Elaboration

Elaborasi KD 3.12

Elaborasi KD 3.12

by DHEA DWI NOVITA -
Number of replies: 0

Penerapan pemanasan global dalam kehidupan sehari hari:

1. Perubahan Cuaca Ekstrem: Pemanasan global dapat mengakibatkan cuaca yang lebih ekstrem, seperti gelombang panas, badai, banjir, dan kekeringan yang memengaruhi kehidupan sehari-hari dan keamanan masyarakat.

2. Peningkatan Suhu: Suhu yang lebih tinggi dapat memengaruhi kenyamanan sehari-hari, mengakibatkan kebutuhan penggunaan pendingin udara yang lebih banyak, yang pada gilirannya berdampak pada konsumsi energi.

3. Perubahan Musim: Pemanasan global dapat memengaruhi musim dan pola cuaca, yang dapat berdampak pada pertanian, termasuk penjadwalan tanam dan panen.

 

Penerapan pemanasan globlal dalam beragama:

Al-Quran turut membicarakan konsep keseimbangan, di mana manusia dilarang mengganggu ataupun merusak keseimbangan tersebut. Karena itulah, keseimbangan merupakan hukum alam. Berbagai bukti ilmiah juga menunjukkan kerusakan-kerusakan yang terjadi di bumi ini, mulai dari kebakaran hutan, memutihnya terumbu karang, dan cuaca ekstrem, adalah akibat dari keseimbangan yang terganggu.

Al-Quran dalam Surat Ar-Rum ayat 41 juga menyampaikan kerusakan-kerusakan yang terjadi di darat dan laut akibat perbuatan manusia. Terjadinya bencana alam terjadi yang merugikan manusia dan makhluk di bumi menjadi peringatan bagi manusia untuk menjaga keseimbangan itu.