mendukung siswa melalui pendekatan yang sesuai.

    Metode Pembelajaran

    Kita akan menggunakan Case Method sebagai pendekatan utama dalam mempelajari materi ini. Melalui kasus-kasus nyata, Anda akan diajak untuk menganalisis dan menerapkan prinsip-prinsip serta asas-asas BK dalam situasi yang sesungguhnya. Anda juga akan belajar bagaimana peran guru dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa di berbagai situasi.

    Dalam perkuliahan ini, kalian akan disajikan beberapa kasus yang harus kalian selesaikan. Dalam menganalisis studi kasus ini kalian diperkenankan untuk berdiskusi dengan teman kalian. Analisislah secara kritis dengan dukungan pemahaman konsep yang memadai. Anda diperbolehkan untuk menggunakan bantuan Artificial Intelegence (AI) dalam menyelesaikan setiap tugas. Namun ingat, bukan hanya sekadar copy paste, tapi gunakan secara bijak. Gunakan AI sebagai asisten belajar kalian, jadikan jawaban yang diberikan oleh AI sebagai penuntun kalian atau sebatas pemberian saran ide saja.

    Untuk tugas penyelesaian kasus yang diberikan harus disertai dengan bukti bahwa hasil kerja kalian bebas dari plagiasi maupun bebas dari AI checker. 

    Kami berharap melalui pembelajaran ini, Anda dapat mengembangkan pemahaman yang mendalam tentang peran penting guru dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah dasar. Mari manfaatkan kesempatan ini untuk belajar secara aktif, berbagi pemikiran, dan meningkatkan keterampilan analitis Anda melalui diskusi kasus nyata.

    Selamat belajar!

    • Kasus Prinsip, Asas, Layanan, dan Peran Guru dalam BK Halaman
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Tugas: Pertemuan 2 ditandai selesai
    • Video Prinsip, Asas dan Peranan Guru dalam Pelayanan BK Halaman
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Kasus Prinsip, Asas, Layanan, dan Peran Guru dalam BK ditandai selesai
    • MATERI PERTEMUAN 3 Berkas
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Video Prinsip, Asas dan Peranan Guru dalam Pelayanan BK ditandai selesai
    • Diskusi Pertemuan 3 Forum
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas MATERI PERTEMUAN 3 ditandai selesai
    • Tugas: Pertemuan 3 Penugasan
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas (Aktivitas tidak ada) ditandai selesai
  • 4. Integrasi & Pengembangan Prilaku Baru (Prompt, Shaping, Chaining) BK di SD


    Halo, Mahasiswa PGSD yang luar biasa!

    Selamat berjumpa kembali di perkuliahan yang akan membekali kalian dengan keterampilan dan pengetahuan untuk menjadi pendidik yang tidak hanya mengajar, tetapi juga mampu memberikan bimbingan yang berarti bagi siswa di sekolah dasar. Pada pertemuan ini akan menjadi pintu bagi kalian untuk memahami pentingnya integrasi layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah, serta bagaimana kalian dapat berperan dalam mengembangkan layanan yang responsif dan inovatif.

    Mengapa ini penting?

    Sebagai calon pendidik, kalian tidak hanya bertugas mengajarkan materi akademik, tetapi juga menjadi pemandu yang membantu siswa mengatasi berbagai tantangan yang mereka hadapi, baik secara akademik, sosial, maupun emosional. Dalam dunia pendidikan yang terus berkembang, peran seorang guru juga mencakup bimbingan yang membantu siswa menemukan potensi diri mereka. Oleh karena itu, kemampuan untuk menganalisis, mengevaluasi, dan merancang layanan Bimbingan dan Konseling akan menjadi bekal penting yang mendukung peran profesional kalian di masa depan.

    Tujuan perkuliahan ini adalah:

    1. Menganalisis dan mengkaji secara kritis wilayah integrasi Bimbingan dan Konseling di SD.

    2. Mengevaluasi peran dan tugas personel sekolah dalam pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di SD.

    3. Merancang dan mengembangkan model layanan Bimbingan dan Konseling Terintegrasi di SD yang responsif terhadap kebutuhan siswa serta perubahan lingkungan pendidikan.

    4. Menjelaskan dan mempraktikkan pengembangan perilaku baru melalui teknik *prompt*, *shaping*, dan *chaining* dengan tepat.


