Forum Diskusi Pertemuan 1

Diskusikan

Diskusikan

by ZATURRAHMI ZATURRAHMI -
Number of replies: 11

Coba ananda berikan contoh pengalaman belajaran masing-masing, dimana strategi pembelajaran yang diterapkan sangat membantu ananda dalam memahami materi pembelajaran fisika.

In reply to ZATURRAHMI ZATURRAHMI

Re: Diskusikan

by SURANTI GUSTINA -
Baik bu, izin sedikit menjelaskan pengalaman dalam proses pembelajaran. Jadi, dulu ananda kurang suka belajar mengenai angka-angka apalagi fisika bu, karena menurut ananda itu sangat sulit kemudian sedikit demi sedikit cara atau strategi dalam belajar diubah bu dengan banyak mencari tahu fenomena- fenomena fisika yang terjadi alam disekitar, kemudian menghubungkan seberpa penting fisika dalam kehidupa sehari-hari. Dan saya juga selalu membuat catatan-catatan kecil yang menurut ananda rumit, kemudian diwaktu akan tidur dan dipahi hari mengulang kembali terkait materi yang belum dipahami. Mungkin itu bu, syukron bu🙏
In reply to ZATURRAHMI ZATURRAHMI

Re: Diskusikan

by JESICA RIBY -
Baik Bu, izin menjawab bu.. contoh pengalamannya yaitu saat melakukan praktikum. Strategi pembelajaran yang menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Kami diminta bekerja dalam kelompok untuk mencari solusi dan melakukan percobaan menggunakan alat praktikum dan mendiskusikan hasilnya. Strategi ini sangat membantu karena saya bisa langsung melihat penerapan teori dalam situasi nyata, berdiskusi dengan teman-teman untuk memahami konsep yang sulit, dan melakukan praktik langsung, jadi materi dapat dimengerti lebih mendalam dan paham bagaimana konsenya.
In reply to ZATURRAHMI ZATURRAHMI

Re: Diskusikan

by HESTI INDRIYANI -
baik buk, pengalaman belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran yang ananda terapkan dalam membantu ananda dalam memahami materi pembelajaran fisika adalah dengan menggunakan visual dan audiovisual, contohnya mata ananda akan mencoba mengingat apa hal yang penting dalam sebuah tayangan visual atau materi yang dilihat, dan dibantu dengan pendengaran audiovisual , baik melalui penerangan materi oleh dosen, atau dengan belajar otodidak menggunakan internet. dan hal yang tak kalah penting menurut anada adalah dengan mencatat point penting menggunakan sebuah catatan materi, dengan demikian menurut ananda, ananda lebih mudah memahami materi pembelajaran fisika.
In reply to ZATURRAHMI ZATURRAHMI

Re: Diskusikan

by TAQMAWATI TAQMAWATI -
baik buk,izin sedikit menjelaskan pengalaman dalam proses pembelajaran buk,jadi,dulu ananda suka belajar mengenai angka -angka buk,awal suka nya waktu di sma buk,karena guru nya itu menjelaskan dengan baik buk,dan cepat mengerti dengan apa yang dijelaskan buk,,dan karena termotivasi oleh guru itu buk,ananda berkeinginan kuliah di jurusan fisika buk,,walaupun dari dulu tidak pernah belajar fisika buk,yang ada cuman ipa,ananda yakin,pasti ananda bisa buk,hanya itu buk,sukron buk
In reply to ZATURRAHMI ZATURRAHMI

Re: Diskusikan

by SHIFA MIRANDA -
Baik buk, sedikit menjelaskan pengalaman dalam proses pembelajaran. Jadi sewaktu sma ananda kurang suka belajar fisika buk karena fisika itu sewaktu ananda baru masuk sma membuat ananda membuat bosan .
Tetapi ketika sudah kelas 12 ananda di buat suka belajar fisika karena guru nya bisa menjelaskan dengan detail dan di jelaskan satu satu

Salah satu pengalaman yang membantu adalah ketika diberi kesempatan untuk melakukan percobaan langsung. Dengan melibatkan diri secara fisik dalam eksperimen, saya bisa melihat bagaimana konsep yang dipelajari diterapkan, membuat pemahaman saya lebih mendalam dan konkret.
In reply to ZATURRAHMI ZATURRAHMI

