Elaboration

ELABORATION 2

ELABORATION 2

by MEGA KOMALA OKTAPIANI -
Number of replies: 0

 

Tugas 1 

Kurikulum menjadi peranan yang sangat penting dalam dunia pendidikan sebagai pengarah tujuan pendidikan kedepannya agar berjalan menjadi lebih baik dan maksimal. Dalam pengaplikasian kurikulum dikembangkan disekolah untuk menyesuaikan keadaan dan kebutuhan lingkungan, karena hal tersebut berkaitan satu sama lain didalamnya dan menjadi acuan semua pihak yang berperan dalam melaksanakan kurikulum yang berlaku. Proses kurikulum meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan serta evaluasi, dalam pembangunan.

Tugas 2

Al-Qur’an berisikan banyak ayat-ayat tentang komponen pendidikan. Salah satunya ayat-ayat tentang kurikulum. Muatan kurikulum berkaitan tentang materi/bahan/isi yang diberikan untuk peserta didik di lembaga pendidikan terutama lembaga pendidikan Islam, seperti materi pendidikan tauhid, materi pendidikan ibadah, materi pendidikan akhlak, materi pendidikan kesehatan, materi pendidikan sosial, materi pendidikan keterampilan, dan materi pendidikan estetika. Ayat Al-Qur’an tentang materi pendidikan tauhid salah satunya terdapat dalam Q.S. Al Baqarah ayat 133, materi pendidikan ibadah ada dalam Q.S. An-Nuur ayat 55- 57, materi pendidikan akhlak termuat dalam Q.S. Al Imran ayat 159, materi pendidikan kesehatan yakni Q.S. Yunus ayat 57, materi pendidikan sosial ada pada Q.S. al-Hujurat ayat 10, materi pendidikan keterampilan ada dalam Q.S. Al-An’am ayat 135 dan materi pendidikan estetika terdapat pada Q.S. al-A’raf ayat 31. 

Kurikulum yang dilaksanakan dalam lembaga pendidikan Islam mesti mengacu pada Al-Qur’an dan hadis. Peserta didik yang beriman, berakhlak mulia dan berilmu serta terwujudnya peradaban manusia Muslim yang berkualitas merupakan tujuan pendidikan Islam. Oleh karenanya, dalam mencapai tujuan tersebut mesti dibarengi dengan materimateri pada kurikulum yang sesuai dengan ayat-ayat Al-Qur’an. Semua guru hendaknya mengetahui ayat-ayat Al-Qur’an tentang kurikulum.