Diskusi Sesi Ke-1

Menjawab pertanyaan sesi 1

Menjawab pertanyaan sesi 1

oleh APRIL YANA YULIANI -
Jumlah balasan: 7

 Dalam konteks pengembangan karakter siswa di SD/MI, memahami prinsip-prinsip dasar pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia melalui materi drama memiliki beberapa poin penting:

1. Mengembangkan Moral dan Etika : Drama sering kali mengangkat cerita dengan pesan moral yang kuat, seperti kejujuran, kerja sama, dan rasa tanggung jawab. Ketika siswa memahami dan memainkan peran dalam drama, mereka dapat belajar nilai-nilai ini secara kontekstual dan interaktif.

2. Keterampilan dan Berkomunikasi : Drama memerlukan siswa untuk berdialog dan berinteraksi dengan teman-teman mereka. Dalam hal ini dapat membantu siswa dalam keterampilan berbicara, mendengarkan, dan mengekspresikan diri secara efektif. 

3. Peningkatan Imajinasi dan Kreatif : Dengan bermain peran, siswa dapat mengembangkan daya imajinasi dan kreativitas mereka. Mereka belajar untuk melihat dunia dari sudut pandang yang berbeda, yang dapat memperluas wawasan dan cara berpikir mereka.

4. Pemahaman Budaya dan Sastra : Memahami dan memainkan drama dapat memperkenalkan siswa pada kekayaan budaya Indonesia, sekaligus melatih apresiasi terhadap sastra dan warisan bangsa.

Sebagai balasan APRIL YANA YULIANI

Re: Menjawab pertanyaan sesi 1

oleh NUR HALIZSAH ANDINI -
Dari beberapa poin yang disampaikan ada yang ingin saya tanggapin seperti, seperti halnya bahwa drama dapat mengembangkan moral dan etika siswa di SD/MI dalam hal ini siswa akan memahami dan memainkan peran dalam drama sehingga mereka dapat belajar nilai-nilai secara kontekstual dan interaktif. Pertanyaanya drama seperti apa yang akan anda berikan kepada siswa anda untuk dimainkan dalam hal mengembangkan moral dan etika siswa?
Sebagai balasan NUR HALIZSAH ANDINI

Re: Menjawab pertanyaan sesi 1

oleh JUMIYATI JUMIYATI -
Ijin menjawab yaa, ada banyak contoh drama yang dapat diberikan kepada siswa untuk diimplementasikan yang cocok dalam mengembangkan moral dan etika siswa, salah satu contohnya seperti pada video drama yang saya lihat disalah satu akun YouTube. Linknya saya save di bawah ya teman-teman, jangan lupa ditonton sebagai bahan pembelajaran kita dalam memilih tema yg cocok untuk mengembangan karakter siswa😊

https://youtu.be/t70xD28HB10?si=MwMy9BbwCjmfVgqO
Sebagai balasan APRIL YANA YULIANI

Re: Menjawab pertanyaan sesi 1

oleh ANA TRIANA WULANDARI -
ijin menanggapi juga dari poin keterampilan dan berkomunikasi,saya setuju dengan drama dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam berkomunikasi,tetapi kadang ada juga siswa yang merasa gugup untuk tampil di depan banyak orang,apalagi drama itu harus di hadapkan dengan penampilan di depan banyak orang,jadi tips jika ada anak yang merasa gugup atau ketakutan pada saat melakukan drama itu bagaimana?
Sebagai balasan ANA TRIANA WULANDARI

Re: Menjawab pertanyaan sesi 1

oleh JUMIYATI JUMIYATI -
Hallo kak, ijin menjawabnya.
Menurut saya ada beberapa tips yaang bisa diterapkan jika sedang menghadapi situasi tersebut, yaitu:

1. Penugasan, sebagai pengajar kita perlu memberikan tugas(tanggung jawab) kepada seluruh siswa sehingga semunya memiliki tugasnya masing-masing yaa.
2. Pembiasaan, nah untuk menangani rasa malu dan ketakutan siswa yaitu dengan cara pembiasaan dengan melaksanakan pelatihan secara berkala yang didampingi secara langsung oleh guru. Sehingga ketika siswa telah mahir dan mendalami perannya siswa secara otomatis bisa dilatih ditampilkan di depan teman-teman kelasnya terlebih dahulu baru ke skala yang lebih besar seperti depan seluruh siswa dan guru di sekolah.
3. Terakhir yang tak kalah penting yakni dengan memberikan reward/Apresiasi khusus untuk siswa-siswinya, contohnya ucapan selamat/semangat, hadiah yang bermanfaat walau hanya berupa buku dan lainnya serta bisa memberikan nilai tambahan untuk siswa-siswinya.

Semoga membantu, dan bila ada pendapat lainnya bisa disampaikan ya teman-teman 🙏
Sebagai balasan APRIL YANA YULIANI

Re: Menjawab pertanyaan sesi 1

oleh SERVINA DWI ANJANI -
Tambahan sedikit dari saya tentang pentingnya memahami prinsip-prinsip dasar pembelajaran bahasa dan sastra indonesia melalui materi drama:
1. Drama juga mengajarkan siswa untuk percaya diri, yang tercermin ketika mereka memainkan drama. Berakting di depan teman-teman nya bahkan didepan orang banyak dapat meningkatkan rasa percaya diri dalam diri siswa. Dan karakter itu akan tetap dibawa dalam diri siswa tidak hanya ketika sedang berakting saja.
Sebagai balasan APRIL YANA YULIANI

Re: Menjawab pertanyaan sesi 1

oleh SASKIA SYALSA ZABILLAH JR. -
Pernyataan mengenai pentingnya drama dalam pengembangan karakter siswa sangat menarik. Namun, perlu ditekankan bahwa tidak semua drama efektif dalam mencapai tujuan tersebut. Pemilihan teks drama yang tepat, serta strategi pembelajaran yang variatif, sangat penting untuk memastikan bahwa siswa dapat menginternalisasi nilai-nilai moral yang terkandung dalam drama. Selain itu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengukur dampak jangka panjang dari pembelajaran drama terhadap perkembangan karakter siswa
Sebagai balasan SASKIA SYALSA ZABILLAH JR.

Re: Menjawab pertanyaan sesi 1

oleh JUMIYATI JUMIYATI -
Ijin menjawab yaa🙏
Memilih drama yang efektif, teks/tema drama yang tepat serta strategi pembelajaran yang variatif tersebut merupakan tugas guru sebagai pengajar yg pintar-pintar dalam memilih tema dan stategi akan diterapkan sesuai dengan tujuannya yaitu mengembangkan karakter siswa.
Dan untuk penelitian yang lebih lanjut tersebut dapat kita membaca dari berbagai artikel dan jurnal yang relevan dengan tujuan kita yaitu mengembangan karakter siswa dengan drama. Disana kita dapat menjadikan acuan atau tips dalam menerapkan metode pembelajaran dalam bentuk drama secara berkala dan melalui pelatihan dan bimbingan langsung oleh guru sehingga menghasilkan dampak yang kita inginkan seperti tujuan awal.