    Setiap langkah dalam perkuliahan ini dirancang untuk membantu kalian berpikir lebih dalam, melihat dari berbagai sudut pandang, dan menghasilkan solusi kreatif yang dapat diterapkan di sekolah dasar. Jangan takut untuk berpikir kritis, untuk menantang status quo, dan untuk menciptakan perubahan positif!


    Quotes untuk memotivasi perjalanan kalian:

    _"Education is not the learning of facts, but the training of the mind to think." – Albert Einstein_

    _"The future belongs to those who believe in the beauty of their dreams." – Eleanor Roosevelt_

    _"Jika kamu ingin menginspirasi perubahan, jadilah perubahan itu sendiri." – Anonim_


    Dengan dedikasi dan komitmen yang kuat, saya percaya kalian akan mampu menguasai materi ini dengan baik, tidak hanya untuk kepentingan akademik, tetapi juga untuk masa depan siswa-siswa yang kelak akan kalian bimbing.

    Selamat belajar, dan mari kita mulai perjalanan ini dengan semangat untuk terus berkembang!

    • Video 4.1_Integrasi BK di SD Halaman
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Tugas: Pertemuan 3 ditandai selesai
    • Bahan Tayang 4_Integrasi BK di SD Berkas
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Video 4.1_Integrasi BK di SD ditandai selesai
    • Forum Diskusi 4.1
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Bahan Tayang 4_Integrasi BK di SD ditandai selesai
    • Video Pembelajaran 4.2: Pengantar Modifikasi Perilaku Halaman
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas (Aktivitas tidak ada) ditandai selesai
    • Video Pembelajaran 4.3: Modifikasi Perilaku : Shaping Halaman
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas (Aktivitas tidak ada) ditandai selesai
    • Video Pembelajaran 4.4: Modifikasi Perilaku : Attending dalam Konseling Halaman
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas (Aktivitas tidak ada) ditandai selesai
    • Bahan Ajar 4.1: Prompt, Shaping, Chaining Halaman
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Video Pembelajaran 4.2: Pengantar Modifikasi Perilaku ditandai selesai
    • Bahan Ajar 4.2: Prompt Halaman
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Bahan Ajar 4.1: Prompt, Shaping, Chaining ditandai selesai
    • PENGEMBANGAN TINGKAH LAKU BARU: PROMPT,SHAPING DAN CHAINING Berkas
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Bahan Ajar 4.2: Prompt ditandai selesai
    • Forum Diskusi 4.2
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas PENGEMBANGAN TINGKAH LAKU BARU: PROMPT,SHAPING DAN CHAINING ditandai selesai
    • Tugas: Pertemuan 4 Penugasan
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Quiz 4: Integrasi & Pengembangan Prilaku Baru (Prompt, Shaping, Chaining) BK di SD ditandai selesai
  • 5. Proses dan Tahap BK Kelompok (Case Method)


    Selamat datang dalam perkuliahan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Pada mata kuliah ini, kita akan membahas berbagai aspek terkait layanan bimbingan dan konseling yang dapat diterapkan di sekolah dasar, dengan fokus utama pada Proses dan Tahap Bimbingan Kelompok (BK).

    Dalam pendidikan dasar, peran guru tidak hanya sebatas mengajar materi akademik, tetapi juga mencakup pembinaan karakter dan pengembangan soft skills siswa. Salah satu pendekatan yang efektif untuk mendukung aspek ini adalah melalui bimbingan kelompok. BK kelompok memberikan ruang bagi siswa untuk saling berbagi, bekerja sama, dan belajar dalam situasi yang mendukung pertumbuhan emosional dan sosial mereka.

    Pada sesi ini, kita akan mempelajari beberapa hal penting terkait BK kelompok, yaitu:

