Mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam kegiatan menyimak dan berbicara untuk meningkatkan keterampilan berbahasa siswa di SD/MI dapat dilakukan dengan beberapa cara atau kegiatan sebagai berikut:
Kegiatan menyimak dapat dilakukan seperti:
1. Kegiatan Mendengarkan Cerita atau Dongeng. Guru dapat membacakan cerita atau mungkin menunjuk salah satu siswa untuk membaca cerita. Kemudian siswa diminta menyimak cerita tersebut, lalu diakhir kegiatan guru merepleksi hasil menyimak siswa dengan memberikan pertanyaan terkait cerita.
2. Diskusi Kelompok. Dengan kegiatan ini siswa dapat menyimak pendapat teman mengenai suatu pembahasan. Dan mengajarkan siswa untuk bertoleransi terhadap pendapat teman yang berbeda.
3. Latihan Mendengarkan Aktif: Siswa dilatih untuk menyimak instruksi atau penjelasan guru dengan baik dan menjawab pertanyaan terkait. Hal ini menanamkan nilai tanggung jawab dan disiplin.
Kegiatan berbicara dapat dilakukan seperti:
1. Presentasi Lisan. Siswa diberi kesempatan untuk presentasi di depan kelas tentang topik tertentu yang mengandung nilai-nilai karakter, seperti kejujuran atau kerja keras.
2. Permainan Peran. Siswa memainkan peran dalam skenario tertentu yang mengajarkan nilai-nilai seperti empati dan kerjasama.
3. Debat atau Diskusi Terarah. Siswa berdiskusi atau berdebat tentang isu-isu yang relevan dengan kehidupan mereka, seperti menjaga lingkungan atau pentingnya membaca. Kegiatan ini mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan menghargai pendapat orang lain.