penerapan dalam kehidupan sehari-hari :
1. Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning, PBL): Siswa diberikan masalah fisika yang relevan dan harus mencari solusi melalui penelitian dan diskusi. Contohnya, mengajukan pertanyaan tentang besaran dan sistem satuan, penjumlahan gaya, atau elastisitas bahan.
2. Discovery Learning Berbasis Edutainment: Model ini menggabungkan pendekatan discovery learning dengan elemen hiburan (edutainment). Siswa diajak untuk mengeksplorasi konsep fisika melalui aktivitas yang menarik dan interaktif2.
penerapan dalam agama :
Misalnya, menggambarkan bagaimana hukum-hukum fisika berlaku dalam kehidupan sehari-hari dan bagaimana nilai-nilai agama memandu perilaku kita dalam menghadapi situasi tersebut.
Guru dapat menciptakan suasana kelas yang ramah dan mendukung, di mana peserta didik merasa nyaman untuk berbicara tentang konsep fisika dan bagaimana nilai-nilai agama mempengaruhi pandangan mereka terhadap dunia