    1. Pengertian BK Kelompok: Definisi dan konsep dasar tentang apa itu bimbingan kelompok serta peranannya dalam mendukung perkembangan siswa di sekolah dasar.
    2. Proses Bimbingan Kelompok: Tahapan-tahapan yang dilalui dalam pelaksanaan bimbingan kelompok, mulai dari persiapan hingga pelaksanaan, serta bagaimana interaksi antara siswa dapat difasilitasi secara efektif.
    3. Tahap BK Kelompok di SD: Pengkajian lebih mendalam tentang bagaimana tahapan tersebut disesuaikan dengan karakteristik siswa sekolah dasar, mulai dari tahap pembentukan kelompok, perkenalan, eksplorasi, hingga evaluasi akhir.
    4. Peran Guru dalam BK Kelompok: Mengidentifikasi peran aktif guru sebagai fasilitator dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, serta tantangan yang mungkin muncul dalam pelaksanaan bimbingan kelompok.
    5. Penerapan BK Kelompok di SD: Diskusi mengenai contoh-contoh praktis dan strategi yang dapat digunakan oleh guru dalam menerapkan bimbingan kelompok di kelas, dengan mempertimbangkan kebutuhan spesifik siswa sekolah dasar.

    Melalui perkuliahan ini, Anda diharapkan dapat memahami pentingnya bimbingan kelompok dalam pendidikan dasar serta mampu merancang dan mengimplementasikan layanan BK kelompok yang sesuai dengan kebutuhan siswa SD.

    Selamat belajar dan berdiskusi!


    • Tugas: Pertemuan 5 Penugasan
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas (Aktivitas tidak ada) ditandai selesai
  • 6. Pembelajaran Sosial dan Emosional (Social Emotional Learning/SEL) dalam Layanan BK


    Selamat datang di pertemuan kita hari ini! Saya sangat senang bisa berbagi tentang topik yang penting dan menarik, yaitu Pembelajaran Sosial dan Emosional (Social Emotional Learning/SEL) dalam layanan Bimbingan dan Konseling (BK). Hari ini kita akan membahas bagaimana keterampilan sosial dan emosional dapat memberikan dampak besar pada keberhasilan akademik dan kesejahteraan siswa di sekolah dasar. Sebagai calon guru, kalian tidak hanya akan mengajarkan mata pelajaran akademik, tetapi juga membantu siswa mengembangkan kemampuan sosial dan emosional yang penting untuk kehidupan mereka di masa depan.

    Kalian pasti pernah mendengar istilah kesadaran diri, manajemen emosi, atau kemampuan bekerja sama. Namun, bagaimana kita bisa mengajarkan semua ini secara efektif di kelas? Bagaimana layanan BK bisa membantu dalam proses ini? Itulah yang akan kita eksplorasi bersama hari ini.

    Kegiatan Pembelajaran

    Untuk mencapai tujuan pembelajaran kita, saya sudah menyiapkan beberapa kegiatan interaktif. Setiap kegiatan dirancang agar kalian tidak hanya belajar teori, tetapi juga terlibat langsung dalam simulasi, diskusi, dan kuis untuk memastikan pemahaman kalian semakin kuat.

    - Menonton Video: Kita akan mulai dengan menonton sebuah video yang menjelaskan tentang pentingnya Pembelajaran Sosial dan Emosional (SEL) di sekolah dasar.

    - Membaca Materi: Setelah itu, kalian akan membaca materi tayang yang sudah saya siapkan, di mana kita akan menggali lebih dalam teori dan pendekatan SEL yang relevan untuk sekolah dasar.

    - Diskusi Kelompok di Forum: Setelah membaca materi, kita akan berdiskusi dalam forum. Ini kesempatan untuk berbagi pandangan, bertanya, dan memahami lebih jauh bagaimana SEL bisa diterapkan di dalam layanan BK.

    - Kuis: Akhirnya, kita akan mengadakan kuis untuk menguji pemahaman kalian tentang teori dan konsep yang telah dipelajari.

     

    Jangan khawatir, kegiatan ini disusun agar kita bisa belajar dengan cara yang menyenangkan dan efektif. Saya harap kalian bisa terlibat aktif, karena pembelajaran ini bukan hanya soal menghafal teori, tetapi juga bagaimana kita bisa merancang program layanan BK yang benar-benar bermanfaat bagi siswa.

     Quotes Inspiratif:

     _"Pendidikan bukan hanya soal mengajarkan ilmu pengetahuan, tapi juga membantu siswa menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri." – Anonim_

     

    Ingatlah, sebagai calon guru SD, kalian akan menjadi pengarah, pembimbing, dan teman bagi siswa dalam setiap perjalanan belajar mereka. Apa yang kalian pelajari hari ini bukan hanya untuk nilai akademik, tetapi untuk membantu kalian menjadi guru yang lebih humanis dan peduli pada kebutuhan sosial-emosional siswa.

