Materi 14

13

Simposium bukan lagi merupakan penjajakan spontan, tetapi bertujuan untuk mengorganisir pengertian dan pengetahuan tentang berbagai aspek masalah, mengumpulkan dan membandingkan­nya  dari berbagai sudut pandangan yang berbeda-beda untuk memperoleh suatu pemahaman yang luas dan seragam untuk kepentingan bahan bacaan/dokumentasi pustaka.

  1. a.    Demonstration Teaching

Demonstrasi mengajar yang berhasil jika hal itu direncanakan dengan teliti, mempunyai tujuan yang nyata, diikuti o­leh jumlah guru-guru yang cukup banyak mendapat kesempatan untuk mengikuti demonstrasi tersebut. Biasanya setiap demonstrasi diadakan kecuali ada hal-hal baru yang perlu disampaikan kepada guru-guru, misalnya cara menggunakan metode mengajar modern, cara membimbing cara, menyajikan bahan untuk menjadikan siswa aktif dalam belajar dan sebagainya.

Guru-guru yang memperhatikan dan sadar akan tujuan demon-strasi tersebut, mencatat dengan teliti dan akan mendiskusikan hal tersebut dengan peninjau-peninjau lainnya (guru supervisor) setelah demonstrasi selesai diadakan.

Ada beberapa kelemahan yang terdapat dalam cara demonstrasi

1)   Perkembangan mengajar itu berpusat pada pusat minat suatu kegiatan yang membutuhkan waktu yang lama demonstrasi mengajar.

2)   Ketidak mampuan beberapa supervisor untuk mengadakan demon-strasi mengajar, padahal supervisor haruslah yang terpilih karena keprofesionalannya.

3)   Banyak guru enggan mengadakan demonstrasi atau membantu supervisor mengadakan demonstrasi mengajar.

  1. b.   Perpustakaan Jabatan Guru

Untuk memperkaya dan memperdalam pengetahuan guru,  maka setiap sekolah seyogyanya mempersiapkan ruang khusus perpustakaan jabatan guru tersebut yang berisi buku-buku, majalah, brosur, dan bahan-bahan bacaan lainnya yang telah diseleksi dengan teliti mengenai bidang studi tersebut. Ruang mana setiap guru dapat membaca dengan tenang sambil memperdalam pengetahuan tentang bidng studi yang diajarkan sehingga ia dapat bertumbuh dalam profesi mengajarnya. Guru-guru yang membaca banyak akan membantu memperkaya kemampuan mengajarnya. Salah satu hambatan yang dihadapi sekolah dewasa ini ialah karena guru-guru cenderung mau berhenti untuk belajar.