Forum Diskusi 1: Pemetaan Sosial

Pemetaan Sosial di Daerah Kepulauan Terluar Indonesia

Pemetaan Sosial di Daerah Kepulauan Terluar Indonesia

by DINA MILA PRASASTI -
Number of replies: 0

Indonesia sebagai negara kepuluan terbesar di dunia, dengan 17.508 pulau yang tersebebar di sekitar garis khatulistiwa, yang memanjang dari sabang hingga merauke. terdiri dari batas laut, darat dan udara adalah kesatuan yang utuh dan tidak dapat dipisahkan. pulau- pulau yang terbentang di sepanjang perairan Indonesia memiliki banyak kekayaan alam yang tersimpan yang biasa di manfaatkan demi kemajuan bangsa Indonesia. Kekayaan itu juga termasuk kekayaan yang terdapat di perairan sekitar pulau tersebut. kekayaan itu apabila dimanfaatkan dengan sebaiknya akan bisa memajukan negara Indonesia dan mensejahterahkan kehidupan rakyat Indonesia.

Salah satu langah awal untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan dilakukannya Pemetaan sosial. Pemetaan Sosial adalah metode visual yang menunjukkan lokasi relatif suatu komunitas atau kelompok yang dilakukan untuk menemukenali dan mendalami kondisi sosial komunitas tersebut. Pemeteaan Sosial adalah salah satu alat dari adanya Analisis Sosial.

Dengan keadaan geografis NKRI yang merupakan negara kepulauan, tentu bukan hal yang mudah untuk dilakukannya Pemetaan Sosial di pulau-pulau terluar Negara Indonesia. banyak hambatan yang harus dihadapi, seperti akses menuju kepulaun terluar, bahkan kondisi geografis kepulauan tersebut yang pembangunannya belum maksimal. Dengan banyaknya hambatan tersebut, pemetaan sosial mau tidak mau harus dilakukan, karena dengan adanya hel tersebut, dapat diketahui secara menyeluruh keadaan/kondisi sosial Masyarakat di seluruh Wilayah NKRI.