Diskusi Pembelajaran 7

Desain Pembelajaran

Desain Pembelajaran

by SASKIA WULANDARI -
Number of replies: 0

1. Perbedaan Utama Antara Model ADDIE dan SAM

- Model ADDIE memiliki struktur linier yang sistematis, dimulai dari analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Setiap tahapan memiliki ruang yang jelas untuk perencanaan dan pelaksanaan. Sedangkan SAM memiliki struktur iteratif, dimana setiap tahapan berlanjut secara bergilir (successive approximation) sampai tujuan desain pembelajaran tercapai. Tahapan-tahapan ini saling terkait dan sering kali dipulangkan jika hasil evaluasi menunjukkan perlunya revisi.

- Dalam ADDIE, guru berperan sebagai fasilitator yang membimbing siswa dalam eksplorasi materi pelajaran. Fokus utamanya adalah menciptakan lingkungan belajar dinamis yang merangsang kritisan dan kreatifitas. Sedangkan SAM juga mendorong guru sebagai fasilitator, tapi fokusnya lebih pada iteratif dan responsif terhadap kebutuhan siswa. Guru harus aktif mendengarkan umpan balik siswa dan melakukan revisi sesuai kebutuhan.

 

2. Desain pembelajaran interaktif dapat sangat mempengaruhi keterlibatan siswa dalam beberapa cara:

- Partisipasi Aktif: Melibatkan siswa secara aktif dalam diskusi kelompok, simulasi, proyek kolaboratif, dan permainan edukatif membuat mereka lebih termotivasi dan terlibat dalam proses belajar. Hal ini memicu pikiran kritis dan kreatifsis.

- Teknologi Digital: Penggunaan teknologi digital seperti aplikasi pendidikan online, papan tulis interaktif, dan platform e-learning meningkatkan interaktivitas dan memberikan kesempatan bagi siswa untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan belajar.

- Umpan Balik Konstruktif: Memberikan umpan balik konstruktif secara cepat dan spesifik selama proses belajar membantu siswa memahami kemajuan mereka dan motivasi mereka untuk terus maju. Ini juga memfasilitasi refleksi dan perbaikan diri.

- Kolaborasi dan Komunikasi Dua Arah: Desain pembelajaran interaktif memprioritaskan komunikasi dua arah, dimana guru dan siswa berinteraksi secara langsung. Hal ini memungkinkan siswa berbagi ide dan solusi, serta belajar dari perspektif satu sama lain.