Diskusi Sesi Ke-1

Menjawab pertanyaan diskusi sesi 1

Menjawab pertanyaan diskusi sesi 1

oleh SERVINA DWI ANJANI -
Jumlah balasan: 1

Dalam konteks pengembangan karakter siswa di SD/MI, pentingnya memahami prinsip-prinsip dasar pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia melalui materi drama: 

1. Drama memungkinkan siswa untuk mengalami berbagai perasaan dan perspektif melalui karakter yang berbeda. Ini membantu mereka memahami dan merasakan pengalaman orang lain, yang penting untuk pengembangan empati dan pemahaman emosional.

2. Melalui latihan berperan dan dialog dalam drama, siswa dapat meningkatkan keterampilan berbicara dan mendengarkan, serta belajar cara mengekspresikan ide dan perasaan mereka dengan lebih efektif. Membantu siswa mengembangkan keterampilan berkomunikasi dengan baik dan benar

3. Drama sering kali melibatkan kerja tim, yang mengajarkan siswa pentingnya kerja sama, tanggung jawab, dan saling menghargai dalam kelompok

4. Mengolah naskah, mengembangkan karakter, dan merancang adegan mendorong kreativitas dan imajinasi siswa, yang juga dapat mendukung pemecahan masalah dan pemikiran kritis.

5. Berakting di depan teman-teman mereka dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa, memberi mereka kesempatan untuk tampil dan mendapatkan umpan balik positif.

6. Drama sering kali mencerminkan budaya dan nilai-nilai masyarakat. Dengan mempelajari drama, siswa dapat memahami dan menghargai warisan budaya serta nilai-nilai yang ada dalam masyarakat mereka.

7. Drama membantu siswa dalam memahami dan menggunakan bahasa dengan cara yang lebih dinamis, seperti pemilihan kata, struktur kalimat, dan intonasi, yang semuanya memperkaya keterampilan bahasa mereka.

Sebagai balasan SERVINA DWI ANJANI

Re: Menjawab pertanyaan diskusi sesi 1

oleh JUMIYATI JUMIYATI -
Hallo👋
Sebelumnya izin menanggapi yaa🙏

Saya sangat setuju dengan pemikirannya pada beberapa hal di atas. Namun, saya kurang setuju dengan poin ke 4 yang dimana siswa yang mengelola naskah dan merancang adegan dalam drama. Akan lebih efektif dan tujuan dari suatu drama dalam pengembangan karakter siswa dirancang oleh guru sebagai pengajar sehingga tema dan alur cerita relevan dan sesuai dengan seluruh karakter siswa yang beragam sehingga seluruh siswa berperan aktif tanpa ada yang pasif.
 
Mungkin mengajak siswa dalam menganalisis isi/struktur pada drama lebih cocok dimana pada proses tersebut dapat membantu fokus siswa dalam mengamati drama yg berlangsung/diputar.
Keterampilan berpikir siswa juga diasah dalam menyimak alur drama yang berlangsung. 
 
Ini cuman pendapat dan pandangan saya, bila ada pendapat teman-teman yang lainnya yg berbeda mari kita berdiskusi dan belajar bersama ya🙏