Topic outline

  • MULTIMEDIA PEMBELAJARAN

     PENGANTAR MATA KULIAH

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    Selamat Datang adik-adik mahasiswa pada halaman pembelajaran daring ini, semoga kita semua mendapatkan rahmat dan keberkahan dari Allah SWT sehingga perjuangan Adik-adik dalam menuntut ilmu memperoleh manfaat bagi diri pribadi serta bagi Nusa dan Bangsa. 


    1. Deskripsi Mata Kuliah

    Media pembelajaran merupakan sarana yang digunakan oleh seseorang dengan menggunakan alat yang dibuat untuk memudahkan dalam penyampaian materi ketika mengajar. Hal seperti ini tentunya sangat membantu pebelajar dan menjadi solusi untuk membuat pebelajar senang ketika belajar dan tidak merasa jenuh. Oleh karena, media dianggap sebagai alat bantu yang mampu memberikan pengalaman konkret, motivasi belajar, mempermudah konsep yang kompleks, memperjelas sesuatu yang abstrak menjadi lebih sederhana, konkrit dan mudah dipahami, serta mempertinggi daya serap dan retensi daya serap pebelajar.

    Lalu bagaimana cara menghasilkan media dengan berbagai jenis khususnya melalui platform dan perangkat teknologi, jawabannya dapat Anda temukan dalam mata kuliah Multimedia Pembelajaran ini, melalui kajian konsep dan teori, serta, teknis pengembangan layanan pembelajaran dengan mengintegrasikan berbagai jenis media pembelajaran. 



    2. Capaian Pembelajaran 

    Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL):

    1. CPL1: Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9)
    2. CPL2: Memahami konsep teoretis, prinsip, metoda,dan teknik Pengembangan media pembelajaran Fisika (PP9)
    3. CPL3: Mampu menganalisis dan mengusulkan berbagai solusi alternatif yang ada terhadap permasalahan media pembelajaran dan masalah manajemen laboratorium, serta menyimpulkannya untuk pengambilan keputusan yang tepat (KK4)

    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK):

    1. CPMK1: Menunjukkan karakteristik bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (CPL1, S9) 
    2. CPMK2: Menganalisis konsep teoritis dan prinsip multimedia pembelajaran (CPL2, PP9)
    3. CPMK3: Mengevaluasi jenis multimedia berdasarkan dimensi pengetahuan (CPL2, PP9)
    4. CPMK4: Menciptakan multimedia pembelajaran sesuai prosedur pengembangan multimedia pembelajaran (CPL2, PP9)
    5. CPMK5: Menciptakan berbagai jenis media pembelajaran menggunakan aplikasi yang tepat (CPL2, PP9)
    6. CPMK6: Mengevaluasi berbagai sumber belajar dan media sebagai solusi alternatif permasalah media pembelajaran (CPL3, KK4)
    7. CPMK7: Menciptakan berbagai jenis media pembelajaran sebagai solusi alternatif permasalah media pembelajaran (CPL3, KK4)


    3. Topik Materi Ajar
    1. Hakikat Multimedia Pembelajaran 
    2. Implementasi Multimedia Pembelajaran dan Tantangannya 
    3. Teori Kognitif Multimedia Pembelajaran 
    4. Prinsip pengembangan multimedia pembelajaran 
    5. Jenis Multimedia Berdasarkan Dimensi Pengetahuan 
    6. Prosedur Pengembangan Multimedia Pembelajaran 
    7. Pengembangan Multimedia Teks, Gambar, Audio dan Video, dan Animasi 
    8. Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), dan Laboratorium Virtual 
    9. Pengembangan Layanan Pembelajaran Daring 


    4. Skema (Rencana) Perkuliahan dan Dokumen RPS

    Secara umum, skema perkuliahan Multimedia Pembelajaran melalui pendekatan blended learning strategi flipped learning. 

    1. Pendalaman Materi melalui Belajar Mandiri pada LMS. Mahasiswa terlebih dahulu melakukan pendalaman materi pada LMS sebelum aktivitas tatap muka/maya
    2. Penguatan Materi Pengetahuan melalui tatap Muka/Maya. Pada pertemuan tatap muka/maya, aktivitas pembelajaran difokuskan pada penguatan, konfirmasi pengetahuan, diskusi, dan pendampingan.  

