Permasalahan kualifikasi guru, distribusi tidak merata, serta tingkat putus sekolah di Indonesia pada tahun 2021 memiliki berbagai akar yang kompleks. Pertama, terkait kualifikasi guru, meskipun ada peraturan yang mengharuskan guru memiliki gelar S1, banyak guru di daerah terpencil masih belum memenuhi standar tersebut. Hal ini dikarenakan kesenjangan geografis, ekonomi, dan terbatasnya akses terhadap pendidikan tinggi di beberapa wilayah, terutama di daerah 3T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal.
Referensi Jurnal :
1. Jurnal ALIGNMENT - Journal of Administration and Educational Management (2018). Penelitian ini menyoroti akses pendidikan di Nusa Tenggara Barat, termasuk masalah distribusi guru dan fasilitas yang kurang memadai di daerah 3T.
2. Jurnal Widodo (2010). Dalam jurnal ini, Widodo mengkaji isu-isu yang berkaitan dengan ketertinggalan pendidikan dan putus sekolah.