    Mari kita mulai perjalanan pembelajaran ini bersama-sama, semoga bermanfaat dan penuh semangat! 💡

    • Bahan Ajar 6. SEL dalam Layanan BK Halaman
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Tugas: Pertemuan 5 ditandai selesai
    • Video 6. Pembelajaran Sosial Emosional Halaman
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Bahan Ajar 6. SEL dalam Layanan BK ditandai selesai
    • Latihan Soal 6 Kuis
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Forum Diskusi: Pertemuan 6 ditandai selesai
  • 7. BK untuk Masalah Belajar & Masalah Perilaku (Case Method)


    Selamat datang kembali di perkuliahan BK untuk Masalah Belajar & Masalah Perilaku! Di sini, kita akan menjelajahi dunia yang penuh warna dan tantangan dalam dunia pendidikan. Setiap siswa memiliki perjalanan uniknya masing-masing, dan terkadang mereka menghadapi rintangan yang memengaruhi proses belajar dan perilaku mereka.

    Dalam perkuliahan ini, kita tidak hanya akan menganalisis teori-teori yang ada, tetapi juga berbagi pengalaman, bertukar pikiran, dan mencari solusi kreatif untuk membantu siswa kita. Mari kita bersama-sama menciptakan lingkungan belajar yang positif dan mendukung, di mana setiap siswa merasa diterima dan diberdayakan untuk tumbuh.

    Kita akan melakukan berbagai aktivitas menarik, seperti diskusi kelompok, studi kasus, dan simulasi. Ingat, di dunia pendidikan, kita adalah agen perubahan! Jadi, siapkan semangatmu dan mari kita bersenang-senang sambil belajar.

    "Setiap tantangan adalah peluang untuk belajar dan tumbuh." Mari kita jadikan setiap momen dalam perkuliahan ini sebagai kesempatan untuk berinovasi dan memberi dampak positif bagi siswa kita.

    Selamat belajar dan semoga perkuliahan ini memberi inspirasi dan wawasan baru bagi kalian semua!


    • Studi Kasus 7 Halaman
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Latihan Soal 6 ditandai selesai
    • Bahan Ajar 7.1. Bimbingan Anak Cerdas Berbakat & Lambat Belajar Halaman
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Studi Kasus 7 ditandai selesai
    • Bahan Ajar 7.2: Bimbingan Anak Bermasalah Belajar Halaman
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Bahan Ajar 7.1. Bimbingan Anak Cerdas Berbakat & Lambat Belajar ditandai selesai
    • Bahan Ajar 7.3: Bimbingan Anak Berperilaku Masalah Halaman
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Bahan Ajar 7.2: Bimbingan Anak Bermasalah Belajar ditandai selesai
    • Bahan Ajar 7.4: Teknik Memahami Anak Halaman
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Bahan Ajar 7.3: Bimbingan Anak Berperilaku Masalah ditandai selesai
    • Bahan Tayang 7. Bimbingan Anak yang Berperilaku Masalah Berkas
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Bahan Ajar 7.1. Bimbingan Anak Cerdas Berbakat & Lambat Belajar ditandai selesai
    • Video Pembelajaran 7.1: Masalah Siswa di Sekolah Halaman
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Bahan Tayang 7. Bimbingan Anak yang Berperilaku Masalah ditandai selesai
    • Video Pembelajaran 7.2: Mekanisme Penanganan Peserta Didik Bermasalah di Sekolah Halaman
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Video Pembelajaran 7.1: Masalah Siswa di Sekolah ditandai selesai
    • Video 7.3: Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Halaman
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Video Pembelajaran 7.2: Mekanisme Penanganan Peserta Didik Bermasalah di Sekolah ditandai selesai
    • Video 7.4: Sebab-Sebab Kesulitan Belajar dan Cara Mengatasinya Halaman
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Video 7.3: Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa ditandai selesai
    • Forum Diskusi 7
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Video 7.4: Sebab-Sebab Kesulitan Belajar dan Cara Mengatasinya ditandai selesai
    • Quiz Pertemuan 7: BK untuk Masalah Belajar & Masalah Perilaku (Metode Kasus) Halaman
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas (Aktivitas tidak ada) ditandai selesai
    • Tugas: Pertemuan 7 Penugasan
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Quiz Pertemuan 7: BK untuk Masalah Belajar & Masalah Perilaku (Metode Kasus) ditandai selesai
  • 8. Ujian Tengah Semester


    Halo mahasiswa yang luar biasa!

