Diskusi Sesi Ke-1

Menjawab pertanyaan diskusi sesi 1

Menjawab pertanyaan diskusi sesi 1

by SITI JOHAR MANIKAM -
Number of replies: 4

Memahami teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dapat membantu guru untuk mengambil tindakan pedagogik dan edukatif yang tepat. Begitu pula dalam memahami prinsip-prinsip dasar pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang dapat diterapkan dalam konteks pengembangan karakter siswa melalui materi drama, diantaranya:

1. Prinsip kontekstual. Dengan prinsip ini, peserta didik dapat membuat hubungan antara peran yang dimainkan dalam drama atau pembelajaran yang didapat dari cerita drama dengan kehidupan nyata

2. Prinsip integratif. Dengan memahami prinsip ini dapat memungkinkan siswa belajar kosakata yang dapat dipadukan dengan pembelajaran membaca, menulis, atau berbicara.

3. Prinsip fungsional. Dimana dalam hal ini siswa dapat menjadikan drama sebagai alternatif dalam menyampaikan aspirasi atau bahkan ide-ide mereka.

4. Dengan bermain drama siswa diajak terlibat langsung dan mencari pengalaman dalam bermain drama

5. Drama juga dapat dijadikan alternatif pembelajaran untuk menarik perhatian dan motivasi siswa

6. Tentunya pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia melalui materi drama, dapat membantu meningkatkan keterampilan berbahasa yaitu: menyimak, berbicara, membaca, dan menulis 

 

In reply to SITI JOHAR MANIKAM

Re: Menjawab pertanyaan diskusi sesi 1

by NUR HALIZSAH ANDINI -
Saya setuju dengan beberapa hal yang disampaikan, tapi dalam prinsip kontekstual dan integratif karakter seperti apa yang dapat dikembangkan melalui drama?
In reply to NUR HALIZSAH ANDINI

Re: Menjawab pertanyaan diskusi sesi 1

by SITI JOHAR MANIKAM -
Pertama pada prinsip kontekstual. Seperti yg kita ketahui prinsip kontekstual ini kan merupakan prinsip yang mengaitkan materi yang diajarkan dengan dunia nyata siswa. Jadi dengan alur dan penokohan yg ada dalam sebuah drama dapat dijadikan sebagai pembentukan karakter siswa, sehingga dalam hal ini guru berperan membimbing siswa untuk menampilkan drama yang banyak sisi positifnya untuk mengembangkan karakter siswa ke arah yang lebih baik.

Sedangkan untuk prinsip integratif. Yang mana prinsip integratif itu merupakan prinsip yang menyatakan bahwa segala kegiatan yang dilakukan saling berkaitan untuk mencapai tujuan bersama. Dalam hal ini prinsip integratif dapat dikembangkan dengan mengikutsertakan siswa dalam proses perencanaan hingga pementasan sebuah drama, yang mana dengan kegiatan ini diharapkan dapat mengembangkan kemampuan berbahasa siswa yang terdiri dari kemampuan menyimak, berbicara, membaca, serta menulis.

Terimakasih
In reply to SITI JOHAR MANIKAM

Re: Menjawab pertanyaan diskusi sesi 1

by JUMIYATI JUMIYATI -
Izin menanggapi, menurut saya dalam prinsip kontekstual yang dimaksud dalam mengembangkan karakter siswa dari drama lebih mengarah pada karakter yang diperankan dalam penokohan drama yang terdiri dari Protagonis, Antagonis dan Titagonis tersebut dalam sebuah drama yang relevan dengan kehidupan nyata siswa, dari alur drama tersebut siswa dapat memahami karakter baik dan buruk dalam drama memberikan mereka pemahamam bahwa di kehidupan nyata ketika siswa menjadi orang seperti tokoh antagonis dalam drama dampaknya akan buruk seperti dijauhkan/ tidak disukai oleh orang lain dan sebagainya. Begitupun karakter dari tokoh-tokoh lainnya dalam drama, sehingga siswa dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Mohon koreksi bila ada kesalahan🙏
In reply to JUMIYATI JUMIYATI

Re: Menjawab pertanyaan diskusi sesi 1

by SITI JOHAR MANIKAM -
Iya saya setuuju dengan tanggapannya. Terimakasih atas tanggapannya