Re: Diskusikan

by LELA SEFITA SARI -
Baik bu, izin sedikit menjelaskan pengalaman dalam proses pembelajaran. Jadi, dulu ananda kurang suka belajar mengenai perhitungan apalagi fisika bu, karena menurut ananda itu sangat sulit, selain sulit ananda juga tidak suka mengenal dan mengikuti pembelajaran yang berkaitan perhitungan maupun angka angka.

salah satu pengalaman ananda ketika itu kebetulan guru kami mengadakan praktek menciptakan gelombang suara yang berkaitan dengan fisika, bahan yang di gunakan saat itu sangat sederhana seperti pipa, kaleng, dan karet. dengan membuat alat musik ananda dapat memahami dan merasakan bagaimana bunyi yang di hasilkan dan bahan mempengaruhi frekuensi suara
In reply to ZATURRAHMI ZATURRAHMI

Re: Diskusikan

by EYFIL ZKHIATUL HIKMAH -
Baik buk,izin sedikit menjelaskan pengalaman saya dalam pembelajaran buk.jadi waktu SMA saya kurang suka dengan pelajaran hitungan-hitungan buk,karena menurut saya pembelajaran hitung hitungan itu sangat sulit buk,,tapi semenjak kls 2 SMA saya mulai menyukai nya buk karna ada seorang guru yang memiliki strategi pembelajaran yang sangat bagus buk dan tidak membosankan walaupun kita tidak bisa guru tersebut pasti akan menjelaskan dengan baik kepada saya sampai saya bisa..krna it saya jadi senang belajar sama guru itu dan saya juga menyenangi hitung-hitungan buk, mungkin itu buk trimakasih buk🙏🙏
In reply to ZATURRAHMI ZATURRAHMI

Re: Diskusikan

by TIRZA MINTASIH -
baik Bu,izin menjelaskan sedikit pengalaman ananda dalam proses pembelajaran,ananda dulu kurang suka dengan fisika buk,karena menurut saya itu sangat sulit,tapi ada waktu dimana guru saya mengubah cara mengajar nya dengan menjelaskan kemudian memberikan soal untuk setiap siswa nya agar lebih paham dan mengerti. dari sanalah saya suka fisika,dan menganggap fisika tidak seburuk itu jika di ajarkan dan di praktekkan
In reply to ZATURRAHMI ZATURRAHMI

Re: Diskusikan

by WARDAH AFIFAH -
Baik buk, pengalaman dan proses pembelajaran ananda, dulu ananda suka matematika tapi kurang suka fisika buk karna banyak rumus yang banyak tidak ananda pahami.waktu belajar mendekati ujian ananda mempelajari materi lagi dan mencari tutorialnya d media sosial , ternyata fisika juga agak menyenangkan seperti matematika. Salah satu metode belajar ananda adalah membaca ulang catatan dan tugass serta melihat tutorial di media sosial. Waktu masuk jadi mahasiswa Fisa ananda sedikit sedikit mulai menyukai fisika. Karna di perkuliahan adanya praktikum membuat ananda lebih paham
In reply to ZATURRAHMI ZATURRAHMI

Re: Diskusikan

by FADHILA HIDAYAH -
Sewaktu SMA kami kurang memahami pelajaran fisika. Oleh karena itu guru fisika kami melaksanakan pengajaran Pelajaran Fisika Melalui Media ajar permainan ular tangga. Dengan permainan ular tangga ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar fisika dan senang untuk belajar fisika
In reply to ZATURRAHMI ZATURRAHMI

Re: Diskusikan

by FADHILA HIDAYAH -
Baik ibu, izin sebelumnya buk sewaktu saya SMA guru fisika Saya mencoba menggunakan media pembelajaran permainan ular tangga dalam pelajaran fisika. Untuk variasi dalam pelajaran fisika, guru tersebut melakukan strategi tersebut. Dengan demikian diharapkan pelajaran fisika dapat dipahami siswa dengan baik serta Belajar dapat terjalani dengan interaktif