    Selamat datang di Ujian Tengah Semester untuk mata kuliah BK untuk Masalah Belajar & Masalah Perilaku. Hari ini, kita akan memasuki tahap penting dalam perjalanan belajar kita. Ujian ini tidak hanya sebagai evaluasi, tetapi juga sebagai kesempatan bagi kalian untuk menunjukkan pemahaman dan kreativitas yang telah kalian kembangkan selama ini.

    Kalian diharapkan untuk mengunggah laporan hasil studi kasus (miniresearch) kelompok kalian masing-masing. Laporan ini merupakan hasil kerja keras dan kolaborasi yang telah kalian lakukan, dan kami sangat menantikan untuk melihat bagaimana kalian menganalisis permasalahan serta merancang solusi yang inovatif.

    Ingat, laporan kalian harus mencerminkan keunikan kelompok dan pendekatan yang telah kalian ambil. Pastikan untuk menyertakan semua elemen penting, mulai dari latar belakang, metodologi, hingga hasil dan rekomendasi. Jangan lupa untuk memeriksa kembali semua aspek sebelum mengunggah agar semuanya lengkap dan sesuai dengan panduan yang telah diberikan.

    Selamat berjuang! Jadikan momen ini sebagai refleksi atas apa yang telah kalian pelajari dan capai. Kami yakin setiap dari kalian memiliki potensi besar untuk memberikan kontribusi positif di dunia pendidikan.

    “Keberhasilan adalah hasil dari persiapan, kerja keras, dan belajar dari kegagalan.” Mari kita buktikan bersama bahwa kerja keras kita membuahkan hasil yang memuaskan!


  • 9. Problematikan BK Karier di SD (Case Method)


    Selamat datang di pertemuan kita hari ini di LMS, di mana kita akan membahas topik yang sangat penting: "BK Karier bagi Siswa SD." Di zaman yang serba cepat ini, kita perlu menyadari bahwa karier bukan sekadar pilihan, tetapi perjalanan yang penuh warna. Seperti ungkapan di Makassar, "Mallettangngi, mallengka laku!" (Teruslah berjuang, dan jalani hidup dengan penuh semangat!). Melalui sesi ini, kita akan menggali potensi dan minat siswa SD, sehingga mereka dapat menemukan jalannya di dunia yang luas ini.

    Generasi Z, kalian adalah agen perubahan! Dengan kreativitas dan keberanian kalian, mari kita pecahkan batasan dalam pendekatan bimbingan karier. Ingat, "Jadilah perubahan yang ingin kamu lihat di dunia," kata Mahatma Gandhi. Kita akan merancang pengalaman belajar yang menarik dan relevan, sehingga siswa tidak hanya memahami pilihan karier, tetapi juga terinspirasi untuk mengejar impian mereka. Ayo, kita mulai petualangan ini bersama!


    • Studi Kasus 9 Halaman
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Upload Laporan Miniresearch ditandai selesai
    • Bahan Ajar 9. BK Karier Anak di SD Halaman
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Studi Kasus 9 ditandai selesai
    • Video 9: Bimbingan Karier Anak SD Halaman
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Bahan Ajar 9. BK Karier Anak di SD ditandai selesai
    • Forum Diskusi 9
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Video 9: Bimbingan Karier Anak SD ditandai selesai
    • Quiz 9. Bimbingan Karier Anak SD Halaman
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Forum Diskusi 9 ditandai selesai
    • Tugas: Pertemuan 9 Penugasan
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Quiz 9. Bimbingan Karier Anak SD ditandai selesai
  • 10. BK Keluarga bagi Siswa SD (Case Method)


    Selamat datang di pertemuan kita kali ini, di mana kita akan menggali lebih dalam tentang "BK Keluarga bagi Siswa SD." Dalam kehidupan keluarga, nilai-nilai yang tertanam sejak kecil sangatlah penting, seperti pepatah Bugis yang berkata, "Resopa temmangingi, namalomo naletei pammase dewata", yang artinya “Hanya dengan kerja keras, kita akan meraih rahmat Tuhan.” Filosofi ini menggambarkan betapa pentingnya peran keluarga dalam membentuk karakter anak, terutama di usia sekolah dasar. Kita akan membahas bagaimana BK keluarga bisa menjadi jembatan penting untuk menciptakan keharmonisan dalam rumah tangga dan mendukung perkembangan anak yang optimal.

