Diskusi Sesi Ke-9

Menjawab Pertanyaan diskusi sesi 9

Menjawab Pertanyaan diskusi sesi 9

oleh SHAFIYYAH SHAFIYYAH -
Jumlah balasan: 0

Untuk mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam kegiatan menyimak dan berbicara di SD/MI, penting untuk merancang pembelajaran yang tidak hanya fokus pada kemampuan berbahasa, tetapi juga pada pembentukan kepribadian siswa. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan:

 

Pemilihan Materi yang Memuat Nilai-Nilai Positif

Guru perlu memilih teks, cerita, atau dialog yang mengandung pesan moral. Contohnya, cerita tentang kejujuran, kerja sama, tanggung jawab, atau saling menghargai. Materi ini bisa digunakan sebagai bahan menyimak atau bahan diskusi untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai positif dalam kehidupan sehari-hari.

 

Kegiatan Diskusi Berbasis Nilai Karakter

Setelah siswa menyimak suatu cerita, guru dapat memfasilitasi diskusi untuk mengeksplorasi lebih dalam tentang nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Guru bisa mengajukan pertanyaan seperti, "Apa yang bisa kita pelajari dari tokoh ini?" atau "Bagaimana kita bisa menerapkan nilai ini di sekolah?". Dengan cara ini, siswa dilatih untuk berpikir kritis dan mengungkapkan pendapatnya secara lisan, sekaligus memahami nilai-nilai yang dibahas.

 

Membuat Skenario Role Play Berbasis Karakter

Melibatkan siswa dalam kegiatan role play atau bermain peran memungkinkan mereka untuk berlatih berbicara sekaligus menerapkan nilai-nilai karakter. Misalnya, siswa dapat bermain peran sebagai tokoh yang menunjukkan sifat jujur, bertanggung jawab, atau saling menghormati. Ini membantu mereka memahami bagaimana menerapkan nilai-nilai karakter dalam situasi nyata sambil meningkatkan keterampilan berbicara.

 

Latihan Mendengarkan Aktif

Ketika ada siswa lain yang berbicara, guru dapat mengajarkan siswa untuk mendengarkan dengan penuh perhatian dan memberikan tanggapan yang sopan. Hal ini tidak hanya melatih kemampuan menyimak dengan baik, tetapi juga menanamkan sikap menghargai pendapat orang lain, yang merupakan bagian dari nilai karakter.

 

Pemberian Contoh Sikap dan Bahasa yang Santun

Guru perlu menjadi teladan dalam berbicara dan bersikap. Sikap guru yang sabar, sopan, dan menghargai ketika berbicara akan menjadi model bagi siswa. Ketika guru menggunakan bahasa yang santun dan mengapresiasi pendapat siswa, mereka pun akan belajar untuk berbicara dengan sikap dan bahasa yang sama.

 

Menyusun Cerita Sendiri yang Mengandung Nilai Karakter

Siswa dapat diminta untuk membuat cerita singkat atau menyampaikan pengalaman pribadi yang mengandung nilai-nilai karakter. Misalnya, pengalaman mereka ketika menolong teman atau berbuat jujur di sekolah. Dengan cara ini, siswa dilatih untuk mengungkapkan ide dan pengalaman secara lisan sambil menggali lebih dalam pemahaman mereka tentang nilai-nilai positif.