Diskusi Sesi Ke-6

Menjawab pertanyaan diskusi desi 6

Menjawab pertanyaan diskusi desi 6

by NUR HALIZSAH ANDINI -
Number of replies: 2

1. Buku cerita merupakan media yang sangat efektif untuk mengenalkan siswa pada dunia sastra. Buku cerita dapat dipilih sesuai dengan nilai-nilai karakter yang ingin ditanamkan, seperti kejujuran, kerja keras dan persahabatan. Dalam hal ini dengan menggunakan buku cerita dapat mengembangkan keterampilan berbahasa (seperti keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis).

2. Antologi puisi adalah membaca dan mendiskusikan puisi untuk mengembangkan apresiasi dan pemahaman sastra. Membaca dan mendiskusikan cerita atau puisi bersama siswa dapat mengembangkan keterampilan membaca, memahami, dan mengapresiasi karya sastra. Dalam hal ini dapat menanamkan nilai-nilai karakter seperti kejujuran, empati, kesabaran, kegigihan, kreativitas, dan kecintaan terhadap keindahan (estetika).

3. Media audio seperti rekaman cerita, puisi atau drama dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan menyimak. Dalam hal ini dapat menanamkan nilai-nilai karakter seperti disiplin, tanggung jawab, kesabaran, empati, penghargaan terhadap orang lain, kerja sama, kepedulian, dan kecintaan terhadap keindahan bahasa.

4. Video pembelajaran yang menampilkan cerita atau drama yang sarat dengan pesan moral dapat membuat siswa lebih tertarik dan terlibat dalam pembelajaran. Media ini memungkinkan siswa untuk melihat ekspresi dan intonasi yang digunakan dalam komunikasi lisan. Dalam hal ini dapat mengembangkan keterampilan berbahasa dan menanamkan nilai-nilai karakter seperti kejujuran, kerja sama, tanggung jawab, rasa hormat dan empati.

5. Poster dan flashcard,memperkuat pemahaman siswa dan mengembangkan keterampilan kosakata dan pemahaman visual, terutama dalam mengasosiasikan gambar dengan kata. Dalam hal ini dapat membuat poster tentang nilai-nilai karakter yang dipelajari seperti sikap positif, disiplin.

6. Komik yang berisi cerita dengan pesan moral sehingga dapat menarik minat siswa dan membantu mereka memahami nilai-nilai karakter dan mengembangkan keterampilan berbahasa.

7. Majalah anak, dapat menyediakan berbagai teks bacaan yang relevan dan menarik sehingga dapat mengembangkan keterampilan membaca dan menulis, menanamkan nilai-nilai tanggung jawab, rasa ingin tahu.

8. Alat peraga, guru dapat menggunakan boneka untuk menceritakan cerita atau menggunakan papan cerita untuk membantu siswa merangkai cerita. Dapat memabntu siswa dalam pengembangan kemampuan berbahasa dan menanamkan niali-nilai karakter seperti kesabaran, ketelitian, kreativitas. Bahan-bahan manipulatif untuk mengilustrasikan konsep-konsep bahasa. 

 

Semoga membantu. Terima kasih.

In reply to NUR HALIZSAH ANDINI

Re: Menjawab pertanyaan diskusi desi 6

by WIWIT ANDRIANI -
Terima kasih telah memberikan penjelasan yang komprehensif mengenai penggunaan media pembelajaran untuk mendukung pengembangan keterampilan berbahasa dan penanaman nilai-nilai karakter pada siswa di SD/MI. Penjelasan tersebut sangat informatif dan memperlihatkan betapa pentingnya peran media pembelajaran yang beragam dalam proses pembelajaran siswa.

izin bertanya, bagaimana guru dapat memilih media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa?
In reply to WIWIT ANDRIANI

Re: Menjawab pertanyaan diskusi desi 6

by NUR HALIZSAH ANDINI -
Haloo izin ya untuk menjawab pertanyaannya

Untuk memilih media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa, guru perlu mempertimbangkan beberapa faktor yang penting:
1. Memahami Karakteristik Siswa:
-Usia dan Tahap Perkembangan: Media yang dipilih harus sesuai dengan usia siswa. Anak-anak di SD/MI biasanya lebih tertarik pada visual dan interaktif, seperti gambar, video, atau media digital.
-Gaya Belajar: Beberapa siswa mungkin lebih mudah belajar melalui media visual, sementara yang lain melalui pendengaran (audio) atau gerakan (kinestetik). Guru perlu mengenali variasi ini untuk menyesuaikan media yang tepat.
-Minat dan Kebutuhan: Memilih media yang menarik minat siswa, misalnya komik atau cerita bergambar, akan membuat mereka lebih antusias. Media yang dapat dihubungkan dengan pengalaman sehari-hari siswa juga efektif.
2. Tujuan Pembelajaran:
Media harus selaras dengan tujuan pembelajaran. Jika tujuan pembelajaran adalah untuk mengembangkan keterampilan berbicara, media interaktif seperti permainan peran atau video percakapan bisa dipilih. Untuk keterampilan membaca, buku bergambar atau komik mungkin lebih efektif.
3. Kemampuan Teknologi:
Jika tersedia, media digital seperti presentasi, video interaktif, atau aplikasi pembelajaran bisa sangat efektif. Namun, ketersediaan fasilitas teknologi di sekolah dan di rumah siswa juga harus diperhatikan.
4. Konteks Pembelajaran:
Media pembelajaran harus sesuai dengan topik yang diajarkan. Misalnya, untuk pembelajaran bahasa, guru dapat menggunakan cerita atau lagu yang relevan dengan budaya siswa. Sementara untuk mata pelajaran sains, video eksperimen sederhana bisa membantu visualisasi konsep yang abstrak.
5. Interaktif dan Kolaboratif:
Media yang memungkinkan interaksi antar siswa dan guru, seperti permainan kelompok, diskusi, atau kuis, bisa meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Media yang memungkinkan kolaborasi juga dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa.
6. Ketersediaan dan Kemudahan Penggunaan:
Guru harus mempertimbangkan ketersediaan media dan kemudahannya diakses oleh siswa. Media yang terlalu kompleks atau sulit dipahami akan menghambat proses belajar.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor di atas, guru bisa memilih media yang tidak hanya mendukung pencapaian tujuan pembelajaran tetapi juga menarik minat siswa, serta sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan mereka.

Terima kasih. Semoga membantu