    Ingat, keluarga adalah tempat pertama di mana anak belajar tentang dunia, dan kita sebagai calon pendidik punya tanggung jawab besar dalam memberikan bimbingan yang tepat. Seperti kata-kata bijak, "Kekuatan sebuah bangsa ditentukan oleh kualitas keluarga di dalamnya." Mari kita semangat, terus belajar, dan membawa perubahan positif bagi generasi mendatang!


    • Studi Kasus 10. Konseling Keluarga Halaman
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Tugas: Pertemuan 9 ditandai selesai
    • Bahan Ajar 10: Bimbingan dan Konseling Keluarga bagi Siswa SD Halaman
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Studi Kasus 10. Konseling Keluarga ditandai selesai
    • Forum Diskusi 10
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Bahan Ajar 10: Bimbingan dan Konseling Keluarga bagi Siswa SD ditandai selesai
    • Tugas: Pertemuan 10 Penugasan
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas (Aktivitas tidak ada) ditandai selesai
  • 11. Keterampilan Dasar dalam BK di SD (Case Method)


    Selamat datang dalam pembelajaran tentang Keterampilan Dasar dalam Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar. Dalam dunia pendidikan, peran guru bimbingan konseling (BK) sangatlah penting dalam membantu siswa mengatasi berbagai tantangan yang mereka hadapi di lingkungan sekolah maupun di rumah. Keterampilan dasar dalam BK menjadi landasan yang kuat bagi guru dalam menjalankan fungsinya sebagai fasilitator, konselor, dan pendidik.

    Pada kesempatan ini, kita akan mengeksplorasi berbagai keterampilan dasar yang diperlukan dalam praktik bimbingan konseling, mulai dari kemampuan mendengarkan secara aktif, berkomunikasi dengan efektif, hingga teknik-teknik dalam membangun hubungan yang baik dengan siswa. Keterampilan ini tidak hanya penting dalam konteks bimbingan konseling, tetapi juga dalam membangun ikatan emosional dan menciptakan suasana belajar yang aman dan nyaman bagi siswa.

    Kami berharap, melalui pembelajaran ini, Anda dapat mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi konselor yang efektif dan peka terhadap kebutuhan siswa. Mari kita bersama-sama menggali potensi diri dan berkontribusi dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik dan mendukung bagi generasi muda. Selamat belajar!


    • Studi Kasus 11 Halaman
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Tugas: Pertemuan 10 ditandai selesai
    • Bahan Ajar 11 Halaman
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Studi Kasus 11 ditandai selesai
    • Forum Diskusi 11
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Bahan Ajar 11 ditandai selesai
    • Quiz Pertemuan 11: Keterampilan Dasar dalam BK di SD Halaman
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Forum Diskusi 11 ditandai selesai
    • Tugas: Pertemuan 11 Penugasan
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Quiz Pertemuan 11: Keterampilan Dasar dalam BK di SD ditandai selesai
  • 12. Penggunaan Teknologi dalam Bimbingan dan Konseling di SD (Case Method)


    Selamat datang di perkuliahan tentang Penggunaan Teknologi dalam Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar! Pada sesi ini, kita akan menjelajahi bagaimana teknologi dapat menjadi alat yang efektif dalam mendukung praktik bimbingan dan konseling di lingkungan pendidikan. Di era digital saat ini, perkembangan teknologi memberikan kita kesempatan yang luas untuk memperbaiki dan memperkuat interaksi antara guru BK dan siswa.

    Penggunaan teknologi, mulai dari aplikasi bimbingan online hingga media sosial, memungkinkan kita untuk menjangkau siswa dengan cara yang lebih kreatif dan interaktif. Kita akan membahas berbagai alat dan sumber daya yang dapat digunakan dalam bimbingan konseling, serta menganalisis bagaimana teknologi dapat meningkatkan efektivitas pendekatan kita terhadap permasalahan yang dihadapi siswa.

    Melalui diskusi dan aktivitas praktis, kita akan mengeksplorasi penerapan teknologi dalam mendukung perkembangan sosial dan emosional siswa, serta cara mengatasi tantangan yang mungkin muncul dalam implementasinya. Saya mendorong Anda untuk berpikir kritis dan kreatif mengenai bagaimana teknologi dapat menjadi mitra kita dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik.

