Diskusi Sesi Ke-2

Menjawab pertanyaan diskusi sesi 2

Menjawab pertanyaan diskusi sesi 2

by NURHIKMAH NURHIKMAH -
Number of replies: 4

Konsep pembelajaran bahasa sebagai alat komunikasi dan sastra sebagai media ekspresi budaya dapat diterapkan di SD/MI melalui beberapa pendekatan dan kegiatan terintegrasi yang bisa dilakukan.

Adapun beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap karya sastra sejak dini:

1. Melalui Pembelajaran Berbasis Cerita=> Guru dapat menggunakan cerita-cerita rakyat maupun dongeng sebagai bahan ajar. Selanjutnya siswa dapat menyimak dan mendiskusikan cerita tersebut, yang bertujuan agar dapat meningkatkan keterampilan menyimak dan berbicara mereka. Setelah itu guru dapat meminta siswa untuk menceritakan kembali cerita yang mereka dengar, sehingga hal dapat melatih cara bicara sekaligus cara penyampaian ide mereka.

Dengan mengintegrasikan kegiatan ini ke dalam pembelajaran sehari-hari, siswa tidak hanya dapat mengembangkan keterampilan bahasa dasar mereka, namun juga dapat menumbuhkan rasa cinta dan penghargaan terhadap karya sastra dan budaya yang lebih luas dari.

In reply to NURHIKMAH NURHIKMAH

Re: Menjawab pertanyaan diskusi sesi 2

by MA'ANI MA'ANI -
ijin menanggapi kak

1. Melalui Pembelajaran Berbasis Cerita=> Guru dapat menggunakan cerita-cerita rakyat maupun dongeng sebagai bahan ajar. Selanjutnya siswa dapat menyimak dan mendiskusikan cerita tersebut, yang bertujuan agar dapat meningkatkan keterampilan menyimak dan berbicara mereka. Setelah itu guru dapat meminta siswa untuk menceritakan kembali cerita yang mereka dengar, sehingga hal dapat melatih cara bicara sekaligus cara penyampaian ide mereka.

Dengan mengintegrasikan kegiatan ini ke dalam pembelajaran sehari-hari, siswa tidak hanya dapat mengembangkan keterampilan bahasa dasar mereka, namun juga dapat menumbuhkan rasa cinta dan penghargaan terhadap karya sastra dan budaya yang lebih luas dari.

bagaimana jika ada salah satu siswa yang tadinya benar-benar menyimak tapi ketika di suruh untuk menjelaskan kembali apa yang telah di ceritakan oleh gurunya dia tidak berani untuk masuk karena ada nya rasa takut dan malu nah bagaimana cara guru menghadapi siswa yang demikian?

terima kasih
In reply to MA'ANI MA'ANI

Re: Menjawab pertanyaan diskusi sesi 2

by NUR HALIZSAH ANDINI -
hallo kak, izin ya untuk menjawab pertanyaannya

karena pada dasarnya kita sebagai guru juga harus memahami kesiapan siswa pada saat kegiatan belajar mengajar di dalam kelas yang di mana kita bisa mulai untuk memberikan arahan siswa untuk mulai bercerita ditempat duduknya jika dia tidak mau maju ke depan tapi hal seperti itu kita akan memperbaiki nya di mana kita akan membiasakan siswa untuk bercerita di depan teman-temannya di kala siswa sudah siap dan merasa nyaman dengan kondisi dan lingkungan belajar nya. Dan jika seorang siswa masih merasa takut atau malu saat diminta menjelaskan kembali, guru dapat membantu dengan pendekatan yang mendukung dan empatik, seperti:
1. Memberikan dukungan positif: Yakinkan siswa bahwa tidak apa-apa untuk membuat kesalahan. Pujilah usahanya, bukan hanya hasilnya.
2. Mengurangi tekanan: Beri siswa kesempatan untuk berbicara secara bertahap, seperti dalam kelompok kecil atau individu terlebih dahulu sebelum di depan kelas.
3. Menggunakan metode non-verbal: Izinkan siswa menjelaskan dengan cara lain, seperti gambar atau tulisan, sebelum berbicara.
4. Latihan bertahap: Latih kemampuan berbicara secara perlahan dengan aktivitas yang ringan dan menyenangkan untuk meningkatkan rasa percaya diri.
5. Ciptakan lingkungan yang aman: Bangun suasana kelas yang ramah dan mendukung, sehingga siswa merasa nyaman untuk berbicara tanpa takut dihakimi.

Mohon maaf jika ada kesalahan jangan lupa di koreksi. Jika ada sudut pandang yang berbeda jangan lupa sampaikan. Semangat ya teman-teman. Mari belajar bersama.
In reply to NUR HALIZSAH ANDINI

Re: Menjawab pertanyaan diskusi sesi 2

by JUMIYATI JUMIYATI -
Hallo kak, izin menambahkan jawabannya yaa untuk bagian metode yang dapat digunakan dalam menghadapi situasi tersebut.

1. Untuk menumbuhkam rasa percaya diri kepada siswa juga guru dapat mengajukan beberapa pertanyaan pematik sederhana yang melatih siswa menyalurkan apa yang mereka ketahui/pikirkan. Hal ini diperlukan untuk membiasakan siswa berbicara secara perlahan dan bertahap.
2. Metode kedua yaitu guru dapat membentuk siswa dalam bentuk kelompok secara heterogen dan pada sebelum proses pembelajaran atau beberapa hari sebelum pembelajaran tersebut guru membentuk kelompok dengan masing-masing setiap anggota wajib memiliki pertanyaan/menjawab pertanyaan. Disini secara menyeluruh siswa dapat berperan aktif dan memiliki bisa mempersiapkan diri dalam menyusun pertanyaan atau menjawab pertanyaan dari kelompok lain dari hasil simakannya.
Selain membantu dalam membimbing siswa secara bertahap seperti cara-cara yang telah disampaikan oleh teman-teman di atas, guru juga perlu memberikan tanggung jawab kepada siswanya walau dalam bentuk sederhana dan tidak menutup kemungkinan pertanyaan atau jawaban yang mereka sampaikan kurang tepat asalkan mereka terbiasa dengan metode tersebut dan terbiasa untuk mempresentasikan hasil simakan baik dari diskusi, tanya jawab maupun dari tugas yang diberikan.

Mohon untuk mengoreksi bila pendapat saya kurang tepat🙏