1. Model ADDIE dan SAM (Successive Approximation Model) dalam desain pembelajaran memiliki perbedaan utama dalam struktur dan pendekatan pengembangan. ADDIE adalah model linier dengan lima tahapan: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi, yang diikuti secara sistematis. Sebaliknya, SAM mengedepankan pendekatan iteratif dengan delapan tahapan yang memungkinkan revisi berulang berdasarkan umpan balik, sehingga lebih fleksibel dan responsif terhadap kebutuhan pengguna. Sementara ADDIE lebih cocok untuk proyek yang memerlukan perencanaan mendetail dan melibatkan banyak pemangku kepentingan, SAM lebih sesuai untuk pengembangan cepat dan adaptif dalam lingkungan pembelajaran yang dinamis.
2. Desain pembelajaran yang interaktif memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap keterlibatan siswa dalam proses belajar. Ketika pembelajaran dirancang dengan elemen interaktif, siswa tidak hanya menjadi penerima pasif informasi, tetapi juga aktif terlibat dalam proses konstruksi pengetahuan. Elemen-elemen interaktif seperti simulasi, permainan, diskusi online, dan proyek kelompok memungkinkan siswa untuk berinteraksi langsung dengan materi pelajaran. Hal ini membuat pembelajaran menjadi lebih menarik, relevan, dan bermakna bagi siswa. Sebagai hasilnya, motivasi belajar siswa meningkat, pemahaman konsep menjadi lebih mendalam, dan retensi informasi pun menjadi lebih baik. Singkatnya, desain pembelajaran yang interaktif menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan menyenangkan, sehingga siswa lebih terdorong untuk aktif belajar dan mencapai potensi maksimal mereka.