Materi 14

8

Menurut Mildred E. Swearingen, ada beberapa jenis percakapan pribadi melalui kunjungan kelas adalah sebagai berikut:

  1. Classroom-conference, yaitu percakapan pada saat murid-murid tidak ada lagi di kelas, misalnya pada waktu murid-murid beristirahat atau mereka sudah pulang. Percakapan ini tetap berlangsung di kelas dimana guru itu mengajar.
  2. Office-conference, yaitu percakapan yang dilaksanakan di ruang kantor atau ruang kepala sekolah, atau ruang guru, dimana lingkungan fisiknya penuh dengan alat-alat pela­jaran yang cukup. Misalnya dalam ruangan yang suasananya tenang dan menyenangkan, dimana ada gambar-gambar untuk menjelaskan sesuatu, atau data hasil penelitian dan sebagainya.
  3. Gausal-conference, yaitu percakapan yang dilaksanakan secara kebetulan (tanpa direncanakan), misalnya sementara dalam pertemuan, atau dalam perjalanan pulang, dsb.
  4. Observational-visitation, yaitu supervisor mengunjungi kelas dimana guru sedang mengajar, untuk mengobservasi ­kegiatan-kegiatan kelas selama pelajaran berlangsung. Hasil observasi itu dibicarakan bersama-sama guru yang bersangkutan untuk mencarikan Jalan pemecahannya.

Tujuan diadakan percakapan pribadi itu antara lain sebagai berikut:

  1. Memberi kemungkinan pertumbuhan jabatan guru melalui pemecahan kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru-guru.
  2. Memupuk dan mengembangkan         hal mengajar yang lebih baik.
  3. Memperbaiki kelemahan-kelemahan dan kekurangan-kekurangan yang sering dialami oleh  oleh guru dalam melaksanakan tugasnya di sekolah, misalnya malas membuat SAP, kurang membaca buku-buku terbaru, malas mengoreksi dan mengembalikan hasil pekerjaan murid-murid setelah ulangan, dsb.
  4. Menghilangkan dan menghindari segala prasangka (keragu-raguan) guru dalam berbagai masalah mengajar belajar, dsb.

1)   Saling mengunjungi (Intervisitation)

Yang dimaksud dengan intervisitation ialah saling mengunjungi antara rekan guru yang satu dengan rekan guru yang lain yang sedang mengajar untuk saling memberi dan menimba pengalaman di antara sesama rekan guru di sekolah (sekolah yang sama maupun pada sekolah yang berbeda.

Keuntungan yang dapat dipetik dari praktek intervisitation ini, antara lain :