Diskusi Sesi Ke-14

menjawab pertanyaan sesi-14

menjawab pertanyaan sesi-14

by WIWIT ANDRIANI -
Number of replies: 0

Penilaian formatif dan sumatif adalah dua pendekatan yang saling melengkapi untuk mengevaluasi keterampilan berbahasa siswa dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Berikut adalah penjelasan cara penerapannya, lengkap dengan contoh teknik penilaian dan manfaatnya.

 

1. Penilaian Formatif

 

Penilaian formatif dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung. Tujuannya adalah untuk memantau perkembangan siswa dan memberikan umpan balik yang konstruktif agar siswa dapat memperbaiki atau meningkatkan kemampuannya sebelum penilaian akhir.

 

Contoh Teknik Penilaian Formatif:

 

Diskusi Kelompok Kecil: Siswa dibagi dalam kelompok kecil untuk berdiskusi tentang sebuah topik atau teks sastra. Guru dapat mengamati partisipasi dan kemampuan berbahasa siswa dalam diskusi, seperti bagaimana mereka menyampaikan pendapat, menghormati pendapat teman, dan menggunakan bahasa yang tepat.

 

Jurnal Reflektif: Siswa diminta menulis refleksi tentang pembelajaran atau pengalaman membaca suatu karya sastra. Ini membantu mengevaluasi pemahaman siswa dan memberikan insight bagi guru untuk memberikan umpan balik yang personal.

 

Presentasi Singkat atau Pidato: Siswa melakukan presentasi singkat terkait materi yang dipelajari, misalnya menyampaikan resensi buku atau menyampaikan pandangan pribadi tentang tema tertentu dalam sastra. Guru dapat memberikan umpan balik terkait kejelasan, struktur, dan bahasa yang digunakan siswa.

 

 

Manfaat Penilaian Formatif:

 

Meningkatkan Pemahaman dan Kemampuan Berbahasa: Dengan umpan balik langsung, siswa dapat memahami kekuatan dan kelemahan mereka dalam berbahasa.

 

Menumbuhkan Rasa Percaya Diri dan Kerja Sama: Kegiatan diskusi dan presentasi melatih siswa untuk berbicara di depan umum dan menghargai pendapat teman, menanamkan sikap menghargai orang lain.

 

Memotivasi Siswa untuk Terus Belajar: Penilaian formatif membantu menciptakan lingkungan yang suportif di mana siswa merasa terdorong untuk terus mencoba dan belajar.

 

 

2. Penilaian Sumatif

 

Penilaian sumatif dilakukan di akhir periode pembelajaran, seperti pada akhir semester atau setelah menyelesaikan satu topik besar. Tujuannya adalah mengukur pencapaian akhir siswa terkait keterampilan berbahasa yang telah dipelajari.

 

Contoh Teknik Penilaian Sumatif:

 

Ujian Tertulis (Esai atau Cerita): Ujian esai atau menulis cerita bertema tertentu bisa digunakan untuk menilai keterampilan berbahasa tulis. Guru dapat mengevaluasi kosakata, tata bahasa, struktur kalimat, dan kreativitas siswa dalam menyusun cerita atau argumen.

 

Tes Membaca Puisi atau Monolog: Siswa diminta membaca puisi atau monolog di depan kelas. Ini menilai aspek intonasi, ekspresi, pemahaman teks, serta keterampilan berbicara di depan publik.

 

Analisis Karya Sastra: Siswa diminta membuat analisis tertulis atau presentasi tentang suatu karya sastra yang telah dipelajari. Ini membantu mengukur kemampuan siswa dalam memahami, menginterpretasikan, dan mengkritisi karya sastra secara mendalam.

 

 

Manfaat Penilaian Sumatif:

 

Mengukur Kemampuan Akhir Siswa secara Holistik: Teknik penilaian sumatif memberi gambaran utuh tentang kemampuan siswa setelah menyelesaikan pembelajaran.

 

Menilai Penerapan Nilai Karakter: Misalnya, ketika menganalisis tokoh dalam cerita, siswa belajar memahami nilai-nilai karakter positif yang bisa diterapkan dalam kehidupan nyata.

 

Memotivasi Siswa untuk Mencapai Tujuan Belajar: Hasil penilaian sumatif dapat menjadi motivasi bagi siswa untuk terus memperbaiki kemampuan berbahasanya dan menjadi refleksi sejauh mana mereka menguasai materi yang dipelajari.

 

 

Kesimpulan

 

Kombinasi penilaian formatif dan sumatif memungkinkan pengukuran keterampilan berbahasa yang menyeluruh, mulai dari pemantauan harian hingga evaluasi capaian akhir. Melalui penilaian ini, siswa tidak hanya mengembangkan kompetensi bahasa dan sastra tetapi juga nilai-nilai karakter seperti kerja sama, penghargaan, disiplin, dan tanggung jawab.