    Mari kita bersama-sama menggali potensi teknologi dalam bimbingan dan konseling, dan menjadikan setiap siswa merasa didukung dan terhubung dalam perjalanan mereka menuju kesuksesan. Selamat mengikuti perkuliahan ini!


    • Studi Kasus 12 Halaman
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Tugas: Pertemuan 11 ditandai selesai
    • Bahan Ajar 12 Halaman
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Studi Kasus 12 ditandai selesai
    • Forum Diskusi 12
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Bahan Ajar 12 ditandai selesai
    • Tugas: Pertemuan 12 Penugasan
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Forum Diskusi 12 ditandai selesai
  • 13. BK Pribadi dan Sosial Siswa di SD


    Selamat datang di perkuliahan mengenai Bimbingan Konseling Pribadi dan Sosial Siswa Sekolah Dasar. Dalam tahap perkembangan yang krusial ini, siswa tidak hanya dihadapkan pada tantangan akademik, tetapi juga pada berbagai isu pribadi dan sosial yang dapat memengaruhi kesejahteraan mereka. Peran guru bimbingan konseling (BK) sangatlah penting untuk membantu siswa mengatasi tantangan ini dan mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk berinteraksi dengan baik di lingkungan sosial mereka.

    Di dalam perkuliahan ini, kita akan membahas berbagai aspek bimbingan konseling yang berkaitan dengan perkembangan pribadi dan sosial siswa. Kita akan menggali topik-topik seperti pengembangan diri, keterampilan sosial, pengelolaan emosi, dan cara-cara untuk membangun hubungan yang positif dengan teman sebaya. Anda akan belajar tentang teknik dan strategi yang dapat digunakan dalam sesi bimbingan, serta bagaimana mendukung siswa dalam mengembangkan kepercayaan diri dan kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan sosial mereka.

    Kami berharap perkuliahan ini tidak hanya memberikan pemahaman teoritis, tetapi juga menginspirasi Anda untuk menjadi konselor yang peka dan responsif terhadap kebutuhan siswa. Mari kita bersama-sama menjelajahi pentingnya bimbingan konseling pribadi dan sosial dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan siswa, agar mereka dapat meraih potensi terbaiknya di dalam dan luar kelas. Selamat belajar!


    • Bahan Ajar 13. Bimbingan Pribadi dan Sosial Berkas
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Tugas: Pertemuan 12 ditandai selesai
    • Forum Diskusi 13
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Bahan Ajar 13. Bimbingan Pribadi dan Sosial ditandai selesai
    • Tugas: Pertemuan 13 Penugasan
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Forum Diskusi 13 ditandai selesai
  • 14. Manajemen & Pendukung Sistem BK di SD



    Selamat datang di perkuliahan yang membahas topik penting tentang Manajemen dan Pendukung Sistem Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar. Bimbingan Konseling di SD tidak hanya berkaitan dengan keterampilan konselor atau guru dalam memberikan layanan langsung kepada siswa, tetapi juga mencakup aspek manajemen dan pendukung sistem yang menentukan kesuksesan pelaksanaan layanan tersebut.

    Dalam sesi ini, kita akan mengeksplorasi bagaimana struktur manajemen BK disusun, bagaimana peran dan tanggung jawab didistribusikan, serta apa saja elemen pendukung yang dibutuhkan, seperti teknologi, kebijakan sekolah, dan keterlibatan orang tua. Anda akan mempelajari strategi pengelolaan layanan BK yang efektif di SD, serta bagaimana mengevaluasi dan meningkatkan sistem pendukung yang ada agar layanan BK berjalan optimal.

    Topik ini mengajak Anda berpikir lebih jauh tentang bagaimana mengintegrasikan berbagai komponen untuk menciptakan sistem BK yang komprehensif, bukan hanya dari sisi praktisi, tetapi juga dari sisi administratif dan teknis. Dengan demikian, kita dapat membantu siswa SD tidak hanya mengatasi masalah mereka, tetapi juga berkembang secara holistik dalam lingkungan sekolah yang mendukung. Mari bersama-sama mempelajari bagaimana menciptakan sistem manajemen BK yang kuat dan berfungsi baik di SD!


