Forum Diskusi 4: Kewirausahaan Sosial

Anak Muda Sebagai Masa Depan Bangsa

Anak Muda Sebagai Masa Depan Bangsa

by Dinny Fauziati Nur -
Number of replies: 0

Seseorang pernah berkata, “anak muda itu, biaran mereka menganalisis masalah, lalu soal eksekusi serahkan kepada mereka”. Sebagai agent of change tentu anak muda menjadi tonggak dari masyarakat. Harapan besar telah di tanggung anak muda di masa yang akan datang.

            Peristiwa reformasi 1998, telah mengingatkan kita begitu besarnya peran anak muda untuk merubah suatu negara menjadi lebih baik. Anak muda dinilai dapat mengambil peran untuk melakukan perubahan.

Anak muda memiliki jaringan yang lebih luas, kemampuan berfikir yang luar biasa, juga lebih kreatif dan inovatif. Hal ini tentunya dapat membantu masyarakat yang sedang mengalami kesulitas social ekonomi terutama di masa Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Anak muda secara refleksif dapat menerapkan berbagai macam strategi untuk mengatasi keterbatasan lapangan pekerjaan. Ketika pemerintah tidak mampu memberikan solusi, diharapkan aktivitas bisnis social dapat menciptakan peluang ekonomi, adanya peluang yang dimiliki anak muda untuk berkreasi di berbagai bidang sekaligus mengurangi kesenjangan ekonomi di masyarakat merupakan sebuah tantangan yang serius yang dapat diwujudkan, peran pemerintah tentu tetap menjadi kerrangka pijakan yang tidak dapat dipisahkan dari nilai sosial bermasyarakat.