Diskusi Pembelajaran 9

Tantangan dan Solusi dalam Implementasi Pembelajaran Berbasis Teknologi di Kelas.

Tantangan dan Solusi dalam Implementasi Pembelajaran Berbasis Teknologi di Kelas.

by DYAH OKTAVIA -
Number of replies: 1

Nama:Dyah Oktavia

Nim:5232011

1. Tantangan utama dalam mengimplementasikan strategi pembelajaran berbasis teknologi di kelas meliputi:

  • Infrastruktur Teknologi: Ketersediaan perangkat dan koneksi internet yang memadai sering menjadi kendala, terutama di daerah dengan sumber daya terbatas.
  • Pelatihan Guru: Banyak guru mungkin tidak memiliki keterampilan yang cukup untuk menggunakan teknologi secara efektif dalam pengajaran, sehingga memerlukan pelatihan.

2. memastikan strategi pembelajaran berjalan dengan baik melibatkan beberapa langkah yaitu:

  • Membangun Aturan dan Harapan: Tetapkan aturan kelas yang jelas dan harapan dari awal, sehingga siswa memahami perilaku yang diharapkan.
  • Menciptakan Lingkungan Positif: Bangun suasana yang mendukung, inklusif, dan saling menghormati, sehingga siswa merasa nyaman untuk berpartisipasi.
  • Menggunakan Teknologi dengan Bijak: Integrasikan alat dan platform teknologi yang mendukung pembelajaran, serta pastikan siswa tahu cara menggunakannya.
  • Memfasilitasi Komunikasi: Dorong komunikasi terbuka antara siswa dan guru, serta antar siswa, untuk mendukung pembelajaran yang lebih kolaboratif.

Dengan menerapkan langkah-langkah ini, pengelolaan kelas dapat dilakukan secara efektif, sehingga strategi pembelajaran yang direncanakan dapat berjalan dengan baik. 

In reply to DYAH OKTAVIA

Re: Tantangan dan Solusi dalam Implementasi Pembelajaran Berbasis Teknologi di Kelas.

by 220121609894 TASYA TITANICA OCTAVIA -
Izin menambahkan jawaban dari saudara Dyah, pada point 2 saudara menyebutkan menciptakan lingkungan belajar yang positif dengan cara membangun suasana yang mendukung, inklusif sehingga siswa merasa nyaman untuk berpartisipasi. Menurut saya benar, karena suasana kelas yang demikian memang menjadi fondasi yang kuat untuk keberhasilan proses pembelajaran. Contohnya bisa dengan cara membuka ruang bagi siswa untuk berbagi pendapat dan ide dapat meningkatkan rasa memiliki dan tanggung jawab terhadap pembelajaran. Dan bisa juga menerapkan aktivitas ice-breaking atau permainan interaktif di awal sesi juga bisa membantu menciptakan ikatan antar siswa, mengurangi kecanggungan, dan membangun rasa kebersamaan.