1. langkah-langkah penting dalam melakukan analisis kebutuhan pembelajaran terdapat delapan langkah yaitu :
- Identifikasi masaah (mengumpulkan data dengan observasi pada lapangan)
- Memvalidasi masalah (Analaisis Gap)
- Identifikkasi sasaran
- Menganalisis sumber daya dan kendala
- Menentukan solusi yang tepat
- Dokumentasi dan pelaporan
- Mengevaluasi solusi yang diterapkan
2. Hasil analisis kebutuhan dapat membantu merancang strategi pembelajaran yang tepat dengan dilakukan cara berikut:
- Identifikasi kesenjangan dengan menganalisis kebutuhan yang memungkinkan pendidik untuk menganalisis celah atau kesenjangan antara kemampuan siswa serta kompetensi yang diharapkan.
- Menyesuaikan metode serta media pembelajaran yang digunakan, pendidik dapat memilih kedua hal tersebut yang sesuai dengan kebutuhan siswa, misal jika lebih dari 50% siswa membutuhkan media berbasis teknologi maka guru dapat menggunakan video interaktif atau yang lainnya
- Mengembangkan tujuan pembelajaran yang spesifik dan terukur sehingga strategi yang telah dirancang dapat lebih ber fokus dan terarah dengan kebutuhan siswa.
- Tentukan prioritas dan perencanaan, dengan memahami kebutuhan yang mendesak guru dapat mendahulukan aspek tertentu dalam pembelajaran dan hal ini akan memungkinkan sumber daya dan waktu yag digunakan secara efektif dapat memenuhi kebutuhan.
- Meningkatkan keterlibatan siswa, dapat dilakukan dengan merancang rencana pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif sehingga siswa keterlibatan siswa dapat terlihat melalui pembelajaran.