Observation

Observasi 3.11

Observasi 3.11

by VIOLITA DWI ARIATNA -
Number of replies: 0

1. Jika dirumah anda terdapat cermin datar, maka perhatikanlah saat anda bercermin?

 

 

 

Saat saya bercermin, saya melihat bayangan diri saya sendiri yang tegak dan sama besar dengan benda aslinya. Bayangan tersebut berada di belakang cermin, sejajar dengan benda aslinya.

 

 

 

2. Bagaimanakah sifat-sifat cermin tersebut berdasarkan hasil percobaan?

 

 

 

Berdasarkan hasil percobaan, cermin datar memiliki sifat-sifat sebagai berikut:

 

 

 

- Bayangan tegak

 

 

 

Bayangan yang dihasilkan oleh cermin datar adalah tegak, sama seperti benda aslinya. Hal ini karena sinar-sinar pantul dari benda aslinya datang sejajar dengan sumbu utama cermin.

 

 

 

- Bayangan sama besar

 

 

 

Bayangan yang dihasilkan oleh cermin datar sama besar dengan benda aslinya. Hal ini karena sinar-sinar pantul dari benda aslinya dibiaskan oleh cermin datar dengan sudut pantul yang sama dengan sudut datang.

 

 

 

- Bayangan maya

 

 

 

Bayangan yang dihasilkan oleh cermin datar adalah maya, artinya bayangan tersebut tidak dapat ditangkap oleh layar. Hal ini karena sinar-sinar pantul dari benda aslinya tidak berpotongan di belakang cermin, melainkan hanya sejajar dengan sumbu utama cermin.

 

 

 

3. Mengapa hal tersebut terjadi?

 

 

 

Hal tersebut terjadi karena cermin datar memiliki permukaan yang datar dan licin. Ketika cahaya mengenai permukaan cermin datar, cahaya akan dipantulkan dengan sudut pantul yang sama dengan sudut datang.

 

 

 

Pada percobaan ini, saya menggunakan cermin datar untuk melihat bayangan diri saya sendiri. Bayangan yang saya lihat adalah tegak, sama besar, dan maya. Hal ini karena sinar-sinar pantul dari benda yang sebenarnya datang sejajar dengan sumbu utama cermin, dibiaskan oleh cermin datar dengan sudut pantul yang sama dengan sudut datang, dan tidak berpotongan di belakang cermin, mel

ainkan hanya sejajar dengan sumbu utama cermin.