Elaboration

elaborasi

elaborasi

by AJRI ALFARIJI -
Number of replies: 0
  • Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Pemanasan global adalah isu yang sangat penting dan mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari. Berikut adalah beberapa cara untuk memahami dan mengatasi pemanasan global dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Mengurangi penggunaan bahan bakar fosil dan menggantinya dengan sumber energi terbarukan seperti energi matahari, angin, dan air.
  2. Mengurangi emisi gas rumah kaca dengan cara mengurangi limbah, mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, dan mengurangi penggunaan listrik.
  3. Mengurangi penggunaan bahan-bahan kimia yang dapat merusak lapisan ozon.
  4. Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan dan mengurangi penggunaan bahan-bahan yang dapat merusak lingkungan.
  5. Peningkatan pemberdayaan masyarakat dalam adaptasi perubahan iklim sesuai kondisi setempat.
  6. Peningkatan pengendalian dan pencegahan dampak pemanasan global terhadap kesehatan manusia.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat melakukan hal-hal sederhana seperti mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, mematikan peralatan listrik yang tidak digunakan, dan memilah sampah untuk daur ulang. Selain itu, kita juga dapat memilih produk-produk yang ramah lingkungan dan mendukung upaya-upaya untuk mengurangi pemanasan global. Dengan melakukan hal-hal kecil ini, kita dapat membantu mengurangi dampak pemanasan global dan menjaga keberlangsungan hidup di Bumi.

 

  • Hubungannya dengan Agama

Allah SWT sudah memberi isyarat mengenai bahaya perubahan iklim dan pemanasan global, dalam QS At-Takwir ayat 6 dan QS Al-Infithar ayat 3. Dalam dua surah tersebut terdapat kata “dipanaskan” dan “dijadikan meluap” sebagai tanda hari kiamat yang sangat persis dengan fenomena pemanasan global. Kedua surah tersebut memberikan pelajaran kepada kita untuk senantiasa memperhatikan cuaca dan tidak merusak keseimbangannya.

 

Allah SWT berfirman yang artinya:

 

“Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka agar mereka kembali (ke jalan yang benar)” (QS. Ar-Rum : 41).