Menurut saya, akar permasalahan sistem pendidikan di Indonesia yaitu karena Sebagian besar guru di Indonesia belum memiliki kualifikasi akademik minimal S1, Distribusi guru di Indonesia masih belum merata, terutama di daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar). Hal ini meningkatkan ketidaksesuaian antara kebutuhan dan ketersediaan tenaga pendidik di berbagai wilayah, Fasilitas pendidikan di daerah 3T sering kali tidak memadai. Kurangnya infrastruktur dan fasilitas dasar seperti bangunan sekolah, sarana olahraga, laboratorium, dan akses internet mempersulit proses belajar-mengajar, dan masih banyaknya angka putus sekolah.
Untuk mengatasi akar permasalahan ini, perlu dilakukan upaya integratif yang melibatkan pemerintah, institusi pendidikan, dan komunitas lokal. Seperti melaksanakan program peningkatan profesionalisme guru, meningkatkan investasi infrastruktur pendidikan terutama di wilayah 3T, dll.