Tugas Materi Pengumpulan Sampah

TUGAS PENGELOLAAN PERSAMPAHAN

28 Oktober 2019 – 3 November 2019

 

Dikumpulkan 4 November 2019. Laporan dibuat dalam format A4. Dilengkapi dengan Cover. Margin 3 cm. Font Times New Roman 12 pt. Spasi 1,5. Pengutipan dengan APA Style 6th. Laporan dikumpulkan berupa file word, excel, dan ppt. Materi bisa dibaca pada website e-learning. Untuk menjelaskan bagian 1 hingga bagian 4 bisa mengacu pada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia No 03/PRT/M/2013.

 

Jika ada yang kurang jelas, silahkan bertanya melalui website e-learning pada Forum Diskusi Materi Pengumpulan Sampah (Pertemuan 9).

 

  1. Bagian 1. Jumlah Timbulan Sampah. Anda diminta berkelompok untuk membuat laporan mengenai timbulan dan komposisi sampah di tiap kecamatan Kota Pontianak. Laporan dibuat detail, dengan pengumpulan informasi dari tiap anggota kelompok. Disertai dengan dokumentasi penimbangan sampah beserta data lokasi rumah/kost yang menjadi sumber sampah (titik koordinat). Data juga diinput ke dalam format excel terlampir. Silahkan hitung timbulan sampah dalam 1 kecamatan di tahun 2019 berdasarkan data yang anda dapat. Anda juga diminta untuk memproyeksikan timbulan sampah hingga 20 tahun ke depan (skala kecamatan).
  2. Bagian 2. Pewadahan. Anda diminta melaporkan sistem pewadahan yang digunakan. Sertakan dokumentasi tiap individu. Serta penjelasan detail. Bahan wadah yang digunakan, volume wadah.
  3. Bagian 3. Pengumpulan. Anda diminta untuk melaporkan sistem pengumpulan sampah. Pengumpulan sampah adalah proses penanganan sampah dengan pengumpulan dari masing-masing sumber sampah untuk diangkut ke TPS atau pengolahan sampah skala Kawasan atau langsung ke TPA tanpa proses pemindahan. Sertakan dokumentasi tiap individu. Serta penjelasan detail.
  4. Bagian 4.  Pemindahan. Jelaskan bagaimana skema pemindahan sampah dari pengumpul ke wadah di TPS yang ada? Sertakan juga penjelasan mengenai pemindahan sampah dari wadah TPS ke Pengangkut. (misal, dalam 1 kelompok terdiri dari 6 orang. Berarti 1 kecamatan ada 6 orang. Silahkan memberikan informasi dari tiap rumah/kost, sampah yang ada dibawa ke TPS mana. Sertakan dengan titik koordinat TPS.  Misal ada 4 lokasi TPS yang menjadi lokasi pengumpulan sampah dari 6 anggota tersebut, silahkan detailkan mengenai 4 lokasi TPS tersebut. Sertakan dokumentasi dari tiap TPS).
  5. Bagian 5. buatlah dalam peta 1 kecamatan. Mengenai perjalanan sampah anda. Dari sumber timbulan sampah menuju ke TPS masing-masing yang digunakan. Bisa berupa online atau offline map. Silahkan menggunakan google maps atau open street map. Jika online, sertakan link yang bisa diklik setiap saat. Jika berupa data offline, sertakan peta yang detail.
  6. Bagian 6. Laporan juga dibuat dalam powerpoint. Detail, ringkas, dan akurat.

Jika ada lampiran file silahkan gunakan tautan dari file Google Drive file Anda untuk disisipkan pada online text ini (namalengkap_judultugas). Misal:  Nana_Pertemuan9.  Atau langsung diinput/diupload pada sistem e-learning di bagian tugas ini.


Perhatikan jadwal penyerahan tugas, mulai Senin tgl 28 Oktober 2019 pukul 07.00. Anda terhitung terlambat (due date) oleh sistem sejak Tgl 5 November 2019 Pukul 00.01 dan penyerahan akan ditolak (cut of date) secara otomasi oleh sistem pada tgl 6 November 2019 pukul 00.01.