Diskusi Sesi Ke-5

Sesi 5

Sesi 5

by APRIL YANA YULIANI -
Number of replies: 1

1. Bercerita

Pengembangan keterampilan berbahasa: Bercerita dapat melatih kemampuan siswa dalam berbicara, menyusun ide, dan menyampaikan pesan secara runtut. Melalui cerita, siswa juga dapat menguasai kosa kata dan memahami struktur narasi.

Penanaman nilai-nilai karakter: Cerita-cerita yang dipilih bisa mengandung nilai-nilai moral, seperti kejujuran, tanggung jawab, atau kerja sama. Siswa bisa belajar tentang nilai-nilai tersebut melalui tokoh-tokoh cerita dan peristiwa yang disajikan.

2. Bermain peran (Role-playing)

Pengembangan keterampilan berbahasa: Bermain peran, melatih siswa untuk menggunakan bahasa dalam konteks yang berbeda, mengasah keterampilan berbicara dan mendengarkan, serta berlatih berinteraksi secara lisan.

Penanaman nilai-nilai karakter: Dalam bermain peran, siswa memerankan karakter tertentu yang dapat mengajarkan empati, kerja sama, serta kemampuan memecahkan masalah. Hal ini dapat menumbuhkan sikap toleran dan menghargai perbedaan.

3. Diskusi kelompok

Pengembangan keterampilan berbahasa: Kelompok diskusi meningkatkan kemampuan berbicara, mendengarkan, dan berpikir kritis. Siswa diajak untuk menyampaikan pendapat, mendengarkan pendapat orang lain, dan mengajukan pertanyaan.

Penanaman nilai-nilai karakter: Diskusi kelompok melatih siswa untuk bekerja sama, menghargai pendapat orang lain, serta menumbuhkan sikap demokratis dan toleran.

4. Menulis jurnal

Pengembangan keterampilan berbahasa: Menulis jurnal membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan menulis, mengungkapkan ide, perasaan, dan pengalaman dengan cara yang terstruktur. Ini juga memperkuat keterampilan tata bahasa dan kosa kata.

Penanaman nilai-nilai karakter: Menulis jurnal dapat menjadi alat refleksi bagi siswa untuk mengenali perasaan, tindakan, dan perkembangan diri mereka. Ini menumbuhkan sikap introspeksi, tanggung jawab, dan kesadaran diri.

6. Tanya jawab

Pengembangan keterampilan berbahasa: Metode ini melibatkan siswa secara aktif dalam berbicara dan mendengarkan. Proses tanya jawab merangsang kemampuan berpikir kritis, memahami informasi, serta menjawab pertanyaan secara jelas dan tepat.

Penanaman nilai-nilai karakter: Tanya jawab melatih siswa untuk berani berbicara, menyatakan kritis, serta menghargai pendapat orang lain. Ini juga melibatkan sikap jujur ​​dan terbuka dalam berbagi pengetahuan dan pendapat.

In reply to APRIL YANA YULIANI

Re: Sesi 5

by JUMIYATI JUMIYATI -
Halo kak izin menanggapi yaa.

Jawabannya tentang penerapan teknik-teknik pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia beserta dengan pengembangan keterampilan berbahasa dan nilai-nilai karakter yang di harapkan dari teknik-teknik tersebut disaat penerapannya di siswa SD/MI sudah sangat jelas dan bagus. Tentu dalam proses penerapannya tidak terlepas dari beberapa tantangan yang akan dialami dari kelima teknik pembelajaran tersebut, biasanya tantangan seperti apa yang sering ditemukan pada siswa jika menerapkan kelima teknik pembelajaran tersebut?

Terimakasih🙏