    • Bahan Ajar 14.1: Manajemen & Pendukung Sistem BK di SD Halaman
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Tugas: Pertemuan 13 ditandai selesai
    • Bahan Ajar 14.2: Konsep Evaluasi Program BK di SD Halaman
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Bahan Ajar 14.1: Manajemen & Pendukung Sistem BK di SD ditandai selesai
    • Forum Diskusi 14
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Bahan Ajar 14.2: Konsep Evaluasi Program BK di SD ditandai selesai
    • Tugas: Pertemuan 14 Penugasan
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Forum Diskusi 14 ditandai selesai
  • 15. Simulasi Layanan BK bagi Siswa SD (Team Based Project)


    Selamat datang di pertemuan terakhir kita, yang berfokus pada Simulasi Layanan Bimbingan Konseling (BK) bagi Siswa SD dengan pendekatan Team Based Project. Pada sesi ini, Anda akan diberikan kesempatan untuk menerapkan semua teori, teknik, dan keterampilan yang telah dipelajari selama semester dalam bentuk simulasi nyata.

    Melalui pendekatan kerja tim, Anda dan rekan satu tim akan berperan sebagai konselor sekolah yang menghadapi kasus-kasus bimbingan konseling yang sering ditemui di lingkungan SD. Simulasi ini bertujuan untuk memberikan pengalaman praktis bagaimana menangani masalah pribadi dan sosial siswa dengan efektif, mulai dari identifikasi masalah hingga memberikan solusi melalui sesi konseling.

    Ini bukan sekadar latihan, tetapi merupakan kesempatan bagi Anda untuk mengintegrasikan teori dan praktik, serta mengasah kemampuan komunikasi, empati, dan kolaborasi dalam tim. Ingatlah, dalam dunia nyata, konselor tidak bekerja sendiri—bimbingan konseling yang sukses sering kali melibatkan kolaborasi dengan guru, orang tua, dan rekan sejawat.

    Mari manfaatkan pertemuan ini sebagai ruang untuk bereksperimen, berkreasi, dan belajar dari satu sama lain. Tunjukkan bahwa Anda tidak hanya memahami materi secara teoritis, tetapi juga mampu menerapkannya secara profesional. Semangat, dan selamat menjalani simulasi!

    • Tugas: Pertemuan 15 Penugasan
      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Forum Diskusi 15 ditandai selesai
  • 16. Ujian Akhir Semester


    Selamat datang di kegiatan Ujian Akhir Semester (UAS) mata kuliah Bimbingan Konseling (BK) di Sekolah Dasar! Dalam rangka mengevaluasi pemahaman dan keterampilan Anda dalam praktek bimbingan konseling, kami mengundang Anda untuk berpartisipasi dalam tugas akhir ini yang bertujuan untuk menunjukkan kemampuan Anda dalam melaksanakan sesi bimbingan konseling dengan siswa.

    Anda diminta untuk membuat video simulasi praktek bimbingan konseling antara guru BK dan siswa SD. Video ini akan diunggah di YouTube, dan Anda harus membagikan link video tersebut di platform yang telah disediakan. Pastikan video Anda mencerminkan pendekatan yang tepat dalam bimbingan konseling, serta menunjukkan interaksi yang efektif antara guru dan siswa.

    Rubrik Penilaian Video

    KriteriaSkorDeskripsi
    Konten30Materi bimbingan konseling yang disampaikan relevan dan sesuai dengan kebutuhan siswa.
    Interaksi25Interaksi antara guru dan siswa berlangsung dengan baik, menunjukkan empati dan pengertian.
    Kreativitas20Video menampilkan cara yang inovatif dan menarik dalam melakukan bimbingan konseling.
    Kualitas Produksi15Kualitas audio dan visual video baik, dengan penyuntingan yang rapi.
    Durasi10Video memiliki durasi yang sesuai (5-10 menit).

    Total Skor: 100

    Mari kita manfaatkan kesempatan ini untuk menunjukkan kemampuan dan kreativitas kita dalam bidang bimbingan konseling. Jangan ragu untuk berkolaborasi dengan teman sekelas dalam pembuatan video ini. Kami sangat menantikan hasil karya Anda dan berharap setiap video dapat memberikan wawasan baru dalam praktik bimbingan konseling di sekolah dasar. Selamat berkarya!