Elaboration

Elaboration

Elaboration

by SITI MUTMAINAH -
Number of replies: 0

A. Penerapan Teori Kinetik Gas dalam Kehidupan Sehari-Hari

1. Penerapan Tekanan Zat Gas pada Balon Udara

Ketika udara dalam balon dipanaskan menggunakan api yang ada pada balon udara maka berat balon menjadi lebih kecil dari gaya ke atas sehingga balon akan bergerak ke atas. Jika suhu udara dalam balon dikurangi, maka berat balon menjadi lebih besar dari gaya ke atas sehingga balon akan turun.

2. Penerapan Tekanan Zat Gas pada Kapal Laut

Kapal laut dapat menggapung ke dalam permukaan air karena adanya zat gas dalam rongga kapal. Rongga tersebut mampu memindahkan air yang cukup bsar sehingga kapal akan mendapatkan gaya ke atas sama besar dengan berat kapal.

3. Penerapan Tekanan Zat Gas pada Kapal Selam

Kapal selam dilengkapi tangi khusus untuk mengisi udara dan air. Ketika tangki kapal terisi penuh maka berat kapal selam lebih besar dari gaya ke atas yang dialami oleh kapal sehingga kapal akan tenggelam. Jika sebagian air dalam tangki akan dikeluarkan berat dan gaya ke atas sama maka kapal selam akan mneyelam di dalam air. Tetapi, ketika tangki dikosongkan maka gaya ke atas akan lebih besar dari berat kapal selam, akibatnya kapal selam akan menggapung.

4. Penerapan Tekanan Zat Gas pada Pesawat Terbang

Aliran udara bagian atas pesawat akan lebih cepat daripada aliran udara bawah pesawa. Akibatnya dihasilkan suatu gaya ke atas yang tegak lurus dengan arah aliran udara. Gaya ke atas sayap pesawat menekan sayap pesawat sehingga pesawat dapat terbang.

5. Penerapan Tekanan Zat Gas pada Pompa Ban

Udara dari pompa dipaksa masuk ke dalam ban sepeda. Pada saat pompa ditarik maka volume udara pada pompa akans emakin besar, kemudian saat kita tekan ppompa tersebut maka volume udara akan semakin kecil dan tekanan udara menjadi leih besar untuk mendorong masuk ke dalam ban sepeda.

B. Kaitan Teori Kinetik Gas dengan Agama

Terdapat dalam QS. Yunus ayat 101, yang artinya: Katakanlah, "Perhatikanlah apa yang ada di langit dan di bumi!" Tidaklah bermanfaat tanda-tanda (kebesaran Allah) dan rasul-rasul yang memberi peringatan bagi orang yang tidak beriman.

Dan dalam QS Ar-Rum ayat 48, yang artinya: Allah-lah yang mengirimkan angin, lalu angin itu menggerakkan awan dan Allah membentangkannya di langit menurut yang Dia kehendaki, dan menjadikannya bergumpal-gumpal, lalu engkau lihat hujan keluar dari celah-celahnya, maka apabila Dia menurunkannya kepada hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki tiba-tiba mereka bergembira.