Konsep pembelajaran bahasa sebagai alat komunikasi dan sastra sebagai media ekspresi budaya dapat diterapkan di SD/MI melalui beberapa pendekatan dan kegiatan terintegrasi yang bisa dilakukan.
Adapun beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap karya sastra sejak dini:
1. Melalui Pembelajaran Berbasis Cerita=> Guru dapat menggunakan cerita-cerita rakyat maupun dongeng sebagai bahan ajar. Selanjutnya siswa dapat menyimak dan mendiskusikan cerita tersebut, yang bertujuan agar dapat meningkatkan keterampilan menyimak dan berbicara mereka. Setelah itu guru dapat meminta siswa untuk menceritakan kembali cerita yang mereka dengar, sehingga hal dapat melatih cara bicara sekaligus cara penyampaian ide mereka.
Dengan mengintegrasikan kegiatan ini ke dalam pembelajaran sehari-hari, siswa tidak hanya dapat mengembangkan keterampilan bahasa dasar mereka, namun juga dapat menumbuhkan rasa cinta dan penghargaan terhadap karya sastra dan budaya yang lebih luas dari.