Perbaikan Simulasi 2: Evaluasi Aplikasi Mobile (Game)
Instruksi Simulasi
A. Pembagian Tugas
Setiap kelompok menentukan jenis/brand game yang memenuhi
kriteria berikut:
- Kelompok 1: Memilih 1 Game AR/VR (mobile apps)
- Kelompok 2: Memilih 1 Game RPG (mobile apps)
- Kelompok 3: Memilih 1 Game MOBA (mobile apps)
- Kelompok 4: Memilih 1 Game Sport (mobile apps)
B. Persiapan Tim
- Setiap anggota mengeksplorasi mobile game yang genrenya telah dibagi per kelompok
- Tim menyusun task pengujian usability/UX dengan range 5-7 task atau playtesting (idealnya 1 jam). Contoh: https://www.nngroup.com/articles/task-scenarios-usability-testing/ .Ketua dapat dibantu dengan 1 anggota menjadi notulen sekaligus observer.
- Moderator menjadi leader saat simulasi bertugas membuka, menjelaskan prosedur, memfasilitasi evaluator, hingga proses evaluasielesai.
- Notulen bertugas membantu moderator dan mencatat hal penting selama proses evaluasi hingga membantu merekap hasil temuanmasalah.
- 2-3 orang anggota lainnya berperan sebagai end-user/target pengguna mobile game. User bertugas menemukan masalah dan leader bertugas menuliskan pada laporan.
- Sebagai contoh, berikut adalah GEQ versi asli dan contoh penerapan dalam skripsi.
C. Prosedur Simulasi
- Tim menyiapkan task scenario dan instrumen GEQ (Game Experience Questionnaire). Tim boleh memilih sendiri task scenario dan prosedur evaluasi asalkan masih dalam skenario usability/UX evaluation yang melibatkan end user.
- Moderator menyampaikan task scenario kepada user. Pengujian dapat dilakukan secara daring maupun luring.
- Pengujian sebaiknya didokumentasi per user.
- Notulen merekam masalah dan info penting selama proses evaluasi dilakukan.
- Prosedur testing dapat dipelajari di slide berikut: 9. EPAP Usability Testing (user).pptx
D. Format Pelaporan
- Kumpulkan hasil pengerjaan simulasi mengikuti format yang ditentukan dalam panduan
- Kumpulkan dokumen dalam format file pdf