Bahan Diskusi Pertemuan 2

Diskusi pertemuan 2

Diskusi pertemuan 2

oleh ANNISA NUR AFIFA -
Jumlah balasan: 1

Menurut saya, akar permasalahan sistem pendidikan di Indonesia yaitu karena Sebagian besar guru di Indonesia belum memiliki kualifikasi akademik minimal S1, Distribusi guru di Indonesia masih belum merata, terutama di daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar). Hal ini meningkatkan ketidaksesuaian antara kebutuhan dan ketersediaan tenaga pendidik di berbagai wilayah, Fasilitas pendidikan di daerah 3T sering kali tidak memadai. Kurangnya infrastruktur dan fasilitas dasar seperti bangunan sekolah, sarana olahraga, laboratorium, dan akses internet mempersulit proses belajar-mengajar, dan masih banyaknya angka putus sekolah. 

Untuk mengatasi akar permasalahan ini, perlu dilakukan upaya integratif yang melibatkan pemerintah, institusi pendidikan, dan komunitas lokal. Seperti melaksanakan program peningkatan profesionalisme guru, meningkatkan investasi infrastruktur pendidikan terutama di wilayah 3T, dll. 

Sebagai balasan ANNISA NUR AFIFA

Re: Diskusi pertemuan 2

oleh RIAN DWI ARRAHMAN -
Pendapat Anda mengenai akar permasalahan sistem pendidikan di Indonesia sangat akurat dan komprehensif. Keterbatasan kualifikasi akademik guru, distribusi guru yang tidak merata, fasilitas pendidikan yang kurang memadai, dan angka putus sekolah merupakan masalah serius yang memerlukan perhatian serius. Upaya integratif yang melibatkan pemerintah, institusi pendidikan, dan komunitas lokal sangat penting untuk mengatasi masalah ini. Program peningkatan profesionalisme guru, investasi infrastruktur pendidikan di wilayah 3T, dan peningkatan akses pendidikan merupakan langkah-langkah strategis untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia.