1. Flipped classroom merupakan model pembelajaran yang sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa karena menggabungkan tiga aspek penting yaitu 1.) Memberikan keleluasaan bagi siswa untuk belajar secara mandiri di rumah sesuai dengan kemampuan dan kecepatan belajar masing-masing. 2.) Mengoptimalkan waktu pembelajaran di kelas untuk kegiatan yang lebih bermakna seperti diskusi mendalam, pemecahan masalah, dan praktik aplikasi konsep, yang memperkuat pemahaman siswa terhadap materi. 3.) Menciptakan lingkungan belajar yang lebih personal dan adaptif, di mana setiap siswa mendapat kesempatan untuk mengembangkan pemahaman mereka sesuai dengan gaya belajar masing-masing, dengan dukungan lebih intensif dari guru saat diperlukan.
2. Beberapa manfaat dari penerapan gamifikasi dalam pembelajaran yaitu:
- Dari segi motivasional, gamifikasi menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik dan mengasyikkan melalui sistem reward, tantangan, dan kompetisi sehat, yang mendorong keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran.
- Dalam aspek pengembangan keterampilan, gamifikasi tidak hanya memfasilitasi pemahaman materi tetapi juga melatih kemampuan penting seperti pemecahan masalah, berpikir strategis, dan kolaborasi tim.
- Dari sisi efektivitas pembelajaran, gamifikasi membantu mengubah materi yang mungkin membosankan menjadi lebih menarik dan mudah dipahami, sekaligus meningkatkan retensi informasi melalui keterlibatan aktif dalam pengalaman belajar.
- Terkait evaluasi, gamifikasi menyediakan sistem umpan balik yang lebih terukur dan transparan, memungkinkan baik guru maupun siswa untuk memantau kemajuan pembelajaran secara real-time dan melakukan perbaikan yang diperlukan.
Dengan demikian, gamifikasi tidak hanya membuat pembelajaran lebih menyenangkan, tetapi juga menciptakan proses belajar yang lebih efektif, terukur, dan bermakna bagi pengembangan kompetensi siswa secara menyeluruh.