Pemilihan Materi yang Mengandung Nilai Karakter:
Pilih cerita, dongeng, atau narasi yang memiliki pesan moral seperti kejujuran, kerja sama, atau tanggung jawab. Saat siswa mendengarkan cerita, mereka akan terpapar pada nilai-nilai tersebut dan belajar dari contoh-contoh yang diberikan.
Diskusi Nilai Karakter Setelah Menyimak: Setelah kegiatan menyimak, ajak siswa untuk berdiskusi mengenai karakter atau tokoh dalam cerita. Guru bisa bertanya tentang nilai-nilai positif yang ditampilkan dan bagaimana siswa dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Permainan Peran (Role-Playing): Dalam kegiatan berbicara, ajak siswa untuk bermain peran dengan mempraktikkan nilai-nilai karakter. Misalnya, siswa bisa memerankan situasi di mana mereka harus berempati atau bekerja sama. Ini membantu siswa menerapkan nilai-nilai tersebut dalam komunikasi sehari-hari.
Refleksi dan Cerita Pengalaman Pribadi: Setelah kegiatan menyimak, minta siswa menceritakan pengalaman pribadi mereka yang berkaitan dengan nilai-nilai karakter yang didiskusikan. Ini melatih keterampilan berbicara sekaligus membangun kesadaran dan penerapan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan nyata.
Pembiasaan dalam Kegiatan Harian:
Guru bisa membiasakan siswa untuk saling menghormati saat berbicara, misalnya dengan mendengarkan tanpa memotong pembicaraan teman dan memberikan tanggapan yang baik. Hal ini menumbuhkan nilai-nilai karakter seperti menghargai orang lain dan bekerja sama.