TUGAS Perkuliahan sesi 5

Tugas ini melengkapi topik yang di Modul (Tidak dibahas di Modul, tetapi merupakan salah satu Karekter Penting Konsumen Online yang harus dipahami oleh Pelaku E-Commerce)

Web 2.0 yang ditandai dengan lahirnya Social Media, memungkinkan konsumen untuk menciptakan suatu konten yang terkait dengan suatu produk, merek atau perusahaan. Konten tersebut dapat berupa text (Blog, Twitter) atau Video, yang diuanggah di social media seperti chat room (What’s App, Line); Facebook, Youtube, IG dll. Dalam istilah e-commerce dikenal dengan User Generated Content (UGC).

Dalam beberapa tugas sebelumnya, kita sudah banyak membahas tentang peran positif UGC bagi perusahaan – misalnya sebagai earned media (buka lagi perkuliahan sessi 5). UGC positif dapat berupa review produk, comment positif, memberikan tanda bintang, share tentang suatu produk, membuat tutorial dll. 

Selain itu UGC dapat berupa hal yang berdampak negatif bagi perusahaan. Kasus yang diangkat dimodul ini adalah Coca Cola, dimana Coca-Cola dicampur dengan Mentos yang dapat menghasilkan ledakan. Hal ini akan memberikan kesan bahwa kedua makanan tersebut berbahaya bagi tubuh. Beberapa Video UGC negatif tentang Coca Cola sudah banyak menjadi viral di social media 

Tugas Anda : 

  1. Lakukan explorasi, untuk mencari konten UGC negatif yang dicipkan oleh konsumen yang berpotensi merusak citra produk, merek atau perusahaan. Berikan bukti-bukti yang relevan 
  2. Menurut Anda, sebarapa besar hal tersebut mempengaruhi konsumen untuk tidak membeli/ memilih produk tersebut ? 
  3. Apakah yang dapat dilakukan pemasar untuk mengatasi UGC negatif akan tidak menjadi viral ?

Jawaban dalam Online Text

Due Date : 28 April 2021

Selamat Mengerjakan