    Anda dapat mengunduh RPS Multimedia Pembelajaran di sini 



    5. Rencana Asesmen (Penilaian)

    Rencana sistem asesmen (penilaian) pada mata kuliah Multimedia Pembelajaran mengacu pada berbagai bentuk aktivitas sebagai berikut:

    1. Laporan aktivitas kemandirian belajar pada LMS 
    2. Aktivitas kemandirian belajar melalui kuis dan forum diskusi
    3. Penyelesaian evaluasi melalui tugas dan tes evaluasi
    4. Unjuk kerja tugas proyek


    6. Dosen Pengampu Mata Kuliah 

    Dosen pengampu mata kuliah Multimedia Pembelajaran, yaitu: 

    1. Dr. Ishaq Madeamin, S.Pd., M.Pd. | 0903077701 | ishaqmadeamin@unismuh.ac.id | 0852-4306-3377 | Universitas Muhammadiyah Makassar |
    2. Dr. Maruf, S.Pd., M.Pd., | 0929128102 | maruf@unismuh.ac.id | 0852-5518-5333 | Universitas Muhammadiyah Makassar |
    3. Dr. Dian Pramana Putra, S.Pd., M.Pd. | Universitas Muhammadiyah Makassar
    4. Fauzan Akbar, S.Pd., M.Pd. | 0901068905 | onejune07@gmail.com | 0813-4200-0960 | Universitas Muhammadiyah Bulukumba |
    5. Rahmat Nasrullah | 0916108703 | rahmat.nasrullah@umkendari.ac.id | 0852-5552-4872 | Universitas Muhammadiyah Kendari |
    6. Syamsidar, S., S.Pd., M.Pd. | Dosen Tutor | syamsidarsaleng2690@gmail.com | 0852-7439-6337 | Universitas Muhammadiyah Makassar | 


    7. Referensi
    1. Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning (2nd ed.). Cambridge University Press.
    2. Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (1999). Instructional Media and Technologies for Learning. Prentice Hall.
    3. Alessi, S. M., & Trollip, S. R. (2001). Multimedia for Learning: Methods and Development. Allyn & Bacon.



    INFORMASI (UPDTAE) 

    1. Info Tugas Proyek

    Silahkan Anda unduh dokumen yang terkait dengan penyelesaian tugas proyek berikut ini:

    1. Buku panduan tugas proyek (unduh)
    2. Template proposal rencana tugas proyek (unduh)
    3. Template laporan tugas proyek (unduh)


    2. Info Lainnya

    1. Survey awal mahasiswa, silahkan isi pada link ini
    2. Progres aktivitas mahasiswa lihat di sini
    3. Daftar kelompok lihat di sini

    • Topik-4

      السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

      Selamat Datang kembali adik-adik mahasiswa pada bagian Topik-4: Prinsip Multimedia Pembelajaran, semoga kita semua mendapatkan rahmat dan keberkahan dari Allah SWT, sehingga tujuan Anda mengikuti aktivitas pembelajaran pada LMS menjadi berkah. Aamin YRA.


      1. Deskripsi Topik Materi Ajar

      Topik 4 terkait tentang prinsip multimedia pembelajaran, terdapat 12 prinsip dalam mengembangkan dan menggunakan multimedia pembelajaran yang terbagi pada 3 kategori yaitu: 1) mengurangi pemrosesan asing, 2) mengelola pemrosesan esensial, dan 3) mendorong pemrosesan generatif. Penerapan 12 prinsip multimedia pembelajaran ini memberikan dampak pada proses dan hasil pembelajaran, oleh karena itu bagi pendidik dan calon pendidik perlu memahami dan menerapkan prinsip-prinsip multimedia pembelajaran tersebut.



      2. Capaian Pembelajaran dan Indikator 

      Capaian Pembelajaran:

      Sub-CPMK5: Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip pengembangan multimedia pembelajaran (CPMK2, CPL2, PP9)

      Indikator Capaian Pembelajaran:

      1. Mahasiswa mampu merancang media dengan menerapkan prinsip mengurangi pemrosesan asing pada tugas proyek pengembangan multimedia pembelajaran 
      2. Mahasiswa mampu merancang media dengan menerapkan prinsip mengelola pemrosesan esensial pada tugas proyek pengembangan multimedia pembelajaran
      3. Mahasiswa mampu merancang media dengan menerapkan prinsip mendorong pemrosesan generatif pada tugas proyek pengembangan multimedia pembelajaran


      3. Rencana Pembelajaran

      Pendalaman Materi melalui Belajar Mandiri pada LMS:

      1. Memahami isi pengantar mata kuliah (deskripsi, materi ajar, capaian pembelajaran, dan indikator capaian pembelajaran)
      2. Menelaah dan mengkaji berbagai bentuk sumber belajar dan kuis yang disediakan, serta mengeksplorasi sumber belajar lainnya
      3. Melakukan evaluasi pengalaman belajar sesuai fitur evaluasi yang tersedia, seperti forum, tugas, dan tes evaluasi. 

      Penguatan Materi pada Tatap Muka/Maya:

      1. Dosen mendeskripsikan topik dan sub-topik materi ajar
      2. Dosen memfasilitasi mahasiswa melakukan diskusi, terkait pemahaman mahasiswa pada bagian pendalaman materi sebelumnya
      3. Dosen membuka ruang partisipasi mahasiswa lain memberikan jawaban dan tanggapan sesuai pertanyaan mahasiswa lainnya,
      4. Dosen memberikan umpan balik dan penguatan berdasarkan hasil evaluasi pada LMS
      5. Dosen Mengingatkan aktivitas kajian topik materi ajar berikutnya.

       
    • Topik-5

      السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

      Selamat Datang kembali adik-adik mahasiswa pada bagian Topik-5: Jenis Multimedia Berdasarkan Dimensi Pengetahuan, semoga kita semua mendapatkan rahmat dan keberkahan dari Allah SWT, sehingga tujuan Anda mengikuti aktivitas pembelajaran pada LMS menjadi berkah. Aamin YRA.


      1. Deskripsi Topik Materi Ajar

      Pada Topik 5 kita akan mengkaji jenis multimedia berdasarkan dimensi pengetahuan, kajian yang membantu kita menentukan jenis media pembelajaran yang tepat untuk jenis materi ajar (dimensi pengetahuan) seperti pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, atau metakognitif. Untuk itu, pemahaman tentang klasifikasi dimensi pengetahuan tersebut menjadi penting untuk dipahami untuk menentukan jenis yang tepat dan sesuai.



      2. Capaian Pembelajaran dan Indikator 

      Capaian Pembelajaran:

      Sub-CPMK6: Mahasiswa mampu mengevaluasi objek materi ajar untuk menentukan jenis multimedia menggunakan konsep dimensi pengetahuan (CPMK3, CPL2, PP9)

      Indikator Capaian Pembelajaran:

      1. Mahasiswa mampu menelaah objek materi ajar dalam menentukan jenis media menggunakan konsep dimensi pengetahuan faktual pada tugas proyek pengembangan multimedia pembelajaran
      2. Mahasiswa mampu menelaah objek materi ajar dalam menentukan jenis media menggunakan konsep dimensi pengetahuan konseptual pada tugas proyek pengembangan multimedia pembelajaran
      3. Mahasiswa mampu menelaah  objek materi ajar dalam menentukan jenis media menggunakan konsep dimensi pengetahuan prosedural pada tugas proyek pengembangan multimedia pembelajaran
      4. Mahasiswa mampu menelaah  objek materi ajar dalam menentukan jenis media menggunakan konsep dimensi pengetahuan metakognitif pada tugas proyek pengembangan multimedia pembelajaran


      3. Rencana Pembelajaran

      Pendalaman Materi melalui Belajar Mandiri pada LMS:

      1. Memahami isi pengantar mata kuliah (deskripsi, materi ajar, capaian pembelajaran, dan indikator capaian pembelajaran)
      2. Menelaah dan mengkaji berbagai bentuk sumber belajar dan kuis yang disediakan, serta mengeksplorasi sumber belajar lainnya
      3. Melakukan evaluasi pengalaman belajar sesuai fitur evaluasi yang tersedia, seperti forum, tugas, dan tes evaluasi. 

      Penguatan Materi pada Tatap Muka/Maya:

      1. Dosen mendeskripsikan topik dan sub-topik materi ajar
      2. Dosen memfasilitasi mahasiswa melakukan diskusi, terkait pemahaman mahasiswa pada bagian pendalaman materi sebelumnya
      3. Dosen membuka ruang partisipasi mahasiswa lain memberikan jawaban dan tanggapan sesuai pertanyaan mahasiswa lainnya,
      4. Dosen memfasilitasi mahasiswa mempresentasikan kemajuan tugas proyek multimedia pembelajaran
      5. Dosen memberikan umpan balik dan penguatan berdasarkan hasil evaluasi pada LMS
      6. Dosen Mengingatkan aktivitas kajian topik materi ajar berikutnya.