Diskusi 2

Ummi Rasyida Syafawani_H.2210053

Ummi Rasyida Syafawani_H.2210053

by UMMI RASYIDA SYAFAWANI -
Number of replies: 0

Tanggapan Mengenai Video Fungsi Dan Manfaat Media Pembelajaran:

Apakah pembelajaran dapat dilakukan tanpa media pembelajaran? 

Pembelajaran tetap dapat dilakukan tanpa media pembelajaran karena dalam hal ini media pembelajaran hanyalah alat bantu dalam kegiatan pembelajaran, tetapi pastinya tidak akan seefektif ketika menggunakan media pembelajaran, karena fungsi media pembelajaran ada fungsi atensi, afektif, kognitif, dan kompensantoris, dimana fungsi-fungsi media pembelajaran tersebut membuat kegiatan pembelajaran menjadi efektif dan lebih bermakna, terutama bagi siswa. 

‌Apa perbedaan manfaat yang kalian rasakan jika belajar menggunakan media pembelajaran: teks, gambar, video/animasi, praktikum/percobaan?

Dengan adanya media pembelajaran pastinya sangat bermanfaat selama kegiatan pembelajaran, berikut manfaat media pembelajarn menurut saya:

Teks: Menggunakan media pembelajarn teks pastinya dapat membantu kegiatan pembelajaran, tetapi dalam penggunaan “teks” mungkin akan kurang membantu jika kita sebagai guru dalam menyajikannya tidak membuat dengan semenarik mungkin/kurang kreatif/kurang inovatif, karena jika hanya mengandalkan teks akan membuat siswa menjadi jenuh/boring, seperti hanya menggunakan buku, modul, dll sebagainya, yang didalamnya hanya berupa teks-teks yang tidak menarik dan tidak dapat meningkatkan semangat belajar anak. Karena itulah kita sebagai guru harus dapat menginovasikan media pembelajaran tersebut dengan semenarik mungkin, seperti membuat spiner yang didalamnya bisa berisi informasi-infomasi penting seputar materi pembelajaran atau dapat berisi pertanyaan-pertanyaan yang dapat meningkatkan daya fikir anak, dengan media pembelajaran tersebut dapat membantu siswa agar lebih termotovasi untuk belajar dan membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif.

Gambar: Dengan menggunakan media pembelajaran ini dapat membantu kegiatan pembelajaran, karena siswa akan lebih tertarik untuk belajar, dimana yang tadinya tidak semangat dan siswa tidak paham dengan materi yang disampaikan, akan membuat siswa lebih paham dikarenakan terdapat gambar yang menarik perhatian mereka, dan membuat siswa menjadi lebih fokus dan semangat. Dimana didalam gambar tersebut pastinya juga terdapat materi pembelajaran yang ingin disampaikan kepada anak dan membuat kegiatan menjadi lebih bermakna bagi siswa.

Video/Animasi: Penggunaan media pembelajarn bentuk video/animasi ini menurut saya hampir sama dengan menggunakan gambar, tetapi penggunaan video menurut saya akan lebih bermakna lagi, karena selain melihat materi yang disajikan dengan menarik dalam bentuk video tersebut, siswa juga mendengarkan apa yang disampaikan didalam video, karena didalam video, gambar dan suara dikeluarkan seccara bersamaan, dan dengan suara yang muncul akan membuat siswa lebih fokus aka napa yang disampaikan, siswa tidak akan terdistrek dengan suara-suara dari luar kelas atau suara-suara lainnya. 

Praktikum/Percobaan: Penggunaan media pembelajaran dengan praktikum/percobaan menurut saya sangat-sangat bermanfaat, karena dengan praktium/percobaan ini bukan hanya materi yang siswa dapatkan tetapi juga pengimplementasian langsung, dan hal ini dapat membuat siswa lebih paham akan apa yang disampaikan oleh guru. Dan menurut saya dengan praktikum ini merupakan yang paling efektif, karena selain dapat diimplementasikan secara langsung tetapi juga dapat membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik, membangkitkan semangat/motivasi belajar siswa, membuat kegiatan menjadi lebih bermakna, dan dapat diterima dengan baik oleh siswa, apa yang sedang disampaikan oleh guru, tanpa membuat siswa jenuh, karena jika hanya teori yang diberikan tanpa praktikum langsung akan gampang dilupakan oleh siswa dimasa yang akan datang/tidak bermakna.

Kesimpulannya: Menurut saya semua media pembelajaran sangat efektif dalam membantu kegiatan pembelajaran, karena hal itulah sebagai guru harus dapat kreatif dan inovatif dalam mengembangkan media pembelajaran agar dapat membantu kegiatan pembelajaran menjadi lebih bermakna.

 

 

DISKUSI 1

Di atas telah diberikan link video pembelajaran. Meteri tentang fungsi media pembelajaran dibuat dengan program Sparkol Videoscribe sedangkan materi tentang manfaat media pembelajaran dibuat dengan program Camtasia.

Dari kedua jenis media yang diberikan di atas, media mana yang kamu anggap media yang paling efektif dan paling baik? Mengapa demikian?

Menurut saya media dengan program “Sparkol Videoscribe”, karena didalam video tersebut menarik untuk dilihat sehingga membuat kita tidak jenuh dalam menontonnya dan membuat kita fokus dalam menerima materi. Materi yang disampaikan juga to the point tidak bertele-tele sehingga membuat langsung paham, ditambah dengan animasi pendukung yang juga berhubungan dengan materi yang disampaikan, membuat kita lebih paham terhadap materi yang disampaikan.

 

Apakah kedua media memberikan fungsi dan manfaat yang berbeda?

Menurut saya kedua media pembelajaran tersebut mempunyai fungsi dan manfaat yang sama, yaitu untuk membantu kegiatan pembelajaran agar lebih menarik, tetapi menurut saya yang membedakan, apakah kedua media tersebut mempunyai kefektifan yang sama dalam menyampaikan materi yang diajarkan. Karena menurut saya media pembelajaran dengan menggunakan program “Sparkol Videoscribe” lebih efektif dalam kegiatan pembelajaran.