Memahami teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dapat membantu guru untuk mengambil tindakan pedagogik dan edukatif yang tepat. Begitu pula dalam memahami prinsip-prinsip dasar pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang dapat diterapkan dalam konteks pengembangan karakter siswa melalui materi drama, diantaranya:
1. Prinsip kontekstual. Dengan prinsip ini, peserta didik dapat membuat hubungan antara peran yang dimainkan dalam drama atau pembelajaran yang didapat dari cerita drama dengan kehidupan nyata
2. Prinsip integratif. Dengan memahami prinsip ini dapat memungkinkan siswa belajar kosakata yang dapat dipadukan dengan pembelajaran membaca, menulis, atau berbicara.
3. Prinsip fungsional. Dimana dalam hal ini siswa dapat menjadikan drama sebagai alternatif dalam menyampaikan aspirasi atau bahkan ide-ide mereka.
4. Dengan bermain drama siswa diajak terlibat langsung dan mencari pengalaman dalam bermain drama
5. Drama juga dapat dijadikan alternatif pembelajaran untuk menarik perhatian dan motivasi siswa
6. Tentunya pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia melalui materi drama, dapat membantu meningkatkan keterampilan berbahasa yaitu: menyimak, berbicara, membaca, dan menulis