Akar permasalahan rendahnya kualitas pendidikan di indonesia bisa di lihat dari beberapa faktor utama yang paling terkait, di antaranya :
1. Ketimpangan akses pendidikan : daerah terdepan ,terpencil, dan tertinggal sering kali kurang mendapatkan perhatian yang memadai dari pemerintah. Distribusi guru dan fasilitas pendidikan di wilayah ini masih belum merata,menyebabkan kualitas pendidikan jauh tertinggal dibandingkan daerah perkotaan. Kurangnya akses terhadap infrastruktur dasar seperti internet,peralatan belajar, dan buku ajar memperparah situasi ini.
2.Kualitas dan Kualifikasi guru : banyak guru belum memenuhi standar minimal kualifikasi pendidikan s1. hal ini berkaitan dengan kurangnya pelatihan dan pengembangan profesional berkelanjutan.
3. Ekonomi keluarga : faktor ekonomi juga mempengaruhi angka putus sekolah . banyak siswa terutama didaerah pedesaan harus bekerja untuk membantu perekonomian keluarga merka.
4.kurang nya sarana dan prasarana : di banyak daerah fasilitas pendidikan seperti gedung sekolah, laboratorium , dan ruang kelas yang masih minim.fasilitas yang tiidak memadai membuat proses bealajar mengajar tidak optimal dan menurunkan minat belajar siswa.