Ujian Akhir Semester Kepemimpinan Strategis dan Berpikir Sistem (SLST)

Ujian Akhir Semester Kepemimpinan Strategis dan Berpikir Sistem (SLST)

Program Pascasarjana Kajian Adminisitrasi Rumah Sakit

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Tahun Ajaran 2019/2020

Dear All

Apresiasi tulus saya sampaikan pada anda semua karena telah berupaya menjadi para pembelajar yang baik. Semoga akan semakin kokoh kita menapaki kehidupan mendatang dengan  sebuah kesiapan dan kesediaan untuk selalu menjadi pemimpin pembelajar. Every day is a new learning day, indeed, so spark your life with learning.

Lalu, apa tugas akhir perkuliahan SLST/ Kepstrat ?

Bukan Ujian, tetapi UNDANGAN,

Undangan  untuk tetap belajar  akan hal yang mungkin baru (karena nanti saya akan meminta anda membuat dalam bentuk video clip)  dan undangan berkarya, bermimpi, bercita-cita  dan membuat rencana atau strategi untuk mengejar mimpi dan mewujudkan cita-cita Anda.

Ini penjelasannya:

  1. Setelah mempelajari perkuliahan & pembelajaran bersama Strategic Leadership and System Thinking  (Kepemimpinan Strategis & Berpikir Sistem,  susunlah sebuah PPT terbaik  dari 1 topik yang menurut anda paling menarik. PPT  dari topik terpilih  tersebut menunjukkan  hasil pemikiran mendalam  dan keinginan untuk memperkaya, memperbarui namun juga, kebaruan dan orisinalitas perenungan anda tentang topik tersebut.  Dapat diperkaya dengan berbagai referensi lain dengan standar penulisan ilmiah. PPT dapat pula dilengkapi dengan usulan permainan, simulasi atau exercise yang mendukung proses pembelajaran topic tersebut.   
  2. Perenungan dan pembelajaran SLST tersebut menjadi dasar bagi Anda untuk  menarik relevansi dan menyusun rencana-rencana dalam mengejar dan mewujudkan  mimpi  dan visi Anda (baik di kehidupan Anda sebagai individu atau bagian dari keluarga, maupun di masayarakat atau dunia kerja). Visualisasikan visi/cita-cita atau impian dan rencana atau proses untuk meraihnya  dalam bentuk film/video.
  3. Bagian ketiga yang akan melengkapi undangan di akhir pembelajaran SLST merupakan bentuk kerja kelompok (terdiri dari sekitar 5 orang). Memberi kesempatan seluas-luasnya kepada Anda berinovasi  untuk membuat projek atau  karya  kreatif  terbaik  yang merupakan refleksi dari konsep dan pemahaman pembelajaran Kepstrat & berpikir sistem (SLST). Projek  atau kegiatan aplikatif tersebut  merefleksikan pembelajaran  yang diperoleh selama ini dan sedapat mungkin merupakan sebuah aktivitas real atau implementasi dan bukan hanya merupakan usulan proposal saja..

Projek atau karya tersebut dibuat dengan pertimbangan-pertimbangan/kriteria berikut: aspek manfaat (memberi manfaat bagi lingkungan/komunitas/organisasi), aspek keberlangsungan (sustainability), aspek mampu kelola (dapat diduplikasi/replikasi) serta hemat biaya/energi. Nilai inovatif atau kebaruan  juga akan menjadi nilai tambah dari kegiatan atau project.

Laporkan pelaksanaan projek atau kegiatan kelompok dengan cara merekam atau mendokumentasikan (video) yang kemudian diunggah ke  Youtube atau media sosial. Kirimkan link video yang diunggah di youtube atau media sosial tersebut (tuliskan di judul “UAS PJJ SLST PJ Dumilah Ayuningtyas_Nama Project”)

Kirimkan paling lambat tanggal 29 Desember pukul 23.55, dalam bentuk soft file diunggah ke scele. Jangan lupa di halaman muka / cover UAS bubuhkan / sertakan foto yang menampakkan jelas wajah dan profil Anda karena Saya ingin mengapresiasi keaktifan dan keterlibatan Anda di kelas.

 

Selamat bersenang-senang berkreasi menghasilkan karya atau projek terbaik. Jadi itulah yang akan saya tunggu sebagai UAS Anda.

Selamat berkreasi terbaik

Salam